Open Trip: Serunya plesiran kolektif

27-07-2016 04:07:04 By Yehezkiel Sihombing
img

Sejak tahun 2014, rasanya sangat mudah menemukan individu yang memberi citra diri sebagai seorang traveler. Munculnya low cost airlines, yang disusul dengan maraknya digandrungi hobi travel photography, pantas digadangkan sebagai penyebabnya. Titik-titik wisata alam yang dulu dianggap sulit untuk dituju, kini tidak lagi menjadi persoalan. Gunung Bromo, barisan pantai di sepanjang selatan pulau Jawa, Pulau Peucang, sampai dengan Danau Derawan di Kalimantan, kini ramai dikunjungi orang. Namun, tidak sedikit juga mereka yang berhasrat untuk menjelajah indahnya Indonesia tapi terbentur dengan beberapa hal. Seperti kurangnya informasi soal akses, sampai tidak adanya rekan untuk bepergian. Untungnya, saat ini sedang ramai diadakan kegiatan yang dapat menjadi solusinya. Sebuah aktifitas kolektif yang disebut open trip. Ya, open trip adalah jasa pengaturan perjalanan yang akan memudahkanmu untuk mencapai tujuan. Aktifitas open trip merupakan aktifitas yang terbuka. Di mana kamu dan orang-orang lain yang ingin menuju tempat yang sama bisa bepergian secara berkelompok. Jasa open trip kini banyak disediakan oleh trip organizer yang menawarkan perjalanannya di media sosial. [caption id="attachment_13732" align="alignnone" width="1200"]Pantai Cibom, salah satu tujuan umum dalam open trip ke Pulau Peucang Pantai Cibom, salah satu tujuan umum dalam open trip ke Pulau Peucang[/caption] Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus mencoba open trip:

Kemudahan akses

Tidak semua titik wisata bisa disambangi dengan kendaraan umum. Banyak diantaranya berada di lokasi terpencil. Di mana kendaraan umum hanya dapat mengantarmu sampai titik ramai terdekat. Dengan mengikuti open trip, kamu cukup bertemu dengan rombonganmu di meeting point yang biasanya dipilih di lokasi-lokasi yang tidak sulit dijangkau. Selanjutnya, pemandu open trip akan membawamu langsung ke tempat tujuan.

Itinerary yang jelas

Saat sampai di tempat tujuan, sering kali pelancong kebingungan dengan itinerary atau daftar tempat yang harus didatangi. Itinerary yang sudah diatur dalam open trip akan memudahkanmu dalam merangkai suatu perjalanan yang efektif dan efisien. Selain itu, beberapa trip organizer bahkan memberitahu terlebih dahulu itinerary-nya.

Teman-teman baru

Penyelenggaraan open trip yang bersifat terbuka berpotensi untuk membawamu berkenalan dengan teman-teman baru. Indahnya pesona alam yang akan kamu jelajahi selama perjalanan pasti akan menimbulkan rasa kebersamaan diantara para pesertanya. Bukan tidak mungkin juga, kamu akan bertemu pujaan hati saat mengikuti open trip.