Apa yang Membuat Vespa Tetap Eksis Hingga Saat Ini

02-06-2016 05:06:07 By Rasyid Hadi
img

Tak lekang oleh waktu, itu kata yang pantas untuk brand motor yang satu ini. Vespa telah melekat puluhan tahun untuk para scooterist tanah air. Dimulai sejak tahun 1960, PT Danmotors Vespa Indonesia menjadi satu satunya importir Vespa tanah air. Konon harga Vespa saat itu sangatlah mahal, hampir bisa setara dengan harga sebuah rumah tipe sederhana. Hal tersebut membuat vespa sendiri menjadi kendaraan yang cukup ekslusif dan mulai menarik perhatian masyarakat tanah air. Untuk saat ini ada 2 generasi jenis vespa di tanah air, yaitu Vespa klasik dan vespa matic modern. Vespa klasik adalah angkatan pertama Vespa di tanah air yang di bawa oleh PT. Danmotors Vespa Indonesia. Vespa aliran klasik ini hampir semua beroprasi menggunakan sistem mesin 2 tak seperti Vespa Sprint, Vespa Super, Vespa PX, Vespa Spartan, dan Vespa Excel. Tetapi tidak hanya 2 tak, motor matic pertama di Indonesia yaitu Vespa Corsa juga salah satu keluaran generasi pertama motor Vespa yang di jual di Indonesia. Berbeda dengan Vespa klasik, Vespa modern dibawa oleh Piagiogrup ke tanah air yang mengadopsi dari Vespa Vietnam. Ada Piagio MP3 Yourban, Vespa  LX, Vespa LXV, Vespa S 3V, Vespa Primavera, Vespa Sprint, Vespa GTS Super, dan Vespa 946 yang bisa kamu beli dari dealer resmi Piagio resmi tanah air. Ada beberapa faktor yang membuat Vespa klasik hingga moderen tetap eksis di tanah air hingga saat ini, diantaranya:

Desain yang Istimewa

Masterpiece adalah kata yang tepat untuk mewakili desain Vespa. Design body Vespa memiliki aura konsistensi yang luar biasa baik itu pada Vespa klasik ataupun modern. Lekukan lekukan bodi yang khas ala retro menjadi tema yang pasti dan tidak mungkin tertukar oleh brand-brand motor lainnya. Design yang sederhana membuat semua kalangan juga ikut meminati scooter yang satu ini. Baik tua, muda, laki-laki, atau perempuan pantas-pantas saja. Dengan desain vespa yang unik dan terlihat vintage membuat para pencinta Vespa tidak hanya untuk dikendarai, tapi untuk dikoleksi, terutama Vespa klasik yang tidak lagi diproduksi. Jumlahnya yang terbatas, hubungan emosi dan kenangannya, membuat vespa jadi motor layak koleksi dan harganya dijamin makin mahal.

Solidaritas yang kuat

satu Vespa sejuta saudara” merupakan salah saatu slogan para scooterist. Solidaritas scooterist tak hanya terlihat dari cara mereka saling bantu di jalanan, tapi juga saling menyapa. Entah hanya dengan membunyikan klakson, mengacungkan jempol atau sekedar melempar senyum, semuanya dilakukan tanpa beban dan riang. Rasa solidaritas tersebut telah muncul dari setiap individu masing-masing, walaupun tidak semua terikat kedalam satu komunitas yang sama. Semua bentuk solidaritas komunitas vespa maupun non-komunitas tersebut di latarbelakangi beberapa faktor baik intern yaitu rasa senang dan cinta pengguna vespa terhadap vespa itu sendiri. Ataupun faktor ekstern yaitu adanya slogan – slogan dan motto dari pengguna vespa yang memotivasi rasa persaudaraan di antara mereka. Solidaritas/kode etik tak tertulis antarpengendara vespa ini bisa kita jumpai di setiap daerah di Indonesia tanpa batasan apapun. Hebatnya, aksi ini berawal dari hati dan kuatnya persaudaraan pengendara vespa. Hal itu yang membuat persaudaraan antar sesama scooterist tetap terjaga dan tetap kuat sampai sekarang ini.

Mudahnya merawat Vespa

Banyak orang yang belum pernah menjajal vespa pasti membayangkan merawat vespa tua pasti sangat ribet dan sulit. Apalagi dengan jenis vespa klasik atau berumur pasti membayangangkan mogok di jalan atau ada parts yang lepas dijalan. Sebenernya merawat vespa tua itu sangat mudah, cuma ada empat bagian pada Vespa berumur yang wajib diperthatikan, yakni busi, karburator, tangki bensin, dan aki yang harus mendapat perhatian rutin untuk merawatnya. Serta banyaknya bengkel bengkel untuk vespa klasik ini yang mempermudah kamu untuk service berkala seperti ganti oli, kampas kopling dan rem. Selain bengkel yang mudah dicari, spareparts untuk vespa klasik juga masih mudah diperoleh seperti di bengkel Aneka Motor yang beralamat di Jalan Palmerah Barat Nomor 51. Sedangkan untuk merawat vespa moderen atau automatic tidak lah sulit, banyak bengkel - bengkel atau dealer resmi yang menjanjikan perawatan rutin untuk vespa jenis modern ini. Hanya tinggal service rutin tiap bulannya dan kamu bisa tenang menggunakan motormu untuk harian. Nilai historis yang abadi, desain yang eksotis serta romantis, dan tali persaudaraan yang kuat membuat para scooterist terus tumbuh dan mencintai Vespa hingga saat ini. https://www.youtube.com/watch?v=FlOTmZfZShM