Tips Sederhana Agar Mata Minusmu Berkurang

08-12-2016 04:12:28 By Rasyid Hadi
img

Memiliki mata yang sehat merupakan anugrah yang tak ternilai. Kadang kamu kurang bersyukur dapat melihat indahnya dunia tanpa ada halangan sedikit pun. Di era sekarang, banyak penyebab yang dapat membuat matamu terkena miopi, salah satunya karena aktivitas melihat terlalu dekat dan terlalu lama yang membuat mata lelah dan berujung ke minus , misalnya banyak membaca atau terlalu lama bekerja dengan komputer.

Untuk kamu yang mempunyai masalah miopi ada banyak cara yang dapat kamu lakukan agar dapat mengurangi, atau bahkan bisa menyembuhkannya secara total dengan tips tips sederhana berikut,


Konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk mata

Mata membutuhkan vitamin A, ?-carotene, vitamin E, zinc dan berbagai nutrisi lainnya untuk bisa berfungsi dengan baik untuk kesehatan mata. Untuk itu kamu dapat menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan asupan nutrisi seperti wortel, kaya akan vitamin A dan ?-carotene. Ikan Salmon, kaya akan omega-3. Alpukat, kaya akan kandungan lutein. Kol dan Bayam, mengandung lutein, zeaxanthin dan vitamin C. Telur, mengandung lutein, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, zinc, dan protein. Selain makanan alami, untuk menyempurnakan dan memastikan matamu mendapatkan nutrisi yang cukup, kamu dapat mengkonsumsi suplemen, seperti vitamin A agar melengkapkan asupan nutrisi.


Terapi Lepas Kaca Mata

Memang kaca mata adalah alat bantu pengelihatan yang paling praktis untuk penyandang rabun mata, baik rabun jauh maupun dekat. Teatapi, jika kamu tidak melepaskan kacamata, maka otot mata akan menjadi kaku, karena bola mata yang jarang di gerakkan. Kamu akan sangat ketergantungan untuk menggerakan leher saat melihat sekeliling, dibanding menggerakan bola mata, dan juga fokus mata hanya terpusat pada lensa kacamata.

Membuka kaca mata saat tak di perlukan akan mengurangi ketergantungan lebih mata kepada kaca mata. Selain itu, matamu akan mencoba terbiasa untuk mencoba melihat sekeliling secara normal.


Jangan Terlalu Fokus

Lagi – lagi kamu harus membiasakan otot matamu agar tidak menjadi kaku, salah satunya adalah dengan sering mengganti fokus pengelihatan kepada objek yang lain. Jika kamu terlalu fokus melihat suatu objek dalam waktu lama, tanpa tidak disadar kamu memaksa kerja otot mata untuk diam dan tak bergerak. Untuk itu kamu harus ingat untuk merileksasikan sejenak otot matamu kedalam objek – objek lain, seperti setelah membaca buku, alihkan pandanganmu sekali - kali ketempat yang lain, atau memeramkan sejenak matamu baru kembali lagi untuk fokus dalam membaca buku.


Latih Matamu Untuk Melihat Benda Jauh dan Berwarna Hijau

Ada beberapa riset yang meyakini jika kamu sering melihat benda jauh dan berwarna hijau seperti melihat pepohonan maupun melihat pegunungan, maka akan membantu menyegarkan dan melenturkan otot mata.


Uji matamu Dengan Melihat Benda Bergerak

Salah satu cara mangurangi mata minus adalah dengan melihat benda benda yang bergerak, karena saat matamu fokus terhadap benda yang bergerak matamu akan tetap mencoba fokus tetapi tidak akan membuat otot matamu kaku. Kamu dapat melihat kendaraan yang berlalu lalang, atau kamu juga dapat melihat ikan yang berenang atau burung yang sedang terbang.


Istirahatkan Matamu Sejenak

Istirahatkan matamu setidaknya 15 menit tiap satu jam. Kamu dapat memejamkan matamu sejenak dan memijit areal sekeliling matamu untuk melemaskan otot otot yang kaku sekitar mata. Selain itu kamu juga dapat melihat objek yang tidak terlalu harus dilihat secara fokus sebagai rekreasi matamu agar tidak terlalu lelah.