Ini Jenis dan Tipe-Tipe Panggung Pertunjukan

11-10-2016 11:10:23 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue - Dalam setiap event yang bersifat pertunjukan terdapat unsur yang sangat penting untuk menampilkan sebuah totalitas dari konsep acara tersebut, salah satunya adalah panggung. Panggung akan sangat menentukan tampilan acara secara keseluruhan, dalam tata teknik pertunjukan akan sangat diperhitungkan dalam membuat panggung dari mulai perancangan, penghitungan hingga konstruksi. Ada beberapa jenis panggung dalam dunia pertunjukan, diantaranya:

  1. Proscenium
Panggung proscenium bisa juga disebut sebagai panggung bingkai karena penonton menyaksikan aksi aktor dalam lakon melalui sebuah bingkai atau lengkung proscenium. Kalau Di Banjarmasin bisa kita lihat pada BALAIRUNG SARI Taman Budaya Kalimantan Selatan.
  1. Arena
Panggung arena adalah panggung yang penontonnya melingkar atau duduk mengelilingi panggung, Penonton sangat dekat  sekali dengan pemain. Agar semua pemain dapat terlihat dari setiap sisi maka penggunaan set dekor berupa bangunan tertutup vertikal tidak diperbolehkan karena dapat menghalangi pandangan penonton. Panggung arena biasanya dibuat secara terbuka (tanpa atap) dan tertutup.
  1. Thrust
Panggung Thrust seperti panggung proscenium tetapi dua per-tiga bagian depannya menjorok ke arah penonton. Pada bagian depan yang menjorok ini penonton dapat duduk di sisi kanan dan kiri panggung, Panggung thrust nampak seperti gabungan antara panggung arena dan proscenium. Tentunya kita pernah datang ketempat-tempat pertunjukan dan juga pastinya melihat arena pertunjukan, namun mungkin kita kurang perhatikan seperti apa panggung yang menjadi pusat pertunjukan, nah berikut adalah tipe-tipe panggung:
  1. Pangung Rigging/Rigging Stage
Merupakan panggung dengan konstruksi rangka baja yang terbuat dari profil-profil baja yang kecil dengan ukuran standard 8x6 m ataupun bisa  juga dibuat ukuran yang lebih besar sesuai dengan konsep pertunjukan tersebut, Rigging Stage biasa digunakan pada pertunjukan musik atau outdoor event.
  1. Panggung Semi-Rigging
Hampir serupa dengan panggung rigging, perbedaannya adalah ukuran dari ketinggian panggung yang lebih pendek dan tidak adanya tempat untuk lighting & sound yang menggantung diatas. Budget yang dibutuhkan pun lebih minim dibandingkan dengan panggung rigging. Hal inilah yang menjadi pertimbangan beberapa penyelenggara acara untuk memilih panggung semi-rigging.
  1. Panggung Melamin
Panggung jenis ini biasa digunakan pada acara seperti fashion show atau catwalk, acara di televisi, acara indoor ataupun outdoor. Biasanya panggung jenis ini memiliki desain bermacam-macam dan dapat di custom sesuai kebutuhan. Budget untuk panggung tipe ini lebih tinggi dibandingkan jenis panggung lainnya. Bagi kalian yang akan maupun sedang merancang pertunjukan, semoga artikel ini dapat membantu dalam memilih panggung yang akan kalian gunakan nanti.