Makanan Penambah Energi untuk Tubuhmu

04-06-2016 05:06:10 By Marcha Nurliana
img

Pernah merasa lemas di tengah-tengah aktivitas yang mengakibatkan kita seolah kehilangan daya tahan tubuh? Mungkin hal yang bisa dilakukan adalah makan atau beristirahat sejenak. Tetapi, hal tersebut tidak mungkin dilakukan jika kamu sedang bekerja atau melakukan aktivitas penting yang tak bisa ditinggalkan. Terlebih lagi jika bulan puasa tiba, makan di saat tubuh kekurangan energi bukanlah lagi menjadi sebuah pilihan. Mungkin salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa memberikan tubuh kamu energi seharian. Ini dia beberapa makanan yang kaya akan zat-zat pemasok energi untuk tubuh kamu:

Multigrain Bread

Hal terpenting namun sering dilewatkan orang adalah sarapan. Di pagi hari, makanlah makanan-makanan yang mengandung karbohidrat seperti multigrain bread alias roti dari gandum yang kaya akan serat. Roti ini merupakan roti yang dibuat dengan tambahan biji-bijian sehingga kadar serat di dalam roti pun meningkat. Dengan tingginya serat di makanan yang kamu konsumsi, perut pun akan lebih terasa kenyang dari biasanya. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat juga bisa melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolestrol, hingga menurunkan berat badan, loh!

Pisang

Alternatif buah yang bisa kamu konsumsi untuk menambah energi adalah pisang karena mengandung serat dan karbohidrat yang tinggi. Pisang bisa kamu makan di pagi hari untuk menemani sarapan kamu. Bahkan jika di tengah-tengah hari kamu merasa lemas, kamu juga bisa mengonsumsi pisang untuk menambah energi kamu. FYI, pisang merupakan salah satu konsumsi wajib para atlet untuk menambah asupan energi di dalam tubuh.

Madu

Mengonsumsi madu juga bisa menjadi salah satu asupan energi di tubuh kamu. Madu memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi namun tidak akan membuat tubuh menjadi gendut. Sebaiknya, madu diminum satu sendok makan setiap paginya sebelum kamu beraktivitas.

Sayuran

Sayur hijau memang merupakan makanan wajib bagi tubuh kita. Tapi, tidak semua sayur bisa memberikan kamu banyak energi untuk memulai hari. Nah, sayur yang dipercaya bisa menambah energi kamu adalah brokoli dan bayam.

Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan juga bisa menambah energi kamu karena kacang memiliki kandungan serat dan nutrisi yang tinggi. Inilah yang membuat tubuhmu akan lebih berenergi dan bertenaga untuk menjalani hari. Cara seru yang bisa kamu lakukan untuk mengonsumsi kacang adalah dengan menambahkan selai kacang saat menyantap sarapan kamu yang sebaiknya diiringi dengan roti gandum.

Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan karbohidrat dan protein tinggi yang bisa membuat tubuh kamu fit seharian. Minuman satu ini kaya akan kalsium, fosfor, protein, seng, molybdenum, vitamin B12, B5, dan B2 yang bisa memperlancar proses pencernaan kamu. Kandungan protein dalam yoghurt membutuhkan waktu untuk dicerna, sehingga yoghurt bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan tentu saja bertenaga.

Energy Bars

Jika kamu merasa lemas di tengah-tengah aktivitas namun belum waktunya untuk makan siang, kamu bisa mengonsumsi energy bar alias protein bar sebagai cemilan kamu. Tapi, kamu juga harus pintar dalam memilih energy bar dengan melihat kandungan-kandungan pada energy bar tersebut. Pilihlah energy bar yang kalorinya 100-200 saja dengan kandungan protein minimal 6 gram sehingga asupan energi di dalam tubuh kamu tetap terpenuhi. Selain makanan yang bisa menjadi energy booster, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung kamu yang bisa kamu dapatkan informasinya di sini.