Pemeliharaan Reusable Grocery Bag, Pentingkah?

01-07-2016 12:07:50 By Marcha Nurliana
img

Gerakan “Diet Kantong Plastik” yang didukung pemerintah dengan menerapkan peraturan kantong plastik berbayar ternyata menuai banyak kritik . Aturan tersebut tidak lain adalah penerapan pembayaran Rp200 per plastik bagi konsumen yang menggunakan plastik dari supermarket maupun minimarket. Banyak yang mengeluarkan pendapat positif mengenai penerapan aturan tersebut. Tapi, tidak sedikit juga yang menganggap aturan tersebut kurang efektif karena tidak disediakannya objek pengganti kantong plastik yang mudah didapatkan masyarakat. Selain itu, harga Rp200 juga dianggap terlalu murah untuk membayar satu kantong plastik.

Pergeseran Gaya Hidup

Terlepas dari pro dan kontra terkait penerapan aturan kantong plastik berbayar, aturan ini ternyata juga membuat perubahan gaya hidup bagi sebagian orang. Kini, sebagian masyarakat sadar perlunya membeli reusable grocery bag sebagai pengganti kantong plastik. Fungsinya sama seperti kantong plastik, yaitu untuk mengemas barang-barang belanjaan yang dibeli di pasar swalayan. Bahkan, beberapa wirausahawan juga memproduksi reusable grocery bag yang bisa dimasukkan ke dalam trolley untuk memudahkan penggunanya dalam mengemas barang-barang belanjaan. Biasanya, kita akan menyimpan plastik agar bisa digunakan kembali sebagai alat tempat sampah atau hal lain. Pada akhirnya, kantong plastik dari swalayan akan kita buang sehingga kita tidak perlu memerhatikan kebersihan dan higienisasi dari kantong plastik tersebut. Reusable Grocery Bag Berbeda ceritanya dengan penggunaan reusable grocery bag yang memang dikhususkan untuk digunakan berkali-kali. Memerhatikan kebersihan tas belanja merupakan hal yang penting karena tas belanja akan digunakan untuk mengemas barang-barang dari swalayan, termasuk makanan yang akan kita konsumsi. Jika grocery bag yang digunakan tidak higienis, otomatis makanan yang dikonsumsi juga tidak akan kotor.

Pemeliharaan Grocery Bag

Maka dari itu, perlu kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan reusable grocery bag dengan melakukan berbagai treatment. Biasakan untuk selalu memisahkan kantong belanja yang digunakan untuk barang basah dan kering, misalnya daging segar dan sayuran. Hal ini akan mengantisipasi penyebaran bakteri dan virus yang mungkin tersebar melalui belanjaan yang bersifat basah. Kemudian, jangan lupa untuk selalu mencuci kantong belanja secara berkala. Rendam kantong belanja di dalam air panas selama kurang lebih 30 menit menggunakan deterjen, kemudian sikat secukupnya dan bilas hingga bersih. Jemur di bawah terik matahari agar tidak lembab dan menyebabkan sarang kuman. Pencucian ini sebaiknya dilakukan setiap kali usai penggunaan grocery bag. Jika kantong belanja sedang tidak digunakan, simpan di tempat yang kering dengan tempratur suhu ruangan. Pergeseran kebiasaan masyarakat yang tadinya menggunakan plastik dan kini menggunakan useable grocery bag juga harus disesuaikan dengan kebiasaan treatment kebersihan grocery bag itu sendiri. Maka dari itu, sadarilah pentingnya untuk tetap menjaga kebersihan dari useable grocery bag yang digunakan sejak dini.