Best Snorkeling Spot Around Jakarta

10-07-2016 09:07:17 By Marcha Nurliana
img

Sudah dikenal semua orang bahwa Indonesia memiliki potensi wisata bahari yang sangat memukau. Tidak heran karena Indonesia merupakan negara kepulauan terbanyak dan terbesar di dunia. Dari Aceh hingga Papua memiliki kehidupan bawah laut yang cantik. Ternyata, tidak perlu jauh-jauh pergi menjelajahi Indonesia bagian timur untuk menikmati pesona wisata bahari. Kawasan Jawa Barat dan sekitarnya juga ternyata punya berbagai spot untuk dinikmati bagi kamu pecinta alam bawah laut. Aktivitas di laut tidak terlepas dari snorkeling. Nah, di manakah tempat-tempat sekitar Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan snorkeling?

Pulau Sangiang

Pulau Sangiang merupakan pulau yang terletak di kawasan Banten, tepatnya di Selat Sunda. Untuk mencapai Pulau Sangiang, akses yang dapat ditempuh adalah menggunakan kapal dari Pelabuhan Paku, Anyer atau dermaga Mabak dekat Pelabuhan Merak dengan waktu tempuh 45 menit. Pulau ini dikenal dengan habitat karang lunaknya sedalam beberapa belas dari permukaan laut. Selain memiliki terumbu karang yang indah, di sini terdapat dua spot yang terkenal di Pulau Saingiang, yaitu Teluk Bajo dan Legun Waru. Pulau ini memiliki sisa bangunan benteng dan meriam Jepang sisa peninggalan PD II. Kedua objek tersebut wajib dikunjungi jika kamu merupakan seorang divers!

Pulau Semak Daun

Sesuai namanya, pulau yang terletak di gugusan Kepulauan Seribu ini memang hanya ditumbuhi oleh semak-semak dan pepohonan, belum ada penginapan yang memadai. Tetapi ternyata pulau ini menawarkan keindahan alam yang tidak terbatas. Mulai dari sunrise, sunset, pasir putih yang cantik, hingga keindahan alam bawah lautnya yang memukau.  Jika tidak memiliki banyak waktu luang, kamu bisa mengunjungi Pulau Semak Daun yang jaraknya tidak jauh dari Jakarta untuk melepas penat sejenak.

Pulau Peucang

Pulau Peucang merupakan salah satu bagian dari area konservasi Taman Nasional Ujung Kulon. Di pulau ini dapat ditemukan berbagai satwa menarik, seperti Rusa, Banteng Jawa, Merak Hijau, Lutung, Kijang, Babi Hutan, dan Biawak. Pasirnya yang putih dan air laut biru yang jernih membuat pulau ini cocok dijadikan tempat untuk short getaway, apalagi bagi kamu pecinta snorkeling karena pulau ini juga memiliki keindahan alam bawah laut yang cantik! Keindahan alam bawah laut dan terumbu karang cantik bisa kamu nikmati di beberapa spot yaitu Pulau Badul, Citerjun, dan Pulau Oar. Informasi lengkap mengenai Pulau Peucang bisa kamu lihat di sini.

Pulau Tunda

Pulau Tunda mungkin masih asing namanya bagi sebagian orang. Tapi ternyata pulau satu ini juga menawarkan pemandangan biota laut yang tidak kalah cantik dari pulau-pulau lainnya. Terletak di Banten, Pulau Tunda menawarkan banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan, seperti memancing, diving, lumba-lumba, pemandangan sunrise sekaligus sunset, dan tentu saja snorkeling. Pulau satu ini memang belum terlalu terekspos oleh wisatawan, sehingga pemandangannya pun masih sangat alami. Untuk mencapai Pulau Tunda, rute yang harus dilewati dari Jakarta adalah dengan mencapai Pintu Tol Serang Timur, kemudian melanjutkan perjalanan hingga ke dermaga kecil bernama "Karang Hantu". Dari dermaga ini akan tersedia kapal nelayan yang melayani rute ke Pulau Tunda.