Menerapkan Model Rumah Eco Friendly

15-06-2016 03:06:31 By Marcha Nurliana
img

Di era modern ini, baik organisasi lokal maupun dunia sudah menggembor-gemborkan kampanye Go Green. Kamu bisa melihatnya dari kampanye diet kantong plastik yang diluncurkan pemerintah beberapa bulan lalu. Kampanye tersebut mengharuskan kita untuk membayar Rp 200 untuk setiap kantong plastik yang kita gunakan dari berbagai supermarket. Tetapi, kampanye Go Green tidak hanya bisa diterapkan sebatas itu saja. Dalam membangun sebuah rumah, misalnya, kamu juga bisa menerapkan unsur Go Green, loh! Ketika sedang membangun sebuah rumah, pasti hal yang diharapkan di dalamnya, seperti penampakannya yang cantik, pemanfaatan ruangan yang efisien, warna cat yang akan digunakan, dan lain sebagainya. Tapi beda ceritanya jika kamu akan membangun rumah yang eco friendly. Untuk membangun sebuah rumah dengan konsep eco friendly, ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan supaya bangunan rumah tersebut sebisa mungkin tidak menjadi faktor perusak lingkungan. Selain menerapkan sanitasi yang baik dan menggunakan lampu hemat energi, ada cara-cara lain yang bisa ditempuh saat membangun rumah yang eco friendly. Cara mudahnya? Banyak! Cukup dengan menerapkan hal-hal berikut ini:

High Ceiling

Model rumah eco friendly mengharuskan penghuninya untuk mengurangi pemakaian daya listrik. Biasanya pada siang hari, kita sering menyalakan air conditioner (AC) agar ruangan di rumah menjadi sejuk akibat terpaan panas udara dari luar rumah. Menerapkan ceiling atau langit-langit yang tinggi di rumah bisa membuat sirkulasi udara di dalam ruangan menjadi lebih lancar. Sehingga, ruangan pun menjadi tidak terlalu panas dan kamu pun tidak perlu menyalakan AC ketika siang hari. Penerapan langit-langit rumah yang tinggi juga akan mengesankan rumahmu terlihat lebih lega dan segar.

Folding Glass

[caption id="attachment_12885" align="aligncenter" width="2362"]JV_EcoFriendlyHouse Image via kitchensourcebook.co.uk[/caption] Folding glass merupakan pintu yang sekaligus bisa berfungsi sebagai jendela dan terbuat dari kaca transparan. Penerapan folding glass di rumah merupakan salah satu cara eco friendly agar banyaknya cahaya matahari yang bisa ke rumah. Artinya, kesempatan untuk menggunakan lampu di siang hari pun akan semakin kecil. Sesuai namanya, folding glass merupakan pintu sekaligus jendela yang bisa dilipat sehingga penggunaannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika tidak menginginkan banyak udara dari luar, penghuninya bisa menutup folding glass tapi tetap bisa mendapatkan cahaya matahari dari luar.

Garden

Konsep eco friendly tentu saja harus diterapkan dengan cara mendekatkan diri ke alam yang salah satunya adalah dengan membuat taman alias ruang hijau di rumah. Sediakan beberapa meter lahan untuk ditanami tumbuh-tumbuhan di halaman depan atau belakang rumah. Jika tidak ada lahan, kamu pun bisa membuat taman di rooftop atau lantai paling atas rumahmu. Nah, metode bercocok taman di rumah bisa kamu dapatkan tips-tipsnya di sini.

Solar Panel Roof Tiles

[caption id="attachment_12886" align="aligncenter" width="1600"]JV_EcoFriendlyHouse Image via arawhelectrical.co.za[/caption] Bagaimana jika memasang solar panel pada genteng rumah? Ide ini memang belum banyak diterapkan di Indonesia, tetapi pemasangan panel surya pada genteng merupakan salah satu cara yang bisa mengurangi penggunaan listrik di rumah. Genteng panel surya bisa akan menyerap energi matahari yang kemudian bisa menghasilkan listrik untuk penggunaan di rumah. Selain hemat energi, hemat biaya listrik juga bukan?

Eco Materials

Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah material bangunan dari rumah itu sendiri. Sebisa mungkin, gunakan material bangunan yang mudah didaur ulang. Misalnya saja, kamu bisa menggunakan kayu untuk tahap flooring. Gunakan juga perabotan-perabotan yang sebetulnya masih bisa terpakai dibandingkan menggunakan perabotan baru.