Awas! Dibalik Sensasi Menyegarkan, Soda Menyimpan Bahaya Mengerikan

15-11-2016 06:11:16 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue - Meminum minuman bersoda memang mengasyikan karena sensasi rasanya yang menyegarkan. Disetiap momen sepertinya mengarahkan kita untuk minum minuman soda, seperti saat kita kumpul dengan teman-teman, saat nonton bioskop, sedang berkendara, habis berolahraga, dan lain-lain. Minuman soda juga pilihan tepat disaat kita sedang berada di café atau bar, untuk mengindari minuman beralkohol biasa minuman bersodalah yang dipilih.

Mulai sekarang berhati-hatilah dengan minuman menyegarkan yang satu ini, sebab dalam minuman ini banyak terkandung bahan kimia yang dikhawatirkan bisa memicu gangguan kesehatan. Soda adalah minuman berkarbonasi yang memiliki kandungan pemanis dan perasa buatan, kafein, pengawet juga beberapa minuman soda ada yang mengandung alkohol meski dibawah 0.5 persen. Mengapa kita harus berhati-hati dengan minuman bersoda yang memiliki berbagai kandungan di atas? Menurut beberapa riset dan penelitian di Amerika Serikat tentang bahaya minuman bersoda, hasilnya dari 3256 responden sebanyak 30% mengalami kerusakan dan penurunan fungsi ginjal karena mengkonsumsi minuman bersoda minimal 2 kali sehari.

Bukan hanya itu minuman soda juga bisa meningkatkan resiko diabetes karena terdapat kadar gula yang tinggi dalam pemanis buatan yang terkandung dalam soda. Universitas Harvard juga melakukan penelitian tentang bahaya soda, asam fosfat yang terkandung dalam soda dapat membuat penyakit kerapuhan tulang, hal ini karena asam fosfat bisa melarutkan kalsium yang ada di dalam tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan keropos. Penyakit jantung juga bisa timbul karena sering mengkonsumsi minuman bersoda. Studi ini diterbitkan oleh American Heart Association, minum satu kaleng minuman bersoda secara rutin menimbulkan peningkatan 48% resiko sindrom metabolic seperti penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan juga diabetes.

Paling mengerikan dari deretan resiko di atas adalah minuman bersoda meningkatkan resiko kanker. Menurut suatu penelitian di Amerika Serikat, 87% dari 60524 responden yang rutin mengkonsumsi 2 kali sehari selama 14 tahun dapat meningkatkan resiko kanker pancreas, hal itu terlihat dari gejala-gejalanya. Alasan-alasan tersebut diatas nampaknya memberi sinyal kamu harus menjaga pola hidup dengan mengurangi frekuensi meminum minuman bersoda. Sebaik-baiknya minuman adalah air mineral alias air putih karena selain menyehatkan juga menyegarkan air mineral murah meriah.