Cara Sederhana Menjaga Lingkungan

06-06-2016 03:06:04 By Yehezkiel Sihombing
img

Setiap tahunnya, tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Dunia. Sebuah momen tahunan yang diadakan PBB guna meningkatkan kesadaran manusia untuk ikut mengambil tindakan usaha perlindungan alam.Momentum seperti ini baiknya digunakan bagi setiap kalangan untuk turut andil. Hal-hal keci sekalipun dapat membantu mengurangi kemungkinan kerusakan alam. Terlebih lagi jika diakukan terus menerus.Kali ini JakartaVenue mau memberikan beberapa contoh hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk turut menjaga lingkungan. Hal-hal sederhana yang pasti tidak sulit untuk dilakukan.

Menimalisir Penggunaan Kertas

Dalam membuat catatan, mungkin kebanyakan kamu sudah lebih sering menggunakan media elektronik seperti ponsel atau laptop. Tapi sadarkah kamu kalau ada satu jenis lembaran kertas yang hampir setiap harinya kita terima? Lembaran tersebut adalah struk. Baik struk yang kamu dapatkan dari transaksi jual beli, perbankan, dan lain-lain. Nah, salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sampah pribadi adalah dengan mengurangi penggunaan struk yang tidak terlalu kamu perlukan. Contohnya saat kamu mengambil uang tunai di mesin ATM. Jika situasi disekitarmu aman (tidak ada orang yang mencurigakan di sekitarmu), tekanlah pilihan untuk menampilkan saldo akhir di layar ATM. Jika butuh bukti catatan sisa saldo, ambilah foto dengan ponselmu!

Penggunaan Kendaraan Umum

Kenyamanan dan rendahnya kemampuan mobilitas kendaraan umum mungkin jadi alasan utama kamu untuk tidak menggunakan kendaran umum. Namun di satu sisi, semakin banyak kendaraan pribadi yang doperasikan, akan semakin banyak juga emisi gas yang terbuang. Solusinya? Ojek atau taksi online saja! Dengan opsi yang satu ini, kamu tetap dapat menjangkau lokasi-lokasi tujuanmu secara langsung tanpa menggunakan kendaraan pribadi. Harganya yang terjangkau juga tidak membuatmu perlu merogoh kocek terlalu dalam. Selain itu ada juga pilihan lain untuk kamu. Yaitu dengan menumpang atau berbagi tumpangan dengan rekan yang satu tujuan denganmu. Hal tersebut selain dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi juga dapat menghemat ongkos. Bingung mencari tebengan? Mungkin kamu bisa kunjungi situs ini.

Perlengkapan Dari Rumah

Diberlakukannya harga beli untuk kantong setiap kantong plasti di pasar swalayan membuat amsyarakat lebih menyadari bahaya dari penggunaan kantong plastik berlebih. Saat ini, banyak Ibu rumah tangga yang pergi berbelanja dengan menenteng tas belanja masing-masing. Namun bukan hanya tas belanja, banyak sekali perlengkapan yang bisa kita bawa dari rumah guna menghemat barang-barang yang disediakan para penjual. Contohnya adalah tempat makan. Meski terkadang terasa merepotkan, tapi bisa kamu bayangkan berapa banyak sampah yang terhemat jika dalam satu minggu kamu memilih untuk mengisi makanan yang kamu beli di tempat makanmu.