Kegiatan Ngabuburit Asik yang Buat Puasa Kamu Tidak Terasa

15-06-2016 04:06:13 By Rasyid Hadi
img

Puasa adalah tentang menguji kesabaran diri dari hawa nafsu ,lapar, dan juga haus. Bukanlah sesuatu yang mudah menjalankan puasa, harus ada kesabaran ekstra untuk menjalaninnya. Waktu berbuka puasa merupakan hal yang paling ditunggu setelah seharian menahan diri dan bersabar. Kegiatan harian mungkin akan menyita kamu untuk urusan kantor ataupun sekolah, tetapi puasa akan terasa sangat terasa lama jika kamu kamu sedang tidak beraktifitas. Bisa saja kamu tidur untuk mengisi kegiatan kosongmu, tapi tidur bukan cara yang asik untuk kamu ngabuburit. Ngabuburit sendiri adalah istilah yang berasal asli dari bahasa Sunda, yaitu “burit“ yang berarti waktu menjelang sore hari. Jadi ngabuburit yang biasa identik dengan bulan Ramadan ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang ketika menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang Adzan Maghrib datang, atau menunggu berbuka puasa. Berikut adalah beberapa kegiatan ngabuburit yang asik.

Memasak

[caption id="attachment_12896" align="alignnone" width="1800"]masakJV image via pixabay.com[/caption] Memasak adalah rekomendasi ngabuburit pertama untuk kamu. Memasak untuk hidangan buka puasa merupakan kegiatan mengasyikan untuk menunggu bedug buka puasa. Biasanya memasak adalah kegiatan untuk para wanita, khususnya untuk seorang ibu yang menunggu suaminya atau keluarganya pulang ke rumah untuk berbuka bersama. Selain bisa mengasah keterampilan memasak, kamu juga bisa membuat menu baru untu berbuka tiap harinya agar lebih variatif. Memasak akan sangat mengasyikan, apalagi jika kamu meniatkan memasak untuk seseorang yang spesial seperti keluargamu. Ajaklah beberapa teman untuk masak bersama, mencoba menu baru, atau membuat kue-kue untuk lebaran. Pasti waktu menunggu buka puasa terasa cepat dan kamu akan merasa senang karena ngabuburitmu menyenangkan.

Berolahraga

[caption id="attachment_12894" align="alignnone" width="1800"]workoutJV image via pixabay.com[/caption] Oke, ngabuburit kedua untukmu adalah olahraga, karena kamu sedang menjalani ibadah puasa maka kamu disarankan berolahraga yang ringan saja, seperti jalan santai keliling taman, atau bersepeda keliling komplek rumahmu. Atau bisa sedikit melakukan push up, sit up ataupun juga pull up. Ingat batas tubuhmu. Kamu bisa kekurangan cairan dalam tubuh jika kamu terlalu memaksakan. Selain menyenangkan, berolahraga juga dapat menyehatkan dan menjaga keburan tubuhmu

Jalan-Jalan

[caption id="attachment_12898" align="alignnone" width="1800"]jalanmuseumJV image via pixabay.com[/caption] Kamu bisa mengajak teman-teman mu, ataupun juga bisa mengajak keluargamu untuk bersama-sama jalan keluar. Kamu bisa ke tempat faforitmu, atau kamu bisa juga ke restoran favoritmu sekalian berbuka puasa diluar, atau hanya ingin melihat tempat yang menjual banyak jajanan atau takjil, sehingga kamu juga bisa mencoba membuatnya di rumah sendiri. Tidak hanya itu kamu juga bisa bisa pergi keluar untuk mengikuti acara, atau pameran atau keliling museum sambil menunggu waktunya berbuka puasa tiba, jalan-jalan ke mall melihat melihat list belanja untuk Lebaran juga bisa mengisi waktu ngabuburitmu. Atau hanya ingin menikmati suasana sore hari di luar rumah.

Menonton

[caption id="attachment_12892" align="alignnone" width="1800"]nonton JV image via pixabay.com[/caption] Menonton akan membius kamu dalam menunggu buka puasa. Entah kamu bisa menonton film faforitmu, baik di TV, DVD, Atau kamu bisa pergi ke bioskop. Marathon menonton film-film bagus yang belum kamu tonton sebelumnya pasti sangat mengasyikan dan bisa menjadi pilihan ngabuburit yang pas. Tidak hanya kamu bisa berhemat karena nonton di rumah, kamu juga tidak banyak membuang energimu untuk ke luar rumah.

Bermain Video Game

[caption id="attachment_12893" align="alignnone" width="1800"]playing-1179296_1920 image via pixabay.com[/caption] Bermain video game akan membuat ngabuburitmu sangat asik. Ajak juga beberapa temanmu untuk bermain bersama. Adanya teman dan video game adalah jaminan untukmu agar menunggu buka puasamu tidak terasa dan mengasyikan. Selain video game, kamu bisa memainkan permainan seperti board game.

Memanjakan Diri

[caption id="attachment_12897" align="alignnone" width="1800"]manja JV image via pixabay.com[/caption] Pergi ke salon atau tempat refleksi pasti akan membuatmu merasa tenang dan tidak kepikiran kalau kamu sedang menjalankan bulan puasa. Jika kamu sedang malas untuk keluar rumah kamu bisa memesan tukang pijat untuk datang kerumahmu, atau kamu juga bisa memanjakan diri dirumah dengan produk produk kecantikan atau produk yang menjaga kesehatan tubuhmu.