Durian: Raja Buah Sejuta Olahan

27-07-2016 03:07:47 By Marcha Nurliana
img

Siapa yang tak kenal durian? Buah yang memiliki duri di seluruh permukaannya ini merupakan salah satu buah yang jadi kesukaan orang Indonesia. Baunya yang tajam dan rasanya yang unik membuat buah satu ini memiliki daya tariknya tersendiri. Di Indonesia, bermacam-macam makanan yang berbahan dasar durian bisa ditemukan di banyak tempat. Ini dia yang membuat durian istimewa. Selain rasanya yang unik, buah durian pun bisa ditransformasi menjadi berbagai macam makanan lainnya. Apa saja?

Pancake

Salah satu olahan buah durian yang paling terkenal adalah pancake durian. Daging durian yang lembut dan dipadukan dengan adonan tepung yang kenyal membuat pancake durian menjadi salah satu primadona kuliner ketika berkunjung ke kota asal durian, yaitu Medan.

Sup

Tidak seperti sup yang biasanya nikmat ketika dihidangkan saat masih panas, sup durian alias sop duren malah disajikan dingin yang memiliki campuran es serut, alpukat, kacang merah, dan susu. Di Jakarta sendiri, kamu bisa menemukan beberapa restoran sop duren di kawasan Tebet dan Tanjung Duren.

Es Krim

Tidak hanya vanilla, coklat, dan strawberry yang jadi rasa primadona es krim. Ternyata, rasa durian juga seringkali dijadikan favorit beberapa orang pecinta durian! Es krim durian bisa ditemukan dalam dua jenis, yaitu es krim yang biasa disajikan dengan scoop ice cream, ataupun es krim goreng. Khusus es krim goreng durian, kamu sebagai pencicip akan merasakan sensasi makan durian yang unik, yaitu memadukan rasa renyahnya bagian kulit es krim yang hangat dengan dinginnya es durian yang empuk. Yum!

Coklat

Pelaku industri kuliner kini semain kreatif dan cerdas untuk mengkreasikan jenis-jenis makanan. Salah satu makanan yang kini memiliki banyak varian adalah coklat. Selain coklat rasa green tea yang sempat happening beberapa waktu lalu, ternyata coklat rasa durian juga ada dan menjadi primadona bagi pecinta durian.

Keripik

Keripik rasa durian juga merupakan salah satu makanan ringan bagi para pecinta buah durian. Keripik durian ini sangat banyak ditemukan di Thailand dan sering dijadikan buah tangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Thailand. Walau teksturnya keras karena merupakan sebuah keripik, tapi keripik durian tidak meninggalkan cita rasa durian yang unik dan tajam tersebut.