Tips-tips untuk Solo Traveling

10-09-2016 03:09:36 By Yehezkiel Sihombing
img

Tidak bisa dipungkiri, semua orang pasti suka jalan-jalan. Bergerak menjauh dari kediaman asal dan menuju ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Dari wisata alam seperti ke pantai dan gunung, ataupun wisata kota (city travel), semuanya memiliki daya tarik tersendiri. Perjalanan juga akan semakin meriah jika dilaksanakan bersama orang-orang kesayangan. Namun mungkin kamu setuju jika esensi berlibur dan menjelajah justru akan semakin terasa jika perjalanan dilakukan sendiri. Di mana tanpa ganggu gugat kepentingan yang lain kamu bisa pergi ke tempat-tempat yang kamu inginkan. Dan yang membuat perjalanan pribadi atau solo traveling menjadi lebih menarik adalah kesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan banyak orang di tempat baru. Jika kamu adalah seorang solo traveler atau baru ingin mencoba solo traveling, kamu harus memperhatikan beberapa hal secara ekstra. Sehingga nantinya perjalanan pribadi tetap bisa dilaksanakan dengan aman dan nyaman. Tips-tips berikut mungkin berguna untuk kamu!

Atur Kedatangan dan Akomodasi Dengan Tepat

Malam pertama di destinasi tujuanmu adalah kunci penentunya. Karena dapat dipastikan pada malam itulah kamu akan mencari banyak informasi mengenai destinasimu. Selain informasi yang tertera di internet, informasi dari masyarakat sekitar dan sesama traveler bisa menjadi inspirasi untuk menentukan tujuan selanjutnya. Dan jika bagimu solo traveling adalah kesempatan untuk mengenal banyak orang baru, makan akan lebih baik untuk memilih hostel atau b&b (bed & breakfast) sebagai tempat menginapmu.

Sediakan Waktu Khusus Untuk Bersosialisasi

Wajar saja jika kenikmatan yang kamu cari dari perjalanan solo adalah kesempatan untuk menyendiri. Tidak apa, namun seperti yang disebutkan sebelumnya, solo traveling juga membuka kemungkinan untuk mendengar cerita dan inspirasi dari banyak orang. Contohnya jika kamu menginap di hostel, jangan lewatkan waktu untuk bersantap sarapan bersama. Atau sempatkan diri untuk duduk di communal table sambil berbagi cerita!

Persiapkan Dengan Cermat seluruh Perlengkapanmu

Tidak ada mitra perjalanan berarti juga tidak ada mitra pasti untuk saling berbagi perlengkapan. Pastikan kamu membawa semua barang-barangmu sendiri tanpa terkecuali!

Proaktif Namun Tetap Berhati-hati

Tidaklah mudah untuk berjalan sendiri. Menjadi proaktif dalam bertanya dan bertegur sapa akan membantumu untuk mendapatkan informasi dan rasa aman. Namun untuk tetap menjaga diri dari setiap kemungkinan buruk, pastikan untuk tetap berhati-hati. Dengan tidak mengenakan aksesoris mewah misalnya.

Ikuti Naluri dan Nuranimu

Pada akhirnya solo traveling adalah tentang memiliki waktu pribadi di luar zona keseharianmu. Ini adalah waktu yang sangat berharga untuk melengkapi kamus pengalamanmu nantinya. Maka dari itu, di atas semuanya, ikuti saja naluri dan nuranimu, yang mungkin akan menggiringmu ke dalam perjalanan tak terduga. Selamat berlibur dan menjelajah!

7 things everybody learns travelling solo by Rough Guides

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=1NjwrWVCdYg[/embed]