Merawat Atribut Berbahan Suede

29-06-2016 03:06:29 By Rasyid Hadi
img

Banyak orang yang tidak tahu apa itu bahan suede, padahal bahan yang satu ini banyak dipakai untuk menjadi bahan untuk membuat sepatu, jaket atau tas. Bahan yang elegan ini sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Perancis "Gants de Suède", yang artinya "sarung tangan Swedia" (Wikipedia). Suede sendiri pertamakali dikenalkan dari Swedia ntuk menjadi bahan sarung tangan, lalu dari sana diperkenalkan ke prancis lalu tersebar ke seluruh dunia. Suede adalah salah satu bagian dari kulit (leather) yang berasal dari kulit sapi, kambing, domba dan kerbau. Sebenarnya kulit dapat di dipisahkan menjadi tiga lapisan atau lebih. Lapisana lapisan kulit itu terdiri dari “grain split” atau permukaan luar kulit, “flesh split” atau permukaan dalam kulit dan bagian tengah kulit. Umumnya kualitas suede yang baik berasal dari “flesh split”. Kulit bagian dalam yang paling dekat dengan daging memiliki tekstur yang tipis,halus dan lembut. Banyak orang mengira bahan “bludru” dan “suede” adalah hal yang sama karena memiliki tekstur yang hampir sama, padahal berbeda. Karena teksturnya yang seperti itu, membuat suede lebih rentan terhadap kerusakan dari air dan noda. Untuk kamu yang tidak ingin sepatumu cepat kotor atau rusak, kamu bisa menyemprotkan Suede Protector untuk menjaga sepatu suede-mu agar tetap terlihat elegan walaupun dipakai untuk harian. Semprotkan merata pada sepatu kamu agar sepatumu terlindung dari debu dan kotoran dan juga cuaca ekstrim. Kamu bisa membeli Suede Protector seperti KIWI suede protector, Scotchgard™ Leather Protector for Suede and Nubuck, dan R.M Wiliams Suede Protector di toko-toko sepatu atau supermarket. Jika sepatu suede–mu sudah terlihat kotor, kamu tidak dapat mencucinya dengan air dan menyikatnya langsung seperti kamu biasa membersihkan sepatu berbahan kanvas. Berikut adalah alat-alat untuk membersihkan bahan suede dari JakartaVenue agar tidak rusak , diantaranya:

Karet Penghapus

[caption id="attachment_13270" align="alignnone" width="1800"]image via fleurstudio.com image via fleurstudio.com[/caption] Jika bahan suede terkena noda debu yang menempel, kamu dapat membersihkannya dengan karet penghapus. Gosok secara merata dan searah tapi ingat karena bahan yang satu ini cukup sensitif kamu jangan memberi tekanan atau gosokan terlalu kuat. Cara ini yang biasa digunakan untuk membersihkan noda-noda yang ringan atau baru dengan sekala kecil.

Suede Brush Sponge

[caption id="attachment_13269" align="alignnone" width="1800"]www.johnstonmurphy.com image via www.johnstonmurphy.com[/caption] Jika bahan suede-mu terkena banyak noda dari debu atau kotoran, untuk lebih efektifnya kamu dapat menggunakan Brush Sponge khusus suede untuk membarsihkannya. dengan menggosok Brush Sponge khusus kamu dapat mengangkat kotoran yang terlanjut meresap kepermukaan suede dan tetap menjaga bulu-bulu suede agar tetap halus dan tetap kering karena kelembutan dari sikat ini.

Penyedot Debu

[caption id="attachment_13268" align="alignnone" width="1800"]image via www.therange.co.uk image via www.therange.co.uk[/caption] jika hanya noda debu dan kotoran ringan saja dan kamu tidak ingin repot, kamu dapat menggunakan penyedot debu atau vacum cleener untuk menghiasp kotoran yang membandel. Seperti layaknya kita sedang membersihkan karpet rumah, kamu tinggal mengelililingi dan mengulang untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel di jaket atau sepatumu.

Suede Cleaner

Jika sepatumu terkena kotoran yang cukup sulit untuk dibersihkan dengan hanya sikat kusus, atau dengan vacum cleener, kamu bisa dengan mengkombinasi Suede Cleaner dan menggosoknya dengan sikat khusus suede. Semprotkan Suede Cleaner pada titik titik noda setelah itu kamu bisa menggosoknya dengan perlahan sampai noda di sepatumu hilang. kamu bisa mencontohnya dengan melihat video dibawah ini https://www.youtube.com/watch?v=SrjdcRRmlp0

Suede Colour Restoration Sprayer

[caption id="attachment_13267" align="alignnone" width="1800"]image via www.ebay.co.uk image via www.ebay.co.uk[/caption] Untuk suede yang warnanya sudah kusam dan memudar, sekarang kamu dapat mewarnai kembali sepatumu dengan Colour Restoration Sprayer agar terlihat cantik dan segar kembali. Untuk cara memakainya kamu tinggal menyemprotkannya secara merata hingga warna sepatumu kembali merata. Kamu yang menyukai lembut dan elegannya bahan suede,  sudah tidak perlu khawatir lagi untuk membeli dan memakainya bukan? Sepatu jaket, atau tas berbahan suede akan terus terlihat cantik dan tetap terjaga apabila kamu mengikuti tips-tips diatas. Jika kamu ingin sepatu berbahan suede-mu tetap tetap dengan shape terbaiknya dan kelembapannya tetap terjaga, kamu dapat menggunakan shoe shaper dan menaruh silica gel di dalamnya.