Tempat Wisata Gratis Di Jakarta

22-07-2016 12:07:47 By Rasyid Hadi
img

Jakarta merupakan pusat perekonomian di Indonesia, hiruk pikuk perkotaan dan hilir mudik kendaraan selalu berhasil memancarkan sinarnya hingga ke berbagai daerah. Tak sedikit pula pendatang yang merasa silau dengan gemilang Jakarta. Kebanyakan pendatang mampir menjadikan ibukota ini sebagai ladang mencari uang atau sebagai destinasi wisata. Sifat materialistis cukup tercium di segala aspek pada Jakarta. Lonjakan harga dikota metropolis yang satu ini merupakan yang paling tinggi sepulau Jawa. Peranahkah terfikirkan olehmu tentang sesuatu yang gratis atau tak berbayar di Jakarta ini? Mungkin banyak orang yang berfikir, untuk bisa liburan di Jakarta membutuhkan banyak uang. Belum lagi tiket masuk tempat wisata yang terkadang agak tinggi. Berekreasi tanpa mengeluarkan uang untuk tiket masuk merupakan hal langka di Jakarta. Tenang, Jakartavenue punya beberapa tempat untuk kamu bisa pergi berekreasi bersama, berikut adalah tempat tempat yang bisa kamu datangi dengan gratis untuk berwisata:

Banjir Kanal Timur

[caption id="attachment_13672" align="alignnone" width="1800"]image via print.kompas.com image via print.kompas.com[/caption] Banjir Kanal Timur (BKT) bukan sengaja dibangun sebagai tempat wisata, tetapi berfungsi untuk tempat penanggulangan banjir. BKT terbentang memanjang sejauh 23,5 km mulai dari Kebon Nanas di Jakarta Timur hingga Pantai Marunda di Jakarta Utara. Jika menegok ke arah pinggir BKT, kamu bisa melihat ada banyak pepohonan dan rumput yang ditanam. Tidak hanya itu, jalan beraspal dengan taman kecil sengaja dibuat untuk mempercantik BKT. Kebanyakan pengunjung BKT untuk melepas penat duduk sambil menikmati semilir angin, ada pula yang mengobrol sambil mencicipi jajanan yang disediakan warung di pinggiran BKT. Tidak hanya tempat rekreasi, BKT kini menjelma jadi salah satu tempat nongkrong para pedagang. Mulai dari pedagang gerobak, hingga warung-warung kecil yang menjual aksesoris dan ragam makanan tersedia di sini. Uniknya, para penjual yang menjajakan makanan seperti bakso, mie ayam, sate dan lainnya menyediakan tikar agar pengunjung bisa duduk lesehan. Biasanya juga ada pasar malam atau Dufan Mini yang menyediakan beberapa wahana permainan seperti komidi putar dan rumah hantu, bazar baju, dan juga beragam makanan, sayangnya pasar malam ini tidak permanen dan waktunya pun tidak pasti. Seru, ramai, unik dan tentunya gratis membuat BKT menjadi tujuan baru penduduk Jakarta.

Taman Ayodya

[caption id="attachment_13670" align="alignnone" width="1800"]image via jakartakita.com image via jakartakita.com[/caption] Tempat wisata gratis kedua yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Ayodya di Barito, Jakarta Selatan. Dulunya taman ini masuk ke dalam kawasan pasar ikan hias, namun kemudian di sulap menjadi sebuah taman rindang yang dilengkapi dengan air mancur. Taman ini sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan taman dan kesejukan dari semilir angin. Taman Ayodya memiliki danau seluas 1.500 m2 di bagian tengahnya. Datanglah pada sore hari, akan ada banyak anak kecil yang berlarian di antara pepohonan rindang yang menghuni Taman Ayodya. Kamu pun bisa melihat kecerian mereka sambil memandangi hijaunya taman sambil duduk santai di bangku yang menghadap taman.

Museum Art Mon Decor

[caption id="attachment_13671" align="alignnone" width="1800"]image via www.mondecor.com image via www.mondecor.com[/caption] Museum yang berada di Jl Rajawali Selatan Raya No 3, Gn. Sahari Utara, Sawah Besar,  Jakarta Pusat ini memang sengaja dibuat seperti galeri lukisan. Kesan klasik dan antik yang biasa ditampilkan oleh museum-museum pada biasanya tidak terlihat pada museum yang satu ini. Dilihat dari luar Art Mon Decor terlihat lebih mirip seperti bangunan moderen perkotaan. Museum ini memang belum begitu dikenal banyak orang, padahal Museum Art Mon Decor adalah salah satu gudangnya karya seni lukis. Ketika masuk ke dalam, kamu langsung melihat ada banyak koleksi lukisan terpampang di sana. Seluruh penjuru gedung diisi dengan karya seniman handal, seperti Affandi dan Sunaryo. Uniknya, museum ini selalu mengganti temanya setiap 3 bulan sekali. Tidak hanya itu, Art Mon Decor juga menggelar pameran lukisan karya maestro terkenal. Hebatnya setiap pengunjung yang datang juga tidak dipungut biaya, alias gratis.

Taman Proklamator

[caption id="attachment_13669" align="alignnone" width="1800"]image via www.forumtempatwisata.com image via www.forumtempatwisata.com[/caption] Jika sedang jalan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, sempatkanlah mampir di Taman Proklamor. Ini adalah salah satu destinasi wisata gratisan yang bisa kamu nikmati di Jakarta. Datang ke Taman Proklamator, pengunjung seolah dibawa ke masa saat teks proklamasi dibacakan. Ini terasa jelas lewat patung kedua proklamator, Soekarno dan Hatta, yang berdiri tegak di tengah taman dengan lapangan luas di hadapannya. Tidak hanya itu, di Taman Proklamator, kamu bisa melihat ada tugu yang sengaja dibuat sebagai peringatan 1 tahun Indonesia, Tugu Peringatan Satu Tahun Proklamasi namanya. Tugu ini berbentuk obelisk seperti Monas, hanya saja berukuran lebih mini. Pelancong pun bisa dengan mudah menemukannya saat baru tiba di taman. Waktu paling asyik untuk datang ke Taman Proklamator adalah saat sore hari. Ketika itu matahari bersinar tidak begitu terik, kamu pun bisa nongkrong santai di dalam taman sambil melihat anak-anak yang ramai bermain bola dipelataran taman.

Situ Lembang

[caption id="attachment_13668" align="alignnone" width="1800"]image via wownderfulife.com image via wownderfulife.com[/caption] Selain Taman Proklamator, Jakarta Pusat masih punya destinasi gratis lain yang bisa kamu kunjungi, yaitu Situ Lembang di Menteng. Danau cantik ini memang selalu ramai dikunjungi anak muda, terutama saat akhir pekan tiba. Berada di Jl Lembang, dekat Taman Surapati, Situ Lembang tampak anggun dikelilingi pepohonan ridang nan teduh. Bunga teratai yang duduk tenang di atas danau pun menambah kesan cantik danau ini. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan saat liburan ke Situ Lembang, mulai dari memancing, bermain, hingga sekadar duduk-duduk santai. Nah, untuk yang membawa anak-anak, kamu bisa mengajak sang buah hati untuk bermain di ayunan dan wahana motorik yang tersedia. Seolah memang sengaja disediakan untuk semua umur. Situ Lembang juga menyediakan fasilitas refleksi yang cocok untuk digunakan para orang tua. Ini adalah jalur kecil yang dilengkapi dengan bebatuan kecil yang disusun khusus.