Benda-benda yang Wajib Dibawa Saat Mudik

23-06-2016 10:06:17 By Marcha Nurliana
img

Tidak terasa puasa yang dijalankan tahun ini sudah mencapai lebih dari setengahnya. Artinya, waktunya untuk mudik alias pulang kampung juga semakin dekat. Berbagai persiapan tentu dilakukan jelang perjalanan mudik. Mulai dari reservasi tiket, melakukan check and recheck kendaraan, hingga buah tangan yang akan diberikan ke sanak saudara di kampung halaman. Destinasi wilayah mudik bagi setiap masyarakat juga bermacam-macam. Ada yang hanya berkenala di kawasan Jawa Barat, tapi ada juga yang mudik hingga menyebrangi pulau ke bagian timur nusantara. Armada yang digunakan tentu juga beragam, mulai dari pesawat, kapal, atau bahkan kendaraan roda empat dan dua. Terlepas dari itu semua, tentu saja mudik memerlukan persiapan yang matang. Persiapan dilakukan karena mudik merupakan sebuah perjalanan panjang yang memiliki potensi kejadian-kejadian tak terduga di tengah-tengah prosesnya. Salah satu bagian dari persiapan matang adalah membawa hal-hal penting yang akan sangat berguna saat mudik berlangsung. Apa saja?

Audio Jack Splitter

JV_MUDIK Mudik biasanya tidak dilakukan sendiri, tapi ramai-ramai bersama keluarga. Ada kalanya ketika kamu bosan, kamu akan memilih untuk mendengarkan lagu melalui iPod atau MP3 player sejenis. Tapi, pernah kan mengalami kejadian ketika orang di sebelahmu juga ingin mendengarkan musik? Akibatnya, kamu pun harus berbagi earphone dengannya. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi bagi sebagian lainnya, hal ini dapat mengurangi kenyamanan mereka. Bagaimana mengatasinya? Kamu bisa membawa audio jack splitter yang bisa membuat dua earphone digunakan pada satu music player sekaligus! Dengan adanya alat ini, kamu bisa berbagi kesenangan dengan saudaramu tanpa harus mengurangi kenyamanan. Tapi ingat ya, untuk menggunakan audio jack splitter, orang sebelahmu juga harus membawa earphone agar dapat dihubungkan dengan audio jack splitter itu.

Travel Pillow

Travel pillow alias bantal leher merupakan hal yang sangat penting dibawa untuk kenyamanan selama perjalanan mudik, terutama jika kamu akan melakukan perjalanan yang memakan waktu cukup lama, naik mobil misalnya. Karena waktunya cukup lama dan aktivitas yang bisa dilakukan terbatas, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah tidur. Bantal leher dibawa untuk mencegah sakitnya leher setelah tidur selama perjalanan mudik karena tidur dalam posisi duduk bukan merupakan posisi tidur yang tepat. Tidak mungkin bukan membawa bantal besar dalam kapasitas kendaraan yang terbatas? Nah, semakin banyak persiapan untuk kenyamanan yang kamu lakukan, semakin menyenangkan pula perjalanan mudikmu!

Emergency Charger

JV_MUDIK Selain mengobrol dengan keluarga, gadget merupakan salah satu alat untuk mengatasi kebosanan ketika menempuh perjalanan panjang. Apa lagi di era modern ini, hidup tanpa gadget dirasa sangat berat. Selain untuk berkomunikasi, gadget juga digunakan untuk bermain game saat kebosanan melanda. Tapi sayangnya, baterai gadget memiliki keterbatasan kapasitas kekuatan, sehingga kita juga harus melakukan tindakan antisipasif untuk mencegah matinya gadget kita saat dibutuhkan di tengah-tengah perjalanan mudik. Membawa emergency charger seperti power bank atau charger untuk mobil merupakan hal yang sangat penting. Tapi ingat, karena sifatnya darurat, ada baiknya kamu tidak menggunakan gadget sama sekali saat sedang diisi baterainya oleh pengisi baterai darurat karena bisa menimbulkan kerusakan di jangka panjang.

Obat-obatan

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Tetapi bukan berati tindakan mengobati tidak perlu dilakukan sama sekali. Bawalah beberapa obat-obatan sederhana seperti betadine, kapas, paracetamol, dan obat flu sebagai tindakan pertama yang bisa dilakukan jika ada salah satu anggota keluarga yang sakit. Membawa obat maag dan anti mual juga bisa kamu lakukan mengingat kemungkinan pola makan tidak teratur akan tinggi.

Snacks!

JV_MUDIK Berbagi tidak ada salahnya bukan? Salah satu kesempatan di mana kamu bisa lebih akrab dan lebih banyak berinteraksi dengan keluargamu adalah ketika melakukan perjalanan mudik. Memanfaatkan kesempatan ini, tidak ada salahnya jika kamu membawa bermacam-macam makanan ringan untuk dimakan bersama-sama sambil menikmati perjalanan. Tapi, usahakan untuk tidak membawa makanan yang terlalu banyak mengandung MSG. Sebaiknya kamu membawa makanan yang terbuat dari bahan alami, seperti snack yang terbuat dari oats yang bisa kamu beli di supermarket terdekat. Hal kecil ini penting kamu perhatikan karena travel buddy kamu kali ini bukanlah kelompok dengan umur yang sama, sehingga kamu juga perlu memahami asupan makanan yang mereka makan, nenek misalnya. Buah-buahan juga bisa kamu jadikan sebagai snack, loh!