At-home Cardio Work out

12-09-2016 02:09:11 By Rasyid Hadi
img

Berolah raga secara rutin sangatlah penting. Apabila kamu dapat berolahraga secara rutin, maka kamu akan dapat meningkatkan level energi, memperbaiki suasana hati, mengontrol berat badan, membuat kamu tidur lebih nyenyak, dan menurunkan risiko banyak penyakit. Salah satu hal penting dalam berolahraga adalah memerhatikan porsi. "Dalam kondisi normal, orang dewasa sehat dianjurkan berolahraga 30 menit setiap hari,” kata Russell Pate, PhD, profesor di Arnold School of Public Health, University of South Carolina. Biasanya, kebanyakan orang yang tidak tahu bagaimana melakukan sebuah latihan atau olahraga yang baik dan benar, akan pergi ke tempat fitness atau gym untuk mendapatkan pelatihan dari trainer. Tapi masalahnya, tidak semua orang memiliki waktu luang untuk pergi ke tempat tersebut. Namun jangan khawatir, salah satu olahraga sederhana yang aman dan baik dilakukan secara rutin adalah kardio. Banyaknya gerakan tubuh yang dilakukan saat olahraga kardio dapat memperbaiki kondisi paru-paru, melatih otot jantung agar kuat, dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga organ di dalam tubuh akan mendapat oksigen yang cukup. Latihan kardio dasar sangat mudah dilakukan, bahkan tanpa menggunakan alat-alat khusus pun bisa, sehingga kamu dapat mencobanya di rumah. Untuk itu, JakartaVenue akan menjelaskan beberapa jenis olahraga kardio yang bisa dilakukan di rumah, diantaranya:

Jogging

Jogging merupakan salah satu latihan kardio yang dapat menjaga kebugaran tubuh dan jantungmu. Kamu juga boleh menggunakan tradmill jika kamu memilikinya di rumah. Jika tidak punya, lakukan jogging di tempat, alias spot jogging. Pilih tempat di rumah kamu yang luas, sehingga memungkinkan kamu berlari di tempat dan cukup mendapatkan asupan udara yang cukup. Jika bosan dengan suasana rumah, kamu dapat ber-jogging ria di sekitar perumahanmu.

Memanjat Anak Tangga

Kamu tidak perlu harus menggunkan tangga yang tinggi dalam rumah tingkat. Di rumah atau di kantor jika ada 1 atau 2 step anak tangga pun, kamu dapat menyiasati dengan teknik melangkah maju dan mundur sampai beberapa kali hitungan. Selain dapat menambah ketangkasan dan menguatkan sendi-sendi kakimu, latihan ini juga akan memperkuat otot jantungmu.

Push – Up

Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah push-up. Kamu cukup berbaring telungkup, lalu dengan kekuatan kedua tangan  dan kakimu angkat diri sehingga badan sejajar lantai. Turunkan badan ke lantai kembali. Latihan ini sangat baik untuk memperkuat otot lengan dan dadamu.

Crunches (Sit – up)

Sit-up adalah latihan terbaik untuk membakar lemak perut. Berbaring di atas matras/karpet di lantai. Letakkan tanganmu di belakang kepala dan perlahan-lahan angkat kepala, badan, pinggang ke posisi duduk dan kemudian kembali ke posisi tidur. Lakukan sampai beberapa hitungan.

Bersepeda

Ada banyak sekali keuntungan yang kamu dapatkan dengan melakukan bersepeda. Karena bersepeda merupakan salah satu jenis latihan kardio yang sangat baik untuk membakar lemak dan mengecilkan perut. kamu dapat melakukannnya diluar ruanga maupun didalam ruangan dengan menggunakan sepeda stasioner.

Squats

Squats biasanya dilakukan tanpa peralatan apapun. Tempatkan tangannya di atas kepalamu dan perlahan-lahan menurunkan diri ke posisi duduk, dan tangan sejajar ke arah depan. Lakukan dengan cepat dengan keseimbangan dari tanganmu.

Dance / Menari

Menari adalah salah satu yang terbaik latihan penurunan berat badan yang  mampu membakar kalori pada seluruh tubuhmu. Kamu dapat memindahkan/meminggirkan sementara furnitur di ruang tamu ke satu sisi, menyetel musik kesukaan yang memacau semangat hatimu.

Berenang

Dengan melakukan berenang, kamu dapat melatih seluruh bagian tubuh. Berenang tidak sekedar latihan kardio saja, namun juga merupakan salah satu latihan kekuatan. Karena berenang membutuhkan stamina dan kekuatan yang besar. Ketika berenang, kita juga akan membangun otot yang membantu dalam proses pembakaran lemak, jadi kita akan dapatkan manfaat ganda dari berenang.

Jumping Jack

Permainan masa kecil jumping jack (gerkan pada senam SKJ’88) benar-benar dapat menjadi latihan penurunan berat badan. Pilihlah tempat yang nyaman untuk melakukan sedikit gerakan efektif ini dan mulailah melompat. Sementara kamu melompat, dari posisi kaki rapat, lompat dan ke posisi  kaki terbuka dan bertepuk tangan di atas kepalamu.

Skipping / Loncat tali

Hal paling mudah dilakukan untuk membakar perutmu adalah dengan melakukan skipping / loncat tali. Kamu dapat melakukannya di balkon, taman atau teras.

Dips

Dips sangat mudah dilakukan. Kamu cukup bertumpu pada sebuah lemari, tempat tidur, meja atau kursi yang cukup kuat.  Coba posisi seperti push-up, hanya saja, kamu melakukannya bertumpu pada suatu tumpuan bukan lantai.