Merubah Pola Hidup Jelang Puasa

05-06-2016 09:06:52 By Marcha Nurliana
img

Bulan puasa tinggal dua hari lagi! Pastinya banyak hal yang harus dipersiapkan untuk memasuki bulan puasa. Tidak hanya kesiapan hati dan rohani, namun kita juga perlu mempersiapkan hal-hal lain untuk memasuki bulan suci ini. Salah satunya adalah dengan membiasakan tubuh agar bisa beradaptasi dengan pola aktivitas di bulan puasa, yang tentu saja berbeda dibandingkan bulan-bulan biasa karena banyak hal-hal yang bisa kamu lakukan di bulan-bulan biasa namun tidak bisa kamu lakukan selama bulan puasa. Mau tidak mau, kamu pun harus membuat pola hidup baru untuk tiga puluh hari kedepan. Apa saja hal-hal yang perlu diubah menjelang bulan puasa? JakartaVenue merangkum hal-hal yang perlu diperhatikan saat menjelang bulan puasa:

Pola Tidur

Pola tidur merupakan hal dasar yang harus diubah bagi kamu yang akan menjalankan puasa. Bagi kamu yang sering tidur larut malam, sepertinya kamu tidak bisa melanjutkan kebiasaanmu itu saat bulan puasa karena aktivitas sahur yang wajib kamu lalui setiap subuhnya. Jika kamu meneruskan kebiasaan tidur larut malam, bisa dipastikan kamu tidak akan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas seharian. Tidak apa jika kamu bukan merupakan orang dengan segudang aktivitas, namun bagi kamu orang yang sibuk, tentu hal ini akan sangat merugikan dirimu. Cara mengubah pola tidur adalah dengan memaksakan tidur lebih awal agar kamu memiliki jam tidur yang cukup walau sudah terpotong waktu sahur. Tapi jika hal tersebut terasa sulit dilakukan dan kamu sudah terlanjur memiliki pola tidur yang berantakan, mungkin kamu bisa mulai mengubahnya dengan bangun pagi dan mulai beraktivitas, tetapi tidak mengambil tidur siang di hari itu agar kamu bisa tidur lebih cepat dan bisa melaksanakan sahur keesokan paginya dengan badan yang segar.

Asupan Makanan

Tentu saja, memilih makanan yang akan kamu makan ketika sahur merupakan hal penting, mengingat kamu tidak akan makan apa pun hingga buka puasa. Pilihlah makanan-makanan yang memiliki karbohidrat dan protein tinggi agar bisa memberikan kamu tenaga selama kamu beraktivitas seharian. Selain makanan yang kaya karbohidrat dan protein, pastikan juga kamu memakan makanan yang seimbang seperti 4 sehat 5 sempurna saat sahur. Makanan-makanan yang efektif menambah energi di tubuhmu bisa kamu baca di sini. Untuk buka puasa, sebaiknya kamu makan makanan yang secukupnya dan tidak perlu mengambil porsi berlebihan. Jika kamu berbuka puasa dengan memakan makanan yang porsinya besar, tubuhmu akan “kaget” dan bisa  mengakibatkan kondisi tubuh serta pencernaanmu tidak seimbang. Para ahli kesehatan menyarankan, kamu bisa berbuka puasa dengan minum air putih, kemudian memakan makanan kecil yang manis, lalu selang 30 menit kemudian memakan makanan besar.

Olahraga

Kekurangan stamina atau merasa lemas di siang hari tidak selamanya disebabkan karena kamu tidak makan atau minum. Bisa jadi tubuhmu lemas karena “dimanjakan” akibat kurangnya olahraga yang kamu lakukan. Nah, walau bulan puasa, bukan berati kamu tidak bisa melakukan olahraga, loh! Kamu tetap bisa melakukan olahraga ringan di sela-sela kegiatanmu. Misalnya, saat sudah melakukan buka puasa, kamu bisa berjalan kaki selama 15-20 menit atau sebentar saja melakukan jogging. Walau terdengar tidak menantang, namun olahraga kecil seperti itu bisa berpengaruh terhadap kapasitas energi di dalam tubuhmu jika dilakukan secara rutin. Atau mungkin ingin melakukan olahraga sederhana di sela-sela aktivitas kantor? Kamu bisa membaca tipsnya di sini. Happy fasting!