Beberapa Fakta yang Bisa Kamu ketahui Tentang Thanksgiving Day

25-11-2016 11:11:20 By Rasyid Hadi
img

Pada hari ini tanggal 24 September 2016 merupakan hari llibur untuk memperingati “Thanksgiving Day” di Amerika Serikat. Hal ini cukup menggembirakan, khususnya untuk orang orang yang tinggal di Amerika Serikat atau orang orang yang mengikuti event tahunan ini. Awalnya “Thanksgiving Day” merupakan sebuah tradisi rakyat untuk mengucapkan terima kasih dan rasa bersyukur atas berkat dan kehidupan di akhir musim panen. Kalau di Indonesia sendri hari raya Lebaran menjadi salah satu ajang kumpul keluarga besar, berbeda dengan di Amerika, tradisi kumpul keluarga besar biasanya di adakan saat “Thanksgiving Day”. Hari Rabu sebelum hari “Thanksgiving Day” dan hari Minggu merupakan hari terakhir libur “Thanksgiving Day merupakan hari-hari tersibuk bagi transportasi udara, kereta api, bus antarkota, dan jalan-jalan raya Karena semuanya berkumpul kediaman rumah orang tua. Selain hal hal tersebut ada beberpa fakta lainnya tentang “Thanksgiving Day”, diantaranya:

Tanggal yang Terus Berubah Ubah

“Thanksgiving Day” berbeda dengan beberapa perayaan lainnya, karena ditetapkan pada setiap hari Kamis keempat bulan November, Perayaan “Thanksgiving Day” dirayakan dengan tanggal yang berubah ubah tiap tahunnya. Dalam beberapa tahun terakhir Thanksgiving Day di negeri paman sam dirayakan pada tanggal-tanggal yang berbeda: 25 November (2010), 24 November (2011), 22 November (2012), 28 November (2013), Dan tahun ini “Thanksgiving Day” diperingati hari ini pada tanggal 24 November.

Waktu yang Berbeda - Beda Setiap Negara

Walaupun “Thanksgiving Day” di mulai dan di populerkan di negeri paman sam tetapi ada juga Negara lain yang merayakan event ini seperti di Kanada. Kalau di Amerika Serikat “Thanksgiving Day” diadakan pada setiap hari Kamis keempat bulan November, berbeda dengan yang diadakan di Kanada, Walaupun letak yang berdekatan tetapi di setiap hari Senin kedua bulan Oktober. Dikarenakan secara tradisional Hari Pengucapan Syukur ini dikaitkan dengan hasil panen, maka Kanada yang wilayahnya di sebelah utara AS dan lebih dekat ke kutub utara, hal itu yang menyebabkan Kanada merayakannya lebih awal.

Merupakan Hari Libur Nasional Di USA

Perayaan ini diperingati setiap tahun, dan dilaksanakan setelah panen, hingga pada Revolusi Amerika yang terjadi pada akhir tahun 1170-an, perayaan ini disetujui dan disarankan oleh Kongres Kontinental.Pada tahun 1817 New York mengadopsi budaya Thanksgiving ini sebagai perayaan tahunan, yang juga didikuti oleh berbagai negara bagian yang lain, dan pada 1873, Presiden Abraham Lincoln menjadikan Thanksgiving day ini sebagai hari nasional, yang sejak saat itu perayaan ini selalu diperingati, tepatnya pada setiap hari Kamis keempat bulan November dan menjadi hari libur nasional.

Sajian Khas Thanksgiving Day

Dua jenis makanan yang secara tradisional disajikan saat merayakan "Thanksgiving Day" di AS adalah ayam kalkun (turkey) dan labu (pumpkin). Ada berbagai cara untuk menyajikan makanan yang terbuat dari dua jenis bahan makanan ini, tetapi biasanya adalah ayam kalkun panggang utuh dan kue labu kuning (pumpkin pie). Daging ayam kalkun cukup keras dan rasanya tidak segurih daging ayam biasa, itulah sebabnya memerlukan "keahlian" khusus untuk memanggang ayam kalkun dan membumbuinya secara pas. Begitu juga, labu kuning rasanya hambar dan membutuhkan pengetahuan tertentu agar rasanya lezat. Selain untuk sajian pada "Thanksgiving Day" labu kuning juga populer di kalangan masyarakat untuk perayaan Hari Haloween (31 Oktober), tetapi untuk yang kedua ini labu kuning lebih digunakan untuk bahan dekorasi dengan ukiran serta dandanan sehingga labu yang berukuran besar-besar ini jadi "menakutkan" untuk dipandang.

Black Friday

Black Friday adalah hari setelah perayaan “Thanksgiving Day”, dan biasanya merupakan awal dari musim belanja Hari Natal di USA. Selain popular di USA, “Black Friday” juga berlangsung di Kanada dan Australia. Pada hari itu banyak toko yang membuka tokonya lebih awal misalnya pada jam 4 pagi atau bahkan bisa lebih awal lagi. Karena itu banyak orang yang rela antri dan menunggu di luar toko sepanjang malam dalam suhu yg sangat dingin. Terkadang juga ada yg sampai mendirikan tenda di luar toko. Mereka rela melakukan itu semua agar mereka bisa menjadi yang pertama memasuki toko dan membeli barang yg mereka inginkan dengan harga yg sangat rendah. Pada saat toko dibuka mereka akan berdesak-desakan dan berebutan untuk menjadi yang pertama memasuki pintu toko. pada hari itu semua toko akan memberikan diskon besar-besaran dari 20% ,50% hingga sampai 80% kesempatan ini tentu tidak di lewatkan bagi semua orang untuk berbelanja kebutuhan yang di perlukan.