The Variety of Bread

13-07-2016 06:07:40 By Marcha Nurliana
img

Roti sudah menjadi konsumsi sehari-hari yang dikenal masyarakat Indonesia. Berbagai jenis roti juga kini beredar di pasaran. Walau roti bukan berasal dari Indonesia, tapi ternyata roti cukup digemari oleh orang Indonesia. Bisa dilihat dari beredarnya dan berdirinya toko-toko roti di Indonesia, terutama di Jakarta. Roti juga merupakan bahan dasar dari makanan-makanan lainnya seperti pizza, burger, dan donut. Roti yang berbahan sederhana yaitu dasar tepung terigu dan air tentu saja memiliki jenis yang berbeda-beda di setiap negara asal di mana roti itu dibuat. Ini dia beberapa jenis roti dari seluruh dunia beserta manfaat yang bisa didapatkan saat mengonsumsi roti tersebut. JV_BREAD

French Bread

French Bread atau Baguette merupakan roti sepanjang setengah meter dan memiliki tekstur kulit yang keras. Jika dipotong, bagian dalam roti ini tidak akan terlalu keras seperti kulitnya dan roti ini juga memiliki lubang-lubang yang cukup besar. Biasanya, baguette disajikan bersamaan dengan makanan utama lain, seperti sup dan pasta. Roti yang terbuat dari tepung, air, ragi, dan garam ini memiliki banyak kandungan yang sehat. Kandungan seratnya yang tinggi dengan indeks glycemic dan lemaknya yang rendah membuat roti ini aman dikonsumsi penderita diabetes.

White Bread

JV_BREAD White bread atau roti putih merupakan roti yang terbuat dari tepung gandum yang terkadang diberi pemutih dengan Kalium Bromat dan Gas Klorin Dioksida. Kedua unsur tersebut ditambahkan untuk menghilangkan warna kuning yang ada di permukaan roti, sehingga akan membantu menyempurnakan proses pemanggangan. Hasilnya, roti putih bisa bertahan lebih lama dibandingkan roti-roti lain karena pemutih yang ditambahkan pada tepung gandum tersebut. Sayangnya, beberapa ahli kesehatan mengritik keberadaan roti putih ini karena dianggap kurang bernutrisi. Vitamin-vitamin yang ada di bulir gandum kebanyakan sudah hancur saat proses pemutihan roti. Selain itu, roti putih juga dianggap terlalu mudah untuk ditelan sehingga dapat membuat kadar gula darah menjadi mudah naik atau turun.

Roti Tawar

JV_BREAD Berbeda dengan roti putih, roti tawar sendiri merupakan roti yang paling umum beredar di Indonesia. Roti tawar terbuat dari tepung terigu dan memiliki kandungan vitamin B2, zat besi, dan zat baik lainnya. Roti ini berasal dari Skotlandia dan Irlandia dan sempat sangat populer di Amerika Serikat pada 1940-an . Kini, roti tawar merupakan roti favorit mayoritas masyarakat Indonesia.

Whole Grain Bread

JV_BREAD Whole grain bread atau roti gandum utuh merupakan roti yang memiliki kadar serat tinggi. Roti ini terkenal dengan kandungan karbohidratnya yang melebihi roti biasa, yaitu sekitar 12 gram karbohidrat per lembar roti gandum. Roti gandum juga memiliki kandungan glikemik yang rendah . Selain itu, roti gandum juga mengandung protein yang disebut gluten dan juga mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Untuk perkembangan otak, roti gandum juga memiliki omega 3 yang cukup tinggi.