10 Aliran Modifikasi Sepeda Motor

13-07-2016 10:07:52 By Rasyid Hadi
img

Menjamurnya jumlah pengguna sepeda motor di kota kota besar khususnya Jakarta terus bertambah tiap tahunnya. Banyak orang yang memilih menggunakan sepedamotor sebagai sarana transportasi pribadi untuk kegiatan sehari hari. Jalanan macat dan penuh sesak terisi kendaraan bisa kamu siasati dengan menggunakan sepeda motor untuk melewati jalan jalan kecil agar menghemat waktu sampai ketujuan. Selain itu menggunakan sepedamootor dibanding dengan mobil pribadi dapat mengirit anggaran untuk mengisi BBM juga menjadi alasan utama para biker terus tumbuh di Jakarta. Tidak hanya untuk kebutuhan sehari hari, tetapi banyak pecinta kendaraan roda dua untuk hanya sebagai penghobi atau kolektor. Seiring pesatnya pertumbuhan para pecinta roda dua, banyak biker menciptakan karakter disetiap motor kesayangannya. Biasanya modifikasi terhadp motor dikarenakan rasa bosan dengan tampilan motor yang dianggapnya usang dan pasaran, sehingga para biker bebas berekspresi terhadap kendaraan hariannya maupun hanya untuk penghobi. Setiap generasi pasti memiliki ciri khas dan trend aliran modifikasi yang paling popular dan terkenal dimasanya. Sejumlah aliran modifikasi motor klasik hingga baru pun terjamah dengan berbagai modifikasi. Baik aliran modifikasi motor yang paling mentereng, off raod, motor balap, touring maupun antik pun ada. Berikut 10 aliran atau model modifikasi tersebut:

Modifikasi Chopper

[caption id="attachment_13520" align="alignnone" width="1800"]chooper image via www.wallpaperup.com chooper image via www.wallpaperup.com[/caption] Ciri-ciri yang mencolok dari aliran Chopper adalah garpu atau fork bagian depan yang lumayan panjang dibanding ukuran asli, sehingga untuk memodifnya dibutuhkan rangka khusus sesuai panjang fork dan kemiringannya. Demikian halnya dibagian lingkar atau ring ban depan sengaja dibuat besar dibanding ban bagian belakang. Setang yang di desain panjang dan tinggi menambah kesan maco dan gagah.

Modifikasi Bobber Style

[caption id="attachment_13528" align="aligncenter" width="1800"]boober image via www.wallpaperscraft.com boober image via www.wallpaperscraft.com[/caption] Bisa dibilang motor Bobber merupakan kakak dari Chopper karena dikenal lebih dulu dibanding Chopper. Tetapi, keduanya memiliki kemiripan pada penggunaan roda yang relatif lebih lebar, namun pada Boober bagian sasis masih mempergunakan standar dari pabrik tetapi memotong bagian spatbor bagian depan.

Aliran Flat Track

[caption id="attachment_13521" align="alignnone" width="1800"]flat track image via www.cdn.pinthiscars.com flat track image via www.cdn.pinthiscars.com[/caption] Model modifikasi berikutnya adalah flat track. Aliran ini berawal pada ajang balapan motor di track tanah. Yang membedakan aliran flat track dengan aliran lain adalah tangki kecil dan bagian belakang jok yang runcing.

Modifikasi Street Tracker

[caption id="attachment_13532" align="alignnone" width="1800"]street tracker image via www.pinterest.com street tracker image via www.pinterest.com[/caption] Buntut kecil dengan tangki yang juga mungil tampak seperti motor bergaya retro. Street tracker sebenarnya adalah percampuran motor tracker atau enduro dengan sepeda motor jalanan. Designnya mengingatkan kita akan motor trail versi lawas.

