Easy Ways to Live a Balanced Life

24-05-2016 07:05:02 By Marcha Nurliana
img

Rutinitas sehari-hari seringkali membuat hidup kita tidak seimbang. Apalagi bagi kamu yang merupakan seorang pekerja dengan jam kerja office hours.  Tak jarang, keluarga dan teman-teman pun sering mengeluh karena kita jarang bisa memberikan waktu untuk mereka. Tidak sampai di situ, bahkan kadang-kadang kita juga merasa tidak punya waktu untuk diri sendiri. Tapi di satu sisi, kamu juga tidak mungkin meninggalkan tanggung jawab pekerjaanmu, bukan? Kunci agar bisa secara seimbang ada untuk keluarga, pekerjaan, teman, dan diri sendiri adalah kepintaran diri kamu sendiri untuk membagi waktu. Membagi waktu memang tidak mudah, apalagi jika kamu belum terbiasa melakukannya. Tetapi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa membagi waktu secara seimbang antara pekerjaan, keluarga, teman, dan tentu saja waktu untuk diri sendiri.

Calendar

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk secara efisien membagi waktumu adalah dengan mencatat segala kegiatanmu dalam kalender pribadi. Tulis semua kegiatan yang akan kamu lakukan pada hari ini dan pada hari-hari berikutnya secara detil beserta jamnya. Dengan mencatat segala jadwal kegiatanmu dalam satu kalender yang utuh, kamu pun akan lebih mudah melihat “celah” waktu kosong alias waktu senggangmu.

Luangkan Satu Hari untuk Keluarga

Pilih satu hari libur  setiap minggu yang kamu dedikasikan untuk dihabiskan bersama anggota keluargamu, misalnya saja hari minggu. Kamu bisa menghabiskan waktu seharian di rumah atau menemani mereka berpergian. Kalau kebetulan kamu tidak berada di satu kota dengan keluargamu, mungkin jatah satu hari tersebut bisa kamu gantikan dengan sering-sering menelepon anggota keluarga di sela-sela waktu senggangmu. Satu kali telepon setiap hari selama lima menit hanya untuk sekedar memberikan kabar pasti menyenangkan.

Sometimes, You Can Be Picky!

Cerdaslah dalam memilih ajakan teman-temanmu untuk hangout. Jangan terima semua ajakan yang datang, karena waktumu bukanlah hanya untuk mereka dan pekerjaanmu. Pilihlah ajakan yang sekiranya akan mengisi waktu senggangmu dengan hal-hal positif. Tapi, usahakan juga untuk selalu hadir ajakan-ajakan penting seperti menghadiri pernikahan teman, ulang tahun, reuni besar, dan lainnya. Just don't waste your time!

While at The Office, Focus!

Usahakan untuk tetap fokus ketika berada di kantor dan jangan terlalu lama mengambil waktu istirahat ketika berada di kantor. Hal ini dilakukan agar kamu tidak perlu membawa pulang pekerjaan-pekerjaan kantor walau kamu memiliki banyak sekali pekerjaan pada hari itu. Hal ini penting agar saat pulang, kamu tidak merasa memiliki beban yang harus dikerjakan lagi ketika berada di rumah. Jika kamu sering-sering membawa pulang pekerjaan kantor, otak pun bisa stress dan kamu juga bisa mengalami penurunan performa kerja kamu. Jika kamu menerapkan hal ini, ketika kamu pulang kantor pun kamu bebas untuk melakukan apa saja, termasuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

1 Hour per Day Before Sleep

Kalau kamu merupakan tipe super sibuk dan susah mencari celah waktu untuk dirimu sendiri, kamu bisa meluangkan waktu satu jam sebelum tidur dan mendedikasikan satu jam tersebut sebagai me time. Lakukan hal-hal yang membuat kamu senang dan jangan sentuh hal-hal yang berat. Mengisi waktu yang menyenangkan sebelum tidur juga bisa membuat tidurmu lebih berkualitas loh!