Kost vs Apartemen

05-07-2016 04:07:26 By Rasyid Hadi
img

Jakarta adalah Ibu Kota dari Indonesia. Kota ini merupakan pusat dari pemerintahan sekaligus perekonomian di Nusantara. Hal itu menjadikan Jakarta mendapat gelar kota metropolis, yaitu kota yang paling maju pembangunan di segala bidang. Karena statusnya itu, kota ini hidup 24 jam seakan tak pernah tidur. Selain metropolis kota ini juga bisa disebut “Mini Indonesia”, karena di Jakarta sendiri memiliki penduduk yang berisikan perantau yang datang dari seluruh suku dan daerah di Nusantara. Banyaknya ladang pekerjaan dan peluang di Jakarta, menjadikan kota ini sebagai pusat magnet bagi para imigran baik luar kota, maupun luar negeri untuk mencari peruntungan. Melonjaknya penduduk Jakarta pada tiap tahunnya menjadikan lahan huni di Jakarta menjadi semakin sedikit dan mahal. Hal itu menjadi pemicu menjamurnya bisnins tempat tinggal. Biasanya bisnis ini terletak di dekat perkantoran, pabrik, tempat pariwisata, dan juga di dekat kampus. bisnis tempat tinggal ini bisa berupa kost-kostan hingga apartemen. Kali ini JakartaVenue akan mengupas lebih dalam tentang kostan dan Apartemen sebagai bahan pertimbangan kamu untuk mencocokan dan menentukan sebaiknya dimana kamu menetap dan tinggal. Untuk yang pertama kita akan membahas Kost atau indekost. kost-kostan merupakan sebuah jasa yang menawarkan sebuah kamar atau tempat untuk ditinggali dengan sejumlah pembayaran tertentu untuk setiap periode tertentu (umumnya pembayaran per bulan). Kata "kost" sebenarnya adalah turunan dari frasa bahasa Belanda "In de kost". Definisi "In de kost" sebenarnya adalah "makan di dalam" namun bila frasa tersebut dijabarkan lebih lanjut dapat pula berarti "tinggal dan ikut makan" di dalam rumah tempat menumpang tinggal. (Wikipedia) Jika kamu ingin mencoba tinggal di kostan kamu akan mendapatkan beberapa point positif, dantaranya:

Harga dan fasilitas lebih beragam

kost-kostan memiliki range harga dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah perbulannya, tergantung dengan fasilitas yang ada di dalamnya. Dari yang hanya ruangan petakan kecil dan kosong, sampai dengan fasilitas seperti hotel pun tersedia. Untuk kamu yang mempunyai budget lebih kamu bisa mencoba kost-kostan mewah dengan fasilitas lengkap seperti kamar AC, kamar mandi dalam dengan pemanas air, hingga fasilitas dapur dan kolam renang pun bisa kamu dapat. Untuk kamu yang hanya ingin mendapat fasilitas kamar dan mempunyai budget cukup murah kamu dapat mengambil pilihan untuk menjadi anak kost.

Lebih Private

karena rata rata tiap kostan hanya bisa disewakan maksimal 2 orang perkamarnya, maka kost-kostan menjadi pilihan yang pas untukmu yang lebih suka menjaga privacy dengan tinggal sendiri atau hanya berdua. Dan juga rata-rata dalam satu rumah kost hanya mempunyai maksimal 20 kamar. Dibanding apartemen yang mempunyai puluhan bahkan ratusan kamar, tinggal indekost dapat memudahkan kamu menjaga privacy dirimu dan lingkunganmu.

Bisa Membayar Bulanan

Kost-kostan biasanya menarik uang sewa tiap bulannya, hal ini memudahkan kamu yang memiliki penghasilan perbulan yang tidak terlalu besar untuk mencicil pembayarannya.

Mudah Bersosialisasi

karena keterbatasan kamar dalam satu rumah kost-kostan, maka akan dapat memudahkanmu untuk bersosialisasi dengan penghuni lainnya. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk tinggal di kostan? Tunggu dulu, kamu juga harus mengetahui point-point positif dari apartemen sebelum memutuskannya. berikut adalah penjabaran dari Apartemen. Apartemen, flat atau rumah pangsa merupakan sebuah model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari suatu bangunan. Suatu gedung apartemen dapat memiliki puluhan bahkan ratusan unit apartemen. Istilah apartemen digunakan secara luas di Amerika Utara, sementara istilah flat digunakan di Britania Raya dan negara-negara persemakmuran. Jumlah apartemen di Indonesia terus naik di Indonesia. Pada 2013 ada 15,068 apartemen baru di Jakarta, 2014 ada 20,889 dan 2015 ada 24,854 apartemen baru di Jakarta. (Wikipedia) Jika kamu ingin mencoba tinggal di apartement kamu akan mendapatkan beberapa point positif, dantaranya:

Fasilitas Lengkap

Salah satu keunggulan yang paling menonjol dari Apartemen adalah fasilitasnya yang sangat kumplit. Mulai dari fasilitas kamar yang cukup mewah, hingga fasilitas umum seperti lift, kolam renang, sampai mini market dan gym pun bisa tersedia di lingkungan apartemen.

Tidak Mati Lampu

Apartemen pasti memiliki fasilitas genset, karena itu kamu tidak perlu khawatir jikalau ada pemadaman listrik dari PLN, sehingga kamu tidak perlu takut jika harus mengerjakan tugas saat malam hari ketika lampu padam. Walaupun biasanya hanya lampu dan fasilitas darurat saja yang akan menyala saat genset aktif.

Bisa Disewa Lebih dari 2 Orang

walaupun biasanya harga sewa sebuah apartemen bisa 2 kalilipat hingga 3 kalilipat dari harga kostan kamu tidak pelu khawatir, karena dalam suatu apartemen kamu bisa tinggal bersama 2 hingga 3 orang sekaligus. Harga sewa yang tadinya mahal dapat di redam dengan berpatungan bersama.

Akses yang Mudah

Kebanyakan apartemen tidak berada jauh dari pusat kota, sehingga kamu dapat mudah mengakses seluruh kota. Selain itu dibawah apartemen pasti bayank kios-kios jualan makanan, salon, hingga mini market, sehingga kamu tidak perlu repot keluar komplek apartemen untuk berbelanja harian. bagaimana? apakah kamu sudah memutuskan untuk tinggal dimana? semoga thread ini dapat membantumu untuk memutuskan lebih cocok tinggal di kostan atau apartemen.