Tips Mengelola Keuangan untuk Fresh Graduate

15-11-2016 02:11:52 By Rasyid Hadi
img

Menjadi lulusan baru, atau fresh graduate pasti dihadapkan dengan pengalaman baru, baik dalam karir dan juga kehidupan harian. Biasanya kamu masih disokong oleh orang tua dalam keuangan, kini kamu di haruskan bisa menjalankan semuanya secara mandiri. Jelas tidak mudah untuk mengatur semuanya sendiri dengan pengalaman yang baru. Karir baru dan juga pendapatan baru harus bisa kamu atur secepatnya, bila tidak gaji bulananmu akan habis begitu saja tanpa ada planning jangka panjang. untuk itu Jakarta venue ingin memberikan tips agar kamu dapat lancar untuk mengurus keuangan. Berikut adalah tips mengatur dan membuat perencanaan keuangan untuk kamu para fresh graduate:

Buat Anggaran Bulanan

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah membuat perencanaan pengeluaran setiap bulan. Alokasikan dana tersebut akan digunakan untuk pengeluaran apa saja, seperti uang bensin atau transportasi, uang saku harian, uang makan, belanja dan lainnya. Lakukan sedetail mungkin agar kamu tau pasti kebutuhan pasti apa saja yang harus kamu keluarkan dalam sebulan, sehingga kamu dapat membatasi pengeluaran apa yang tidak perlu kamu keluarkan agar tidak berlebihan.

Mulai Menabung

Setelah kamu sudah dapat mengetahui pengeluaran pasti perbulan, sekarang kamu dapat merencanakan untuk menabung. Sebenarnya jumalah tabungan yang ideal ialah sebanyak 30% dari total pendapatanmu perbulan, tapi bila kamu masih belum bisa Usahakan minimal 10% dari penghasilan bulananmu untuk menabung. Kamu bisa membuka rekening baru yang digunakan khusus untuk menabung, kemudian tidak perlu membawa ATM rekening tersebut kemana-mana agar uang tabunganmu terpisah dari pengeluaran harian.

Berinvestasi

Jika penghasilanmu masih bersisa setelah membuat anggaran bulanan dan juga untuk menabung, kamu dapat menyisihkannya lagi untuk berinvestasi. Investasi mempunyai keuntungan yang lebih, karena jumlahnya bisa bertambah secara terus menerus. Kamu bisa memulai mencoba produk investasi yang berisiko kecil seperti reksadana atau emas.

Memulai Asuransi

Jika semua kebutuhan sudah terpenuhi, dan juga tabungan maupun investasi telah cukup, namun masih ada sisa dari penghasilanmu, kamu dapat mengalihkannya untuk membuat asuransi. Paling tidak kamu dapat mengambil asuransi untuk kesehatan. Asuransi jenis ini dapat digunakan untuk menutupi biaya disaat kamu membutuhkan dana lebih untuk pengobatan.

Hindari Hutang

Mempunyai penghasilan sendiri kadang membuat kita ingin membeli apapun dengan cara apapun termasuk berhutang. Biasanya kita tergoda dengan kartu kredit atau mengambil cicilan barang atau kendaraan baru. Sebagai new comer belumlah aman untuk kamu bisa berhutang karena kamu belum tau apa yang akan kamu hadapi untuk 6 bulan kedepan atau satu tahun kedepan.