Membeli Rumah Di Jakarta Dengan Harga Murah

15-07-2016 04:07:20 By Rasyid Hadi
img

Mempunyai rumah pribadi di Jakarta merupakan sebuah impian. Entah hanya untuk tempat tinggal atau sebagi investasi jangka panjang. Sebagai ibukota, Jakarta mempunyai nilai jual properti yang lebih tinggi dibanding kota lainya. Setiap tahun harga properti di jakarta bisa naik hingga 2 kalilipat. Nilai investasi yang sangat tinggi membuat harga tanah dan bangunan di Jakarta menjadi tidak terkejar. Tapi jangan khawatir, JakartaVenue mempunyai beberapa tips agar kamu dapat membeli rumah di sekitar Jakarta dengan harga yang bisa dibilang “murah” dibanding harga pasaran. Berikut adalah tips yang bisa kamu ikuti:

Membeli Rumah Tua

[caption id="attachment_13545" align="alignnone" width="1800"]image via www.pixabay.com image via www.pixabay.com[/caption] Tips yang pertama kamu dapat mencari rumah tua. Rumah tua di sini artinya bukan rumah yang kuno yang mewah. Sebab, rumah kuno harganya malah lebih mahal karena mengandung nilai sejarah dan materialnya bagus, terutama kayunya. Rumah tua yang dimaksud adalah rumah yang tidak dihuni bertahun-tahun karena pemiliknya tinggal di tempat lain. Rumah tua yang seperti ini sudah kurang bagus kondisinya, tetapi biasanya mempunya luas tanah yang lumayan besar sekitar 100m2. Walaupun kondisinya begitu, carilah rumah yang masih layak ditempati dan yang paling sedikit renovasinya. Kamu bisa mencicil merenovasinya perlahan, dibanding kamu harus mencicil rumah dengan luas tanah serupa akan jauh lebih mahal. Biasanya harga rumah yang seperti ini akan jatuh bahkan hanya bisa dihargai dengan harga tanah saja tanpa bangunan. Jika lokasi rumah ini cukup strategis, kamu bisa untung besar dengan menjualnya setelah direnovasi sebagai investasi.

Membeli Rumah Lelang

[caption id="attachment_13546" align="aligncenter" width="1800"]image via www.pixlaw.com image via www.pixlaw.com[/caption] Untuk tips yang kedua kamu bisa membeli rumah hasil pelelangan. Rumah lelang bisa didapatkan lewat sitaan pihak bank. Bank melelang rumah karena ada debitur yang gagal melunasi pinjaman. Rumah ini dijadikan jaminan pinjaman tersebut, sehingga disita bank untuk membayar sisa cicilan debitur. Rumah yang dilelang sudah pasti harganya murah. Sebab, bank membutuhkan dana dengan cepat agar perputaran uang di bank tetap lancar. Jika menjual rumah lelang dengan harga murah pasti akan cepat sehingga bank jadi lebih cepat mendapatkan uang.

Membeli Rumah di Pinggiran Jakarta

[caption id="attachment_13544" align="aligncenter" width="1800"]image via www.korannonstop.com image via www.korannonstop.com[/caption] Jika susah mendapatkan rumah di pusat Jakarta dengan harga murah, kamu bisa langsung menuju kawasan pinggiran Jakarta seperti perbatasan Bekasi, Tangerang, ataupun Depok. Harga rumah di pinggir kota Jakarta biasanya masih terpengaruh harga di kota sebelah sehingga lebih murah. Rumah di pinggir Jakarta tetap dapat menjadi investasi yang bagus, namun pastikan bahwa rumah tersebut punya akses yang bagus ke pusat kota dan juga pastikan lokasi dan aksesnya aman dari banjir.

Membeli Rumah Dengan Sertifikat Bermasalah

[caption id="attachment_13543" align="alignnone" width="1800"]image via propertidata.com image via www.propertidata.com[/caption] Ada beberapa jeni surat kepemilikan tanah di Indonesia. Tapi ada tiga jenis yang disarankan kelengkapannya ketika akan membeli rumah, yakni sertifikat hak milik (SHM), sertifikat hak guna bangunan (SHGB), sertifikat hak pakai (SHP). Rumah yang sertifikatnya kurang lengkap pasti berharga miring. Misalnya rumah tersebut hanya dilengkapi akta jual beli (AJB) tanpa sertifikat hak milik (SHM) dan kamu mengurus untuk menaikan ketingkat sertifikat hak milik (SHM) bisanya lebih murah dibanding membeli tanah yang sudah lengkap surat suratnya dari developer rumah. Tapi kamu harus lebih dulu memastikan bahwa pengurusan surat-surat tersebut tidak susah dan bersengketa. Pastikan pemilik rumah itu tidak pindah ke luar kota, sehingga jika pengurusan surat membutuhkan kehadirannya dia gampang diundang untuk membantu pengesahan surat tanah.

Sabar Mencari

[caption id="attachment_13547" align="aligncenter" width="1800"]image via www.pexels.com image via www.pexels.com[/caption] Berburu rumah murah membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Karena rumah adalah investasi masa depan, maka dari itu kamu tak bisa buru-buru memutuskan akan membeli rumah A. Siapa tahu rumah B lebih murah dan fiturnya lebih komplit. Kamu patut bersyukur karena sekarang berada di generasi internet. Semua menjadi mudah berkat adanya jaringan global ini. Semua dapat kamu akses dan cari lewat internet, termasuk rumah yang sedang dijual di Jakarta. Kamu dapat mencarniya lewat situs jual beli rumah. Dalam situs jual beli rumah biasanya tersedia fitur-fitur untuk memudahkanmu mencari, seperti sendiri lokasi, harga, dan komposisi rumah yang diinginkan. Agar selalu mendapat update informasi harga rumah terkini, kamu dapat mendaftarkan e-mailmu ke situs tersebut. Dengan begitu, setiap hari kamu memantau lewat e-mail seputar rumah, termasuk tips dan trik membeli rumah. Selain dari situs jual beli rumah kamu dapat mencari di situs penjualan umum juga, kamu bisa mengecek mencari dengan keyword daerah yang mau kamu tempati. Kalau kamu beruntung biasanya ada penjual yang sedang butuh dana cepat dengan menjual murah rumah tersebut.