Modifikasi Japs Style

[caption id="attachment_13523" align="alignnone" width="1800"]japs style image via www.pinterest.com japs style image via www.pinterest.com[/caption] Jenis modifikasi Jap’s style mulai dikenal modifikator Indonesia di tahun 2000-an. Aliran ini sangat cocok diaplikasikan pada motor klasik seperti CB, GL 125 dan jenis motor lawas lainnya. Dengan menusung gaya klasik, penggunaan tangki bensin yang kecil dan ramping, jok tipis bertipe single seater dan ditambahi stang semi hanger serta penambahan lampu kecil baik bagian depan maupun belang Selain itu, rangka belakangnya terpangkas habis dengan penggunaan ban yang lebar, dan jarak antara ban depan dan belakang dibuat lebih panjang dari rangka membuatnya kian menggoda.

Modifikasi Cafe Racer

[caption id="attachment_13519" align="alignnone" width="1800"]cafe racer image via www.weareninetynine.co cafe racer image via www.weareninetynine.co[/caption] Dengan mengadopsi motor balap tempo dulu, modifikasi tipe ini dibagi menjadi dua model lagi yaitu modifikasi dengan menggunakan fairing (full atau half fairing) dan yang tidak menggunkan fairing.Detail dari alian ini terlihat dari bagian stang jepit, tangki yang di custom lebih ramping dan memanjang supaya lebih user friendly ketika dinaiki. Selain itu bagian jok yang dibuat low dengan bagian belakang motor dan melengkung ke belakang seperti buntut lebah.

Modifikasi Hotrod

[caption id="attachment_13522" align="alignnone" width="1800"]hot rod image via en.wikipedia.org hot rod image via en.wikipedia.org[/caption] Modifikasi Hotrod adalah jenis aliran modif motor dengan pakem yang biasa digunakan para muscle-car mania. Motor lawas dengan mesin kekar, dan biasanya diadu di drag race. Penampilan yang keren menjadi salah satu pertimbangan dalam memodif motor ini, jadi tidak heran banyak yang mengecat ulang dengan model dan warna cat yang terlihat gahar.

Street Fighter

[caption id="attachment_13524" align="alignnone" width="1800"]street fighter image via www.dfwmustangs.net street fighter image via www.dfwmustangs.net[/caption] Konon katanya, awal mula maraknya model modifikasi motor ini dari para pemuda Inggris yang mengalami kecelakaan dilintasan pertandingan yang mengakibatkan fairing motor mereka rusak, karena tidak mempunyai budget untuk menggantinya mereka malah melepas fairing tersebut. penelanjangan body yang menampilkan kegagahan sektor mesin motor dan stang kemudi model flat.

Modifikasi Trail

[caption id="attachment_13527" align="alignnone" width="1800"]trail image via www.tormoto.co.uk trail image via www.tormoto.co.uk[/caption] Bagi kamu yang hobi dengan tantangan mengendarai medan tanah bergelombang bahkan berlumpur, motor trail adalah jawabannya. Jenis modif trail untuk motor cross ini terkenal karena ketangguhannya melintasi medan berat berupa tanah dengan kontur yang sengaja dibuat naik turun nan terjal. Penganut aliran ini mengubah total rodanya. Ciri khasnya adalah suspensi yang panjang, ban model kembang tahu dengan ukuran ring besar, setang rata, knalpot undertail, dan ditambah modifikasi mesin untuk peningkatan torsi.

Modifikasi SuperMoto

[caption id="attachment_13526" align="alignnone" width="1800"]super moto image via en.wikipedia.org super moto image via en.wikipedia.org[/caption] Supermoto merupakan pilihan tepat jika sobat muda pecinta modif menginginkan motor konsep trail yang khusus untuk jalan beraspal. Sebab, aliran Super moto memiliki kesamaan dengan motor trail. Hanya saja ban yang digunakan lebih bersahabat dengan medan beraspal, bukan ban yang bermotif kembang tahu untuk tanah berlumpur. Ban dengan size 17 inc dan velg 3 inci untuk ban depan serta 3.5inch pada ban belakang.