Bekerja Full-Time Sambil Kerja Part-Time? Kenapa Tidak

04-08-2016 01:08:46 By Rasyid Hadi
img

Seiring makin banyaknya kebutuhan hidup, makin banyak pula pemasukan yang harus kamu capai. Bekerja tetap atau full time mungkin menjadi jawaban kebanyakan orang untuk mendapat penghasilan tetap, tetapi terkadang upah yang kamu terima tidaklah cukup untuk biaya kebutuhan. Banyak orang yang menyiasati dengan mencoba cari sampingan untuk menambah pundi-pundi pendapatan, biasanya dengan mengisi waktu luang dengan bekerja paruh waktu, atau part time, berdagang, dan lainnya. Pernahkah terfikir oleh mu yang sudah bekerja tetap, tetapi juga mencoba bekerja paruh waktu? Untuk membayangkannya mungkin cukup berat. Biasanya kamu sudah cukup sibuk menghabiskan waktu dan tenaga untuk urusan kantor tiap harinya. Ternyata tidak serumit membayangkanya, sah-sah saja apabila kamu menjalani double job baik full time dan juga part time, salah satunya dengan cara membagi waktu dengan baik dan tau proritas mana yang lebih utama. Berikut adalah kiat-kiat agar kamu bisa sukses menjalani double job sekaligus:

  • Transparansi
Ketika kamu sudah menjadi karyawan tetap dalam suatu perusahaan, kamu harus berterus terang atau terbuka kepada perusahaan, agar kantormu tahu bahwa kamu juga memiliki perkerjaan paruh waktu diluar jam kerjamu. Hal itu bertujuan untuk membangun kepercayaan antara perusahaan dan kamu. Pastikan pekerjaan sampingan mu tidak mengganggu kontrak yang telah kamu setujui dari pihak perusahaan tetap mu. Selain tidak melanggar kontrak pastikan juga agar kamu tidak mengganggu pekerjaan tetap mu.
  • Cintai pekerjaan
Apabila kamu mencintai suatu hal, maka otomatis kamu tidak akan merasa terbebani oleh hal tersebut. Kata-kata tersebut cocok untuk di tempatkan dalam urusan pekerjaanmu. Pastikan kamu memiliki rasa suka dan semangat yang sama antara bekerja sebagai full-time dan juga part-time, jangan sampai pekerjaan tetap kamu mengganggu konsentrasi dan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan part-time, begitu juga sebaliknya. Manfaatkan pengalaman yang kamu dapatkan dari pekerjaan full-time dan pekerjaan part-time.
  • Tepat waktu
Buatlah agenda yang pas dan sesuai untuk masing-masing pekerjaan. Jangan sampai kamu mengorbankan waktu kamu yang berharga mengerjakan pekerjaan part-time diwaktu  kamu sedang dikejar dead-line untuk pekerjaan tetap kamu. Memiliki pekerjaan tetap dan pekerjaan part-time artinya adalah kamu pun harus mengorbankan waktu kamu bukan hanya senin sampai jumat saja, namun juga akhir pekan.
  • Kerjakan dengan baik
Memiliki 2 pekerjaan artinya kamu pun harus mengerjakan kedua pekerjaan tersebut dengan hasil terbaik. Jangan sampai kamu mengorbankan hasil diantara pekerjaan tetap dan part-time. Selesaikan semua tugas sesuai dengan deadline dan hasil yang diinginkan. Buktikan kepada kerjaan tetap dan part-time kamu bahwa, menyelesaikan dua pekerjaan diwaktu yang hamper bersamaan, bukan berarti  akan menghasilkan pekerjaan yang setengah-setengah atau berakhir dengan buruk. Tetaplah memiliki motivasi yang tinggi, ingatlah betapa kamu menyukai pekerjaan tetap dan pekerjaan part-time kamu, jika kamu merasa kelelalahan, minum secangkir kopi hangat dapat membuat kamu lebih semangat!
source