Jakarta Urban Legend

17-07-2016 04:07:52 By Rasyid Hadi
img

Urban Legend adalah mitos atau legenda kontemporer yang seringkali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran. Kebanyakan berkaitan dengan misteri, horor, ketakutan, humor, atau bahkan kisah moral. Legenda urban tidak selalu berarti kisah bohong namun sama seperti kisah yang disebarkan dari mulut ke mulut. Legenda Urban juga sering dibesar-besarkan sehingga menjadi lebih sensasional. (Wikipedia) Setiap daerah di seluruh dunia pasti mempunyai kisah Urband Legend masing masing, tak terkecuali juga di Jakarta. Walaupun ibu kota ini menyandang kota metropolis dan modern, banyak juga kisah misteri yang tersaji. Untuk kamu yang menyukai misteri kamu wajib mengikuti artikel ini, agar kamu tau apa saja kisah urban legend yang melegenda di Jakarta. Berikut 5 kisah Urban Legend yang melekat di Jakarta:

Jembatan Ancol

‘Si manis jembatan ancol’, ya misteri di jembatan ancol yang melibatkan sesosok mahluk halus yang berparas manis dan cantik. Si manis tersebut bernama Mariyam (ada juga yang mengatakan gadis itu bernama Siti Ariah), yaitu seorang gadis manis kembang desa yang meninggal di kawasan jembatan Ancol dan jasadnya dibuang setelah sebelumnya diperkosa. Karena kematian yang tidak wajar, akhirnya Mariyam menjadi ‘penunggu’ jembatan Ancol yang beberapa kali menampakkan diri pada orang-orang yang melintasi salah satu jembatan yang berada di Ancol, Jakarta Utara. Konon jembatan ini dahulu berbentuk jembatan goyang.

Mall Kelender

Sejarah kelam kerusuhan dan pembakaran masal yang terjadi di Jakarta saat reformasi tahun 1998 menyimpan banyak tragedi mengerikan. Tidak hanya mengerikan bahkan sampai menyimpan kisah misteri, salah satunya di mall Kelender. Dulu mall yang berlokasi di Kelender, Jakarta Timur ini dijarah dan dibakar oleh para anarkis. Banyaknya korban hangus terbakar dikarenakan tidak sempat melarikan diri. Konon arwah arwah penasaran para korban sering mengganggu dengan muncul dangan rupa hangus terbakar.

Perlintasan Kereta Api Bintaro

Untuk kamu yang berdomisili sekitar Jakarta Selatan pasti tidak heran lagi dengan riuhnya kemacetan dan juga tingkat kecelakaan yang sering terjadi di perlintasan kereta api yang berada di Bintaro ini. Banyaknya tingkat kecelakaan di area ini sering dikaitkan dengan para mahluk halus yang muncul tiba tiba untuk mengganggu para pengendara yang berlalu lalang. Konon katanya para mahluk halus yang mengganggu berasal dari arwah para korban kecelakaan kereta api Bintaro tahun 1987 silam.

Rumah Hantu Pondok Indah

Perumahan elit, megah dan modern tenyata juga punya cerita mistis. ‘Rumah hantu pondok indah’ kata orang yang tau seramnya salah satu rumah yang berada di di Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan. Rumah ini menjadi angker karena menurut cerita, sekitar tahun 80 an telah terjadi perampokan di rumah yang dihuni oleh tujuh warga negara asing. Seluruh penghuni rumah dibunuh termasuk anak-anak dan pembantu di rumah tersebut. Setelah kejadian tragis itu, pemilik selajutnya tidak pernah betah karena sering diganggu oleh mahluk halus didalamnya. Tidak hanya itu, banyak orang yang berlalu lalang di depan rumah itupun sering dimunculkan oleh sesosok wanita. Selain penampakan katanya dulu juga ada tukang nasi goring yang hilang karena mendapat pesanan untuk mengantar kedalam rumah dan tidak pernah keluar lagi dan meninggalkan gerobaknya begitu saja di depan rumah tersebut. Berkali kali berganti kepemilikan akhirnya rumah itu dirubuhkan pada beberapa tahun silam.

Trowongan Casablanca

Terlepas dari hiruk pikuk kehidupan kota Jakarta, beberapa tempat di Ibu Kota bisa berubah dalam sekejap saat hari telah berganti malam. Salah satunya adalah terowongan yang terletak di daerah kuningan yang menjadi pengubung antara jalan Dr. Satrio dan jalan Casablanca. Sudah tidak asing pasti dengan urban legend satu ini, terowongan (jalan lintas bawah tanah) yang ada dibawah jalan Kuningan (Rasuna Said) dikatakan angker karena dulunya terowongan ini merupakan lahan pemakaman, tetapi digusur dan dijadikan jalan. Menurut kisah dari masyarakat sekitar konon terowongan tersebut di huni oleh banyak makhluk gaib yang sering memunculkan wujud mereka. Mulai dari nenek-nenek, hantu wanita atau yang lebih dikenal dengan istilah kuntilanak berbaju merah, genderuwo bahkan anak kecil. Di lokasi ini pernah beberapa kali terjadi kecelakaan yang dialami kendaraan bermotor, terutama roda dua. Bahkan, cerita mistis lokasi ini sempat difilmkan oleh Indika Entertainment yang disutradarai Nanang Istiabudi dengan judul yang sama.