Memulihkan Semangat Kerja Setelah Liburan Panjang Lebaran

11-07-2016 02:07:14 By Rasyid Hadi
img

Kembali masuk kerja setelah liburan panjang Lebaran terkadang bisa membuatmu tidak bersemangat dan malas-malasan untuk kembali menjalani rutinitas di kantor. Pikiran dan jiwamu mungkin masih tertinggal di kampung halaman, masih membayangkan asri dan tenangnya kehidupan perdesaan atau dengan nyamnannya rumah dengan segala makanan khas lebaran yang masih ada, tetapi besok jiwa dan ragamu sudah harus kembali menghadapi rutinitas kerja. Masuk kantor lagi, bertemu macet, mungkin bertemu bos yang cerewet serta kembali duduk di meja kantor sambil menghadap layar komputer dengan setumpuk kerjaan. Membayangkan hal-hal itu saja, rasanya sudah cukup berat. Namun, kamu harus melawan perasaan malas tersebut agar dapat bekerja seperti seharusnya. Nah, agar kamu tetap semangat bekerja pasca libur Lebaran, coba ikuti tips berikut:

Tidur Lebih Cepat

Kebiasaan tidur larut malam bahkan sampai pagi biasa menghatui kamu setelah liburan panjang. Apalagi setelah bulan puasa kemarin yang rutinitasnya harus bangun sebelum subuh untuk makan sahur, belum lagi bertepatan dengan pertandingan EURO kemarin yang di selenggarakan malam hari hingga dini hari yang membuatmu begadang. Kebiasaan tidur larut malam hanya akan berdampak buruk bagi kesehatanmu. Untuk mencegah rasa kantuk saat bekerja, kebiasaan tersebut harus dihilangkan, terutama setelah menghabiskan libur Lebaran. Paling tidak, berusahalah tidur lebih awal pada malam sebelum masuk kantor. Jangan lupa juga pasang alarm agar esok harinya tidak terlambat ke kantor.

Rapikan Segalanya

Bisa dimengerti jika saat mendekati liburan kemarin kamu jadi berantakan dan ingin buru-buru lepas dari urusan kantor. Setelah kamu kembali ke kantor, luangkan hari pertama untuk membereskan dan merapikan ulang kekacauan yang kamu tinggalkan. Rapikan mejamu, email, serta file-file yang bertebaran di desktop-mu. Unduh desktop wallpaper atau icon folder baru agar kamu lebih bersemangat menghadapi hari-hari kembali ke kantor.

Buatlah Agenda Kerja

Tinjau kembali hal-hal apa yang sempat tertunda di pekerjaan kamu dan prioritaskanlah hal tersebut hingga benar-benar selesai. Sebaiknya, hal ini sudah dipikirkan sejak masa liburan mulai akan berakhir. Tepatnya, pada hari terakhir liburan, usahakan jangan lagi ada kegiatan yang melelahkan seperti bepergian ke luar kota.

Berfikiran Positif

Jangan memikirkan pekerjaan sebagai beban, tapi jadikan pekerjaan kamu sebagai kesempatan yang baik untuk meningkatkan kemampuan diri.

Rencanakan liburan berikutnya

Kalau kamu sedih liburan telah berakhir, maka cara paling gampang adalah rencanakan liburan selanjutnya. Cari tempat berlibur yang ingin kamu kunjungi berikutnya, rencanakan perjalananmu, dan jangan lupa cari harga tiket serta akomodasi. Merencanakan liburan akan membuatmu semangat dan terpacu mengumpulkan dana untuk jalan-jalan.