Menata Ruangan Kantor Agar Lebih Hidup dan Natural

30-05-2016 10:05:58 By Rasyid Hadi
img

Hampir setiap harinya kita menghabiskan waktu di kantor untuk bekerja. Bisa dibilang kantor merupakan rumah kedua kita setelah rumah tinggal. Untuk itu sangat lah perlu membuat kantor kita terasa lebih nyaman, asik, dan lebih hidup, sehingga memberikan aura positif di ruang kerja. Dengan menata ruang kerja kamu bisa mendapatkan space yang sesuai dengan kebutuhanmu. Dan hasilnya, pekerjaanmu akan bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan nyaman, meskipun kamu sedang berada dalam banyak tekanan. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk dapat menata ruang kerja kamu. Penataan ini juga bisa diaplikasikan bagi seluruh ruangan yang ada di kantor. Ini adalah beberapa tips untuk kamu, antara lain:

Menaruh Beberapa Tanaman

Oke, untuk tips yang pertama, kamu dapat menaruh beberapa tanaman di dalam ruangan. Bisa di atas meja atau dapat ditaruh di beberapa titik pojok ruangan. Untuk didalam ruangan tentu kita akan memilih tanaman hias yang berukuran kecil atau sedang, dan juga bisa hidup di dalam pot. Ada dua jenis tanaman hias untuk ruangan, yaitu tanaman hias bunga dan tanaman hias daun. Selain untuk menambah estetika didalam ruangan, tanaman bisa juga berfungsi untuk menyaring udara secara alami dan menyerap polutan serta gas-gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara. Sehingga udara dalam ruangan bisa menjadi bersih dan sehat bagi penghuninya. Berikut ini adalah beberapa tanaman tanaman yang cocok untuk menghias ruangan kantormu:
  • Krisan (Chrysanthemum morifolium)
Bunga krisan atau seruni adalah merupakan jenis tanaman hias bunga. Dalam bahasa Inggris dikenal juga sebagai Florist’s daisy atau Hardy garden mum. Di dalam pot, tangkai bunga ini mampu tumbuh kurang dari 100cm. Selain wangi, dan indah tanaman ini mampu menghilangkan benzena atau benzol (zat yang terdapat pada lem, cat, plastik, dan deterjen), formaldehida, dan bahan kimia lainnya dari udara.
  • Lidah mertua (Sansevieria trifasciata)
Lidah mertua atau snake plant merupakan tanaman penyerap racun dengan bentuk khas dan mudah dikenali. Berbagai jenis racun yang mampu diserap oleh sansevieria antara lain karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin. Bahkan hanya dengan 5 helai daun, sansevieria dewasa mampu menyerap dan membersihkan ruangan seluas 100 m3 dari berbagai jenis polutan.
  • Spider Plant (Chlorophytum comosum)
Spider plant adalah tumbuhan dengan nama ilmiah Chlorophytum comosum. Tanaman ini mempunyai tinggi mencapai 60 cm. Sebagai pembersih udara, tumbuhan ini mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida, xilena, bahan kimia pada industri kulit, karet, dan pencetakan.

Membuat aquarium dan memelihara berbagai ikan hias

Siapa yang tidak terpesona dengan kecantikan ikan hias di dalam akuarium? Ditambah lagi dengan suara gemercik dan gelembung air yang menjadikan suasana lebih rileks. Ya, selain mempercantik ruangan, menaruh akuarium di tempat kerjamu akan menghadirkan ambience yang menenangkan. Ada beberapa jenis jenis ikan hias yang mudah di pelihara, diantaranya: ikan cupang, guppy, discus, mas koki dan ikan louhan.

Menambah pengharum ruangan

aromathereaphy Ada dua jenis pengharum ruangan yang saat ini tersaji di pasaran, yaitu yang terbuat dari bahan alami dan yang sintetis. Produk sintetis umumnya berbentuk spray, bentuk padat, lilin, dan deodoran ruangan yang pemakaiannya harus dicocokkan ke stop kontak listrik. Sedangkan wewangian natural biasanya berbentuk minyak esensial dan digunakan sebagai aroma terapi. Untuk pilihan pengharum natural biasanya memakai aroma buah yang segar seperti jeruk dan lemon. Untuk yang ingin lebih soft dan bernuansa floral kamu bisa memilih wangi lavender. Selain bunga dan buah, kamu juga dapat membuat pengharum ruangan alami dari bagian tanaman lainnya seperti daun, biji, kayu, dan akar. Contohnya: biji lavender, menyan, sandalwood, kayu cendana.