MakersMarket: Wadahi Pegiat Produk Kreatif Lokal

05-08-2016 06:08:53 By Marcha Nurliana
img

  “Despite the bright young minds behind the labels, why do people still assume that local brands are expensive and not worth the price?” – MarketPlays  
Tak sedikit masyarakat Indonesia yang masih beranggapan bahwa membeli produk lokal yang harganya setara dengan produk luar negeri merupakan sebuah kerugian. Pamor brand luar negeri yang masih diagung-agungkan menjadi penghambat liarnya permainan industri kreatif lokal. Untungnya, selama satu dekade kebalakang, secara perlahan-lahan paradigma itu runtuh dan berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan-perusahaan start-up lokal. Kesadaran masyarakat, terutama pemuda di Indonesia untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi melalui sikap entrepreneurship mulai semakin tinggi. Hal ini juga tertanam di benak Ivan John, Chief Operational Officer dari MarketPlays. Walau berlatar belakang pendidikan teknik dari salah satu kampus di Australia, ia dan beberapa rekannya akhirnya meluncurkan sebuah e-commerce yaitu MarketPlays dan bisa diakses di www.marketplays.id pada Juni 2015 lalu. Kini MarketPlays telah mewadahi sekitar 200 perajin lokal untuk memasarkan sekitar 700 produk asli Indonesia. Melalui MarketPlays, masyarakat bisa membeli produk-produk yang dijual di website tersebut secara online kapan pun dan di mana pun mereka berada. Produk-produk yang dipajang di etalase website mayoritas berjenis produk leather goods. Tapi, MarketPlays juga menyediakan banyak jenis produk lokal lain seperti natural dye, woodworks, ceramics, denim, dan apparel.

MakersMarket

Sebelumnya, MarketPlays telah mengadakan sebuah event, yaitu “Leather Week” yang berlangsung dari 9 – 16 Februari 2016 lalu. Tak puas sampai disitu, kini MarketPlays bersama Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) akan menggelar pop-up bazaar yang bertajuk MakersMarket. Acara pop-up bazaar ini akan diadakan pada 26 – 28 Agustus 2016 mendatang di Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat. JV_MAKERSMARKET   MakersMarket akan mengundang berbagai brand yang ada di MarketPlays.id maupun brand-brand lainnya untuk menjual produknya secara langsung melalui acara ini. Jika sebelumnya para calon pembeli hanya bisa melihat produk-produk di MarketPlays secara virtual, kini mereka dapat melihat, bahkan mencoba langsung produk-produk yang diinginkan. Tidak hanya memamerkan pajangan deretan dari produk yang tersedia di MarketPlays.id, acara yang berlangsung selama tiga hari ini juga akan menggelar workshop yang bisa diikuti para pengunjung agar mereka bisa merasakan sendiri proses pembuatan dari produk-produk yang dijual di MakersMarket. Dengan digelarnya MakersMarket pada akhir Agustus mendatang, diharapkan masyarakat dapat teredukasi dengan mengenal lebih dalam kualitas dan nilai seni dari produk kreatif brand lokal Indonesia. Acara ini juga dibuat untuk mewadahi kreativitas dari pegiat usaha kreatif lokal yang sedang menumbuhkan usahanya.