Pola Makan Sehat Setelah Lebaran

08-07-2016 04:07:37 By Rasyid Hadi
img

Saat berpuasa sebenarnya kamu sudah melakukan pola makan yang rutin. Selain rutin, kamu juga mengisi nutrisi dari makanan dan minuman yang sehat untuk mengganti energi setelah seharian kamu berpuasa. Tetapi banyak orang yang lupa untuk menjaga pola makan yang sehat setelah Lebaran. Kebanyakan makanan yang tersaji saat Lebaran umumnya mengandung lemak dan kalori yang sangat tinggi. Opor ayam, rendang, sambal goreng ati dan ketupat sayur membaur dalam satu porsi. Banyaknya makanan enak yang tersaji saat lebaran menjadi topik “Balas dendam” yang pas disaat Lebaran. Biasanya kamu makan hingga berporsi-porsi untuk membalas setelah menahan hawa nafsu selama satu bulan lamanya berpuasa. Karena makanan berlemak memenuhi saluran pencernaan akan dapat menimbulkan beberapa resiko yang terjadi, yaitu meningkatnya beberapa penyakit seperti asam urat, kolesterol, gula darah maupun trigliserida. Kamu butuh penetralisir agar tubuhmu tetap pada shape dan kondisi terbaiknya dengan tips-tips berikut ini.

Mengatur kembali pola makan secara seimbang

Makanlah secara rutin, biasakan makan cukup tiga kali sehari dengan sarapan, makan siang, dan malam dengan jam-jam pasti. Selain rutin kamu juga harus mengontrol komposisi makanan dengan seimbang. kadar karbohidrat, protein, serat dan vitamin harus seimbang agar tubuhmu emndapat asupan yang sehat dan cukup.

Tetap rutin mengkonsumsi sayur dan buah

Sayur yang kaya akan serat dan buah yang kaya akan vitamin dapat membantu menjaga kestabilan tubuhmu. Serat berfungsi untuk membatu pencernaan, selain itu buah yang kaya akan air dan vitamin membuat daya tahan tubuhmu menjadi prima.

Mengkonsumsi banyak air putih

Banyaknya meminum air putih perhari akan membuat segar tubuhmu. Cairan dan mineral yang di porsir dari air putih dapat mengganti terkurasnya cairan yang habis saat kamu beraktivitas sehari hari. Setelah berpuasa kamu akan menghadapi kesibukan seperti biasa, maka dari itu jangan sampai kamu kurang meminum air putih.

Ditambah multivitamin

Untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu optimal, kamu bisa mengkonsumsi berbagai multivitamin agar daya tahan tubuhmu selalu prima. Perubahan cuaca yang tidak pasti membuat kamu harus terus menjaga kondisi tubuhmu.

Berolah raga secara rutin dan Istirahat yang cukup

Setelah kamu bisa melakukan pola makan sehat seperti yang dianjurkan diatas, maka kamu juga harus berolah-raga secara rutin karena dapat menjaga kebugaran tubuhmu, selain itu juga dapat meregangkan otot otot dan memperlancar aliran darah di tubuhmu. kamu dapat melakukan pemanasan ringan seperti pushup, situp, dan juga dapat lari pagi sebelum kamu beraktifitas. berolah raga secara rutin juga berkaitan dengan pola istirahatmu. Istirahat yang cukup dapat menyegarkan dan mengembalikan kebugaran tubuh. setidaknya seorang manusia wajarnya tidur selama 8 jam per hari. jika kamu menjalankan olahraga rutin, istirahat yang cukup, dan juga ditunjang oleh pola makan yang sehat, niscahya jasmanimu akat teatap kuat dan pencernaanmu akan lancar.