Peralatan Wajib Yang Bisa Kamu Bawa Saat Mendaki Gunung

08-10-2016 01:10:29 By Rasyid Hadi
img

Membawa barang saat mendaki gunung tidaklah sesimpel yang terbayangkan. Di satu sisi kita ingin membawa barang selengkap mungkin, di sisi lain isi tas kita terbatas untuk menampung barang-barang tersebut. Sebenarnya banyaknya barang bawaan ini tergantung dari berapa lama kita akan berada di gunung. Bagaimana tetap bertahan hidup di gunung sampai kembali ke rumah dengan barang-barang yang kita bawa, itulah seni mendaki gunung. Ada beberapa prosedur pendakian yang meliputi prosedur logistik, peralatan, perlengkapan, perjalanan, dan darurat. Berikut adalah barang-barang yang sebaiknya dibawa saat mendaki gunung, antara lain:

Tenda

Jika kita menginap di gunung, tentu saja tenda ini wajib hukumnya untuk dibawa. Tenda ini akan melindungi kita dari angin, hujan, dingin, binatang, dan gangguan-gangguan lainnya. Pastikan dalam rombonganmu saat naik gunung, apakah perlu membawa tenda sendiri atau tidak, mengingat tenda ini lumayan memperberat barang bawaan.

Carrier

Carrier merupakan tas besar yang berfungsi untuk membawa berbagai perlengkapan selama pendakian, dari mulai tenda, perbekalan makanan, dan lainnya. Banyak sekali jenis carrier dengan berbagai kapasitasnya, hanya saja, yang paling banyak digunakan adalah carrier dengan kapasitas 80 Liter.

Peralatan masak

Gear yang satu ini sangat penting, pasalnya langsung berurusan dengan perut. Beberapa gear, seperti kompor portable, tabung gas kecil, nesting dan panci, merupakan perlengkapan yang wajib kalian bawa. Meskipun mini, tapi lumayan untuk sekedar masak air, merebus mie dan kegiatan memasak lainnya.

Jaket

Jaket merupakan sahabat setia bagi para pendaki untuk melewati nuansa malam pegunungan yang menyenangkan. Biasanya, jaket pendakian dibuat khusus dengan bahan tahan air, dan lebih tebal ketimbang jaket lainnya. Tapi ingat, pastikan kalian membeli jaket dengan kualitas terbaik.

Sleeping Bag

Ini gear wajib yang harus dimiliki para pendaki. Memang sih kalian sudah punya jaket super tebel, tendadan bahkan menggunakan kaus kaki tebel. Tapi itu saja nggak cukup bro, agar tidur kalian nyaman dan nyenyak, pastikan sleeping bag selalu ada dalam daftar wajib perlengkapan mendaki kalian.

Sepatu trekking

Sepatu khusus mendaki atau yang disebut juga sebagai sepatu trekking, merupakan perlengkapan wajib yang harus kalian miliki. Biasanya, sepatu ini bentuknya tebal, besar tapi nyaman dan empuk ketika digunakan. Selain itu, sepatu ini pun tergolong sangat ringan dan tangguh.

Senter

Walaupun kecil, senter merupakan penolong disaat kalian melakukan pendakian malam. Biasanya senter khusus mendaki memiliki desain tangguh dan tahan air.