Menjaga Tubuh Tetap Fit di Kantor

28-06-2016 04:06:10 By Marcha Nurliana
img

Pekerjaan dan karir merupakan dua hal yang tidak bisa dilepaskan dari orang yang memasuki usia dewasa muda. Tapi terkadang, pekerjaan membuat seseorang lupa akan hal-hal penting lainnya, misalnya saja olahraga. Pekerjaan yang seringkali menyita waktu di hari kerja membuat seseorang tidak punya, bahkan lupa untuk melakukan olahraga. Padahal, berolahraga merupakan salah satu cara agar tubuh bisa tetap berfungsi secara maksimal saat bekerja di siang hari. Jika olahraga tidak dilakukan dengan rutin, hal ini bisa berakibat tubuh seseorang mengalami penurunan performa, yang kemudian membuat kebugaran juga ikut menurun. Saat sedang di kantor, sering kali kita merasa tidak fit alias tidak bugar, terutama saat siang menjelang sore hari. Tubuh dirasa sering lemas walau tidak melakukan aktivitas berat apa pun. Walau terkesan aneh, sebetulnya fenomena ini merupakan hal yang wajar bagi sebagian besar pekerja kantoran. Nah, bagaimana caranya agar tetap bugar saat bekerja di kantor?

Sarapan

Petuah yang mengatakan bahwa sarapan merupakan hal yang sangat penting ternyata masih terbukti kebenarannya hingga saat ini. Sarapan bergizi yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat terbukti bisa membuat tubuh terus memiliki asupan energi untuk sepanjang hari. Selalu sarapan di pagi hari juga terbukti jauh lebih baik ketimbang menggantinya dengan makan siang dengan porsi yang besar. Jadi apa pun situasinya, usahakan untuk tetap sarapan agar tubuh tidak merasa kelelahan di siang hari.

Banyak Bergerak

Duduk terlalu lama merupakan salah satu penyebab utama tubuh merasa kelelahan karena terhambatnya metabolisme tubuh. Berjalan-jalan setiap saat tentu saja tidak mungkin dilakukan jika kamu merupakan seorang pekerja kantoran. Alternatif yang bisa dilakukan adalah setidaknya berdiri setiap 30 menit sekali. Sambil berdiri, kamu juga bisa melakukan sedikit stretching untuk merenggangkan otot-otot pada tubuh. Saat istirahat, kamu juga bisa berjalan-jalan di area terbuka (outdoor) minimal selama 20 menit untuk merefresh pikiran dan raga.

Lakukan Olahraga Kecil-kecilan

Jika tidak sempat  melakukan olahraga berat sebelum atau sesudah jam kantor, kamu perlu menyiasatinya dengan melakukan olahraga kecil-kecilan di sela-sela jam kantor. Olahraga ini tentu saja tidak memerlukan persiapan yang rumit serta waktu yang banyak. Beberapa olahraga kecil yang bisa kamu lakukan di kantor dapat kamu lihat di sini.

Minum Air Putih

Banyaknya pekerjaan di kantor bisa membuat tubuhmu kekurangan cairan. Jika hal ini terjadi, tingkat konsentrasi pun akan semakin menurun yang berakibat pada penurunan kinerja otak. Tidak akan menyenangkan bukan jika kamu memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan satu pekerjaan? Ada baiknya kamu membawa botol minum dan minum air putih sampai delapan gelas per harinya untuk meningkatkan kinerjamu dan menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh.

Menata Tanaman Hijau di Kantor

Ada penelitian yang mengatakan bahwa tanaman hijau di kantor bisa membuat para pekerjanya menjadi lebih kreatif dan memiliki kinerja yang lebih baik. Menyenangkan bukan? Tapi jika tidak ada tanaman hijau di kantormu, kamu bisa berinisiatif membawa tanaman dalam satu pot kecil untuk diletakkan di meja kerjamu. Beberapa tips untuk menata ruang kantor supaya lebih hidup dan natural bisa kamu baca di sini.

Makan Snack Sehat

Salah satu kebiasaan buruk pekerja kantoran adalah seringkali makan cemilan tidak sehat. Tapi seiring berkembangnya zaman, semakin banyak pula snacks sehat yang kini beredar di pasaran. Cobalah ubah pola asupanmu dari hal kecil, yaitu mengganti snack-snack tidak sehat dengan snack-snack sehat yang tidak mengandung MSG. Ada juga snack yang terbuat dari oats yang bisa jadi alternatif makanan ringan di sela-sela pekerjaanmu.