Memanfaatkan Tren Era Digital

12-08-2016 03:08:10 By Marcha Nurliana
img

Tren digital yang kini sedang berkembang pesat membuat tren-tren gaya hidup lainnya turut berkembang, bahkan berubah. Orang-orang mulai disibukan dengan media sosial yang terkadang dinilai malah menjadi acuh dengan lingkungan nyata di sekitarnya. Tidak hanya media sosial yang mengubah gaya hidup dan pola komunikasi masyarakat. Masih banyak hal lain yang berubah karena kemunculan era digital itu sendiri. E-commerce, misalnya, sebuah gaya hidup berbelanja yang secara langsung menguntungkan pembeli maupun penjual. Selain e-commerce, kini masyarakat juga bisa melakukan transaksi praktis menggunakan uang nontunai. Hal nyatanya mungkin kamu rasakan sehari-hari. Jika biasanya kamu harus mengantri panjang hanya untuk membayar biaya jasa uang toll, kini dengan menggunakan kartu yang berisi uang nontunai, kamu bisa melakukan transaksi dengan hanya menempelkan kartu di alat yang telah disediakan. Untuk jasa transportasi, kamu juga dapat dengan mudah memanggil armada transportasi yang diinginkan dengan cepat dan murah. Bagi para pelaku bisnis, fenomena digital ini tentu saja sudah mulai dirasakan dalam pengubahan model bisnis di Indonesia. Siapa pun kini dapat dengan mudah mengumpulkan pundi-pundi uang melalui internet yang merupakan bagian dari tren dunia digital. Bagaimana caranya?

Manfaatkan Media Sosial

Sudah diketahui bahwa kini media sosial tidak hanya berfungsi sebagai ajang ekspresi diri, tapi juga bisa untuk ajang berbisnis. Jika kamu memiliki bisnis, kamu bisa dengan mudah memanfaatkan media sosial dengan membuat akun yang mengatasnamakan nama perusahaan yang kamu bangun. Jika kamu memiliki restoran, misalnya, kamu bisa membuat akun media sosial untuk memberikan informasi-informasi terkait restoran tersebut, seperti promosi, dan lainnya. Selain dapat dengan mudah memberikan informasi, penggunaan media sosial untuk sebuah brand juga bisa meningkatkan awareness terhadap produk yang kamu bangun. Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas ads yang ditawarkan oleh media sosial yang digunakan untuk meningkatkan pemasaran melalui internet. Dengan membayarkan sejumlah uang yang tidak terlalu banyak, mungkin saja penjualan mu bisa meningkat beberapa kali lipat dibandingkan dengan uang yang dibayarkan. Bagaimana jika kamu ragu untuk mengeluarkan modal untuk berbisnis? Media sosial memungkinkanmu untuk melakukan pemasaran secara gratis. Hal ini akan memungkinkanmu untuk ikut membantu memasarkan produk temanmu yang lain sehingga kamu bisa berbisnis tanpa mengeluarkan modal.

Build Your Own Start-up Company

Siapa sangka kini berbisnis menjadi sangat mudah berkat kemunculan era digitial. Pemerintah bahkan mencanangkan bahwa nantinya Indonesia akan memiliki 1000 technopreneurs baru untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Kini pada 2016, sudah bisa kita lihat berbagai perusahaan start-up yang mengandalkan dunia digital dan pada akhirnya menuai kesuksesan berat. Berbagai perusahaan jasa transpotasi, website pemesanan hotel dan tiket pesawat, serta puluhan e-commerce sekarang sudah muncul dan menguntungkan pembeli maupun penjual. Tidak ada salahnya jika kamu juga ikut mengembangkan start-up bisnis kamu dengan memanfaatkan dunia digital. Hampir seluruh bidang bisa kamu kerjakan melalui digital. Sambil memikirkan kira-kira bisnis apa yang bisa kamu bangun, kamu bisa mempelajari tren bisnis masa kini melalui halaman-halaman internet.

Mengambil Sertifikasi Online

Dunia digital juga kini memudahkanmu untuk mengambil berbagai program sertifikasi secara online. Kamu bisa mengambil kelas-kelas tertentu yang bisa meningkatkan skill dan tentu saja akan menambah value dari portfolio pribadimu. Ada berbagai website yang menawarkan kelas secara gratis maupun berbayar. Beberapa dari kelas tersebut tidak hanya akan membagi ilmu mereka kepadamu, namun juga sertifikat yang bisa kamu raih. Di era digital ini, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke suatu tempat untuk mendapatkan ilmu bahkan sertifikat, efisien!