The 27 Club: Sebuah Misteri Kematian Musisi Legendaris

05-10-2016 03:10:22 By Rasyid Hadi
img

“The 27 Club” kadang disebut sebagai “The Forever 27 Club” atau “The Curse 27”, adalah judul untuk grup epitomic yang merujuk kepada musisi populer yang telah meninggal pada usia 27. Beberapa pemerhati musik banyak yang menganggap “27 Club” sebagai fenomena yang menarik sekaligus ‘menyeramkan’ di popular culture, karena istilah “rock and roll” lifestyle adalah salah satu yang dekat dengan kehidupan mereka. Mitos yang beredar di dunia Musisi mengatakan kalau angka 27 itu adalah angka keramat, sekaligus sial. Hal tersebut teropini karena siapapun rockstar atau musisi yang meninggal di usia 27 tahun bakal menjadi legenda. Kurt Cobain, Jimi Hendrix, Brian Jones, Jim Morrison, Janis Joplin dan yang terakhir Amy Winehouse adalah sekian banyak dari icon musisi yang digolongkan dalam "27 club" ini. Rata-rata, mereka yang "tergabung" di klub ini meninggal dunia disaat puncak kejayaan mereka. Anehnya kebanyakan dari mereka meninggal bukan secara alami, tetapi dengan cara yang tidak wajar. “Club 27” juga bisa dikatakan mengandung teori, spekulasi, bahkan berkaitan dengan konspirasi tentang fenomena kematian dini para musisi tersebut. Penuh misteri. Tidak sedikit orang yang percaya dengan fenomena “Club 27” ini. Percaya dengan adanya sebuah kesengajaan atau setting untuk dianggap legenda atau anggota dari Club 27 ini. Penasaran bagaimana para musisi yang “tergabung” dalam Club ini meninggal dunia di usia muda?. Berikut adalah profil singkat yang bisa JakartaVenue tuliskan tentang ikon musisi yang tergabung dalam “Club 27”.

Brian Jones

Bernama lengkap Lewis Brian Hopkins Jones, tapi lebih akrab dikenal Brian Jones. Dia adalah musisi multi instrumentalis asal Inggris yang menjadi salah satu pendiri band legendaris Rolling Stones, yang merangkap sebagai manajer juga. Kiprah Jones meroket dalam album awal Rolling Stones sebagai pemain ritem, slide gitar, harmonika dan backing vokal. Tapi sejak 1968, kontribusinya terhadap band semakin berkurang. Hal ini disinyalir akibat penggunaan narkobanya yang mengganggu pikiran Jones, lalu membuatnya diusir dari band yang dia dirikan sendiri pada pertengahan 1969. Setelah itu, rencananya Jones berencana pengin bikin band sendiri. Namun hal itu nggak pernah terjadi karena pada 3 Juli 1969, Jones ditemukan nggak bergerak di dasar kolam renang di rumahnya di Hartfield, East Sussex. Laporan koroner menyatakan Jones meninggal karena kecelakaan saat renang. Namun banyak orang yang berpikir Jones dibunuh, atau karena terlalu depresi dan memilih bunuh diri.

Jimi Hendrix

Jimi Hendrix adalah gitaris, penyanyi, penulis lagu dan tokoh budaya Afro-Amerika pada eranya. Dia jadi salah satu gitaris sensasional terbaik paling berpengaruh dalam sejarah musik rock dan jadi role model gitaris di seluruh dunia. Gitaris legenda ini lahir pada 27 November 1942 dengan nama Johny Allen Hendrix lalu mengubah namanya jadi James Marshall Hendrix. Karirnya berawal saat dibawa pemain bas Animal, Chas Chandler, ke Inggris. Lalu, di Britania Raya, namanya melambung tinggi.Mengesampingkan apakah masuk anggota ini prestasi, prestige, kebodohan, atau pun hal yang memalukan, yang jelas Club 27 menjadi bagian sejarah popular culture yang memiliki misteri tersendiri. Dia meninggal di London pada 18 September 1970 pagi di hotel Samarkand, setelah semalaman bersama pacarnya, Monika Dannemann. Diduga kematian Jimi akibat kehabisan nafas karena tertahan muntahannya sendiri. Tapi ada spekulasi dia sesak napas akibat overdosis obat tidur sambil minum anggur. Dan pada 2009, manajer band Animal, Tappy, menulis buku yang menyatakan kalau Jimi tewas dibunuh karena dia ingin memutus kontraknya.

