Tips Semangat Bekerja di Hari Senin

19-09-2016 04:09:26 By Rasyid Hadi
img

Hari Senin adalah hari yang paling dihindari karena hari ini adalah hari yang memulai kerja selama seminggu, sedangkan hari Jumat adalah hari yang paling ditunggu-tunggu karena akhir pekan sudah di depan mata. Banyak diantara mereka yang sengaja ambil cuti sebelumnya agar mendapatkan libur akhir pekan lebih lama. Maka ketika tiba waktunya untuk kembali berangkat kerja jadi terasa berat untuk memulai. Ditambah dengan bayangan akan suasana lalu lintas yang sangat macet di hari Senin. Namun, baru-baru ini ada catchphrase baru yang didengung-dengungkan oleh banyak motivator baik di Indonesia maupun di dunia internasional, yaitu "Monday is Money Day" yang mengajak para pekerja untuk mengubah cara pandang terhadap hari Senin yaitu menjadikannya sebagai hari yang membuka pintu menuju banyak peluang rezeki dan keberhasilan. Berikut adalah beberapa tips agar hari Senin mu ar menjadi lebih bersemangat dan bergairah :

Bangun lebih pagi

Sebagian orang suka bangun pagi, bahkan lebih awal daripada kokok ayam jantan atau seruan sholat Subuh dari mesjid terdekat. Itu bagus sekali. Tetapi sebagian orang lainnya hampir selalu kesulitan bangun pagi, padahal sudah dibantu dengan alarm. Tidurlah lebih awal agar Anda dapat bangun lebih pagi. Aturlah alarm Anda 15 menit lebih cepat karena dengan demikian Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk persiapan sebelum bekerja. Lakukan doa pagi atau meditasi untuk menyiapkan tubuh dan pikiran Anda untuk beraktivitas sepanjang hari. Anda akan merasa lebih sadar dan terhubung dengan hal-hal yang perlu Anda lakukan di tempat kerja.

Awali hari dengan musik

Apapun itu. Untuk yang punya kegemaran akan sesuatu, mendengarkan musik atau acara religi misalnya, stel dan dengarkan ! karena acara-acara tersebut di saat pagi bisa menentukan irama hari tersebut. Acara-acara yang positif menjadi semacam pengaturan jalur-jalur kehidupan kita, kemana arahnya. Maka jangan lupa awali hari Senin mu dengan acara-acara dan nada-nada musik favorit. Jiwapun akan tetap bersemangat.

Sarapan sebelum berangkat.

Makan pagi adalah sesuatu yang sangat penting, jangan lewatkan! Tidak ada waktu untuk sarapan ? Bangunlah lebih pagi. kamu tidak bisa berangkat kerja sebelum perut benar-benar terisi makanan. Jangan menunggu tiba waktu makan siang sebelum sarapan pagi.

Minum air putih.

Bagi kamu yang selalu minum kopi imbangi dengan minum air putih. Kopi dengan kafeinnya memang bisa membuat kita segar. Namun tanpa diimbangi air putih yang cukup, kamu bisa dehidrasi, memicu stres bahkan sakit kepala. Segelas air putih sebelum atau sesudah minum kopi, itu akan lebih baik.

Berteman baik-baik dengan orang-orang di tempat kerja.

Kamu memang pergi untuk bekerja bukan untuk mencari teman. Waktu-waktu yang dihabisakn di sana hanya untuk sebuah pekerjaan dan tugas mu. Namun bersosialisasi bisa membuat waktu mu bisa terhibur. Di tempat kerja barangkali ada beberapa orang yang kamu anggap sepele. Tapi jangan terlibat urusan politik, karena itu bukan tanggung jawab mu.

Hindari pemikiran dan perkataan negatif

Terlepas dari betapa keras upaya Anda untuk tetap ceria, hari Senin sering kali dipenuhi sikap negatif orang lain. Dari perjalanan Anda menuju tempat kerja atau sikap rekan kerja di kantor, terkadang Anda akan mendengar keluhan orang lain bahwa mereka merasa lelah dan kurang istirahat karena akhir pekan dihabiskan dengan bepergian ke luar kota atau berpesta. Triknya adalah tidak membiarkan komentar negatif orang lain memengaruhi keceriaan Anda. Alih-alih bergabung dengan obrolan negatif mereka, Anda dapat memilih untuk tidak berpartisipasi dan berfokus pada aktivitas kerja.

Kecepatan sesuai diri sendiri.

John Wooden said : “BE QUICK, BUT DON’T HURRY.”, artinya “Cepat tapi jangan terburu-buru”. Ada hal-hal yang perlu dilakukan, tapi jika dilakukan terburu-buru maka peluang untuk membuat kesalahan akan lebih besar. Periksa segala sesuatunya dengan cermat. Jika budaya di tempat kamu serba cepat, kamu bisa dibuat panik. Jaga ketenangan dengan menarik nafas dalam-dalam.

Rencanakan aktivitas yang menyenangkan

Terkadang Anda perlu memberi penghargaan kepada diri sendiri. Kenapa harus menunggu sampai hari Jumat untuk bersenang-senang? Anda dapat merencanakan aktivitas yang menyenangkan di hari Senin seusai jam kerja, misalnya makan malam romantis dengan istri/suami atau pergi nonton film di bioskop bersama teman-teman.