Tips Mengatasi Pekerjaan Rumah Tangga Sendiri

02-07-2016 11:07:46 By Marcha Nurliana
img

Sudah menjadi peraturan umum bahwa setiap lebaran tiba, segala kegiatan instansi dan organisasi akan dihentikan sementara. Sebagian besar pekerja kantoran akan mendapat jatah libur di hari raya untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Termasuk jika kamu merupakan salah satu orang yang menggunakan jasa pelayan pribadi di rumah. Biasanya saat Idul Fitri tiba, kita dan keluarga di rumah akan dituntut untuk melakukan segala pekerjaan rumah secara mandiri karena pelayan pribadi di rumah yang pulang ke kampung halaman selama lebaran tiba. Hal ini akan menyulitkan bagi orang yang terbiasa menggunakan pelayan pribadi di rumah. Mengantipasi kerepotan yang akan melanda di tengah-tengah libur lebaran, biasanya menyewa tenaga kerja infal atau harian dengan biaya yang mahal akan menjadi salah satu alternatifnya. Sebetulnya, mengeluarkan biaya tambahan hanya untuk menyewa tenaga kerja harian di rumah tidak perlu lakukan. Segala pekerjaan rumah itu bisa kamu lakukan asal kamu pintar melakukan manajemen waktu dan pekerjaan rumah tangga itu sendiri. Bagaimana caranya?

Cicil Pekerjaan

Hal yang membuat pekerjaan rumah seolah-olah menumpuk adalah ketika kamu membiasakan diri untuk menunda mengerjakan pekerjaan rumah itu sendiri. Biasakanlah untuk selalu mengerjakan hal-hal kecil yang bisa dikerjakan, misalnya mencuci piring setelah makan. Jika hanya meletakkan piring dan gelas kotor di atas wastafel pencucian piring, hal yang akan terjadi adalah terjadinya penumpukan yang kemudian akan membuat pekerjaan seolah-olah menjadi banyak. Padahal, untuk mencuci sebuah piring dan gelas hanya akan membutuhkan waktu sekitar tiga menit.

Membuat Tabel Kerja

Satu rumah biasanya akan dihuni lebih dari satu orang. Jadi, tidak ada salahnya membuat tabel pembagian pekerjaan dengan anggota keluarga lainnya. Kamu bisa membagi pekerjaan sesuai dengan kapasitas masing-masing anggota keluarga. Misalnya, jika hari ini kamu akan mendapat jatah mencuci pakaian, kamu bisa mengajak adik kecilmu untuk membantu merapihkan kamar dan benda-benda kecil yang berserakan.

Keep it Tidy

Untuk meminimalisir pekerjaan rumah, setidaknya hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak menambah pekerjaan itu sendiri. Usahakan untuk selalu mengembalikan barang-barang yang kamu gunakan kembali kepada tempatnya. Setelah selesai membaca buku, misalnya, jangan lupa untuk mengembalikan buku tersebut ke dalam rak buku asalnya. Kebiasaan ini akan membuat rumah menjadi selalu rapi karena barang-barang yang ditata secara teratur.

Motivasi

Melakukan pekerjaan rumah dan lainnya memang sulit dilakukan, terutama untuk masalah kebersihan dan menyeterika pakaian. Tetapi, mau tidak mau hal itu harus dilakukan ketika tidak ada pelayan rumah tangga di rumah. Malas bisa selalu datang, tetapi kamu pun bisa mencari motivasi untuk menghilangkan rasa malas tersebut. Anggap saja dengan melakukan pekerjaan rumah, otomatis kamu akan banyak bergerak dan akan membuat tubuhmu berkeringat. Kegiatan membersihkan rumah bisa membantumu untuk membakar kalori di tubuh. Menyenangkan bukan jika membandingkan kamu harus lari setiap pagi?