Jim Morisson

Lahir di Melbourne, Florida, Amerika Serikat pada 8 Desember 1943. Jimi ‘The Lizard King’ Morisson menjadi pendiri dan vokalis band The Doors serta penyanyi terbesar sepanjang masa. Dia terkenal karena improvisasi dan puisi-puisinya yang sering dibaca di atas panggung dengan nuansa gelap. Di puncak popularitasnya, Jim mengalami ketergantungan pada alkohol, obat-obatan terlarang dan seks bebas. Namun pada 3 Juli 1971, Jim ditemukan tewas oleh pacarnya, Pamella Courson, di bak mandi salah satu hotel di Paris. Nggak ada pernyataan resmi soal penyebab kematiannya selain akibat serangan jantung karena nggak ditemukan bukti obat-obatan terlarang. Sejak kematiannya, banyak yang berspekulasi Jim meninggal akibat overdosis heroin dan gangguan pernapasan yang bikin dia batuk darah, karena saat ditemukan, Jim berada dalam kondisi hidung berbusa dan berdarah.

Janis Joplin

Sukses pada akhir 1960-an sebagai penyanyi solo setelah sebelumnya jadi vokalis band bergenre psychedelic rock, Big Brother and the Holding Company, Janis Joplin lahir di Porth Arthur, Texas, Amerika Serikat pada 19 Januari 1943. Dikenal sebagai nerd yang nggak punya teman justru membuat Janis suka bernyanyi sampai menjadi bagian dari band yang membuatnya tenar. Namun kebiasaan meminum alkohol dan mengkonsumsi narkoba membuat hidupnya berantakan. Dia ditemukan tewas sambil menggenggam uang akibat sakau overdosis heroin di samping tempat tidurnya di hotel Landmark Los Angeles pada 4 Oktober 1970.

Kurt Cobain

Namanya masih terkenang sampai sekarang sebagai legenda musik grunge lewat inspirasi yang dicurahkannya untuk band Nirvana. Kurt Donald Cobain lahir pada 20 Februari 1967 di Aberdeen, Washington, Amerika Serikat. Lahir dengan darah musisi, Cobain berkembang menjadi penyanyi dan penulis lagu dengan kelakuan aneh namun penuh inspirasi. Cobain diketahui kecanduan narkoba untuk melawan depresi berat yang dideritanya. Dia pernah didiagnosa penyakit bronchitis dan radang tenggorokan parah, lalu ditemukan istrinya, Courtney Love, overdosis kombinasi sampanye dan rohypnol. Diduga itu usaha bunuh diri pertama Cobain. Dan pada 5 April 1994, para fans setia Nirvana gempar karena kabar meninggalnya Kurt Cobain ketika seorang pegawai listrik datang untuk memasang sistem keamanan di rumah Cobain yang terletak di Lake Washington, menemukan jasad sang musisi tergeletak dengan posisi sebuah senapan di dadanya. Diduga, ini adalah bunuh diri. Tapi ada Teori konspirasi seputar kematian Cobain. Setelah kematiannya Cobain, istrinya menyewa detektif swasta untuk menyelidiki kematian suaminya itu. Dari hasil penyelidikan sang detektif, muncul dugaan bahwa Cobain tewas karena pembunuhan.

Amy Winehouse

Sebagai penyanyi dan pencipta lagu soul, jazz dan R&B yang terkenal di Inggris, mungkin kamu kenal sama Amy Winehouse. Semasa hidupnya yang singkat, Amy udah mengantongi berbagai penghargaan. Sebut aja Mercury Prize, Novello Awards, BRIT Awards dan dia tercatat sebagai VH1’s 100 Perempuan Terhebat Dalam Musik. Amy meninggal belum lama, tepatnya pada 23 Juli 2011 karena keracunan alkohol setelah susah payah berjuang melawan ketergantungan minuman keras dan narkoba. Dia lahir pada 14 September 1983 di Southgate, London. Mengesampingkan apakah masuk anggota ini adalah sebuah prestasi, prestige, kebodohan, atau pun hal yang memalukan, yang jelas Club 27 menjadi bagian sejarah popular culture yang memiliki misteri tersendiri.