5 Makanan yang Menyehatkan Jantung

20-05-2016 02:05:56 By Marcha Nurliana
img

Jantung merupakan salah satu organ vital yang ada di tubuh manusia. Hidup manusia juga dikatakan usai jika jantung sudah tidak berdetak. Maka dari itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga fungsi dan kesehatan jantung kita sendiri. Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2014, sebanyak 63% dari seluruh kematian disebabkan oleh penyakit tidak menular (PTM). Secara global, PTM yang menyebabkan kematian nomor satu setiap tahunnya adalah penyakit kardiovaskular. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah, seperti jantung koroner, gagal jantung, hipertensi, dan stoke. Bahkan, Kemenkes RI mencatat pada 2008 diperkirakan sebanyak 17,3 juta kematian disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Lebih mengejutkannya lagi, sekitar 3 juta dari kematian tersebut terjadi sebelum usia 60 tahun yang seharusnya bisa dicegah. Pencegahan penyakit kardiovaskular bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat yang memerhatikan kesehatan jantung. Jika kamu merupakan orang dengan segudang aktivitas yang tidak punya banyak waktu untuk berolahraga, setidaknya ada beberapa hal yang bisa kamu konsumsi dan baik untuk kesehatan jantung kamu. Check it out !

Berries

Radikal bebas merupakan molekul yang kehilangan pasangan elektronnya dan jika menyebar bisa menyebabkan berbagai penyakit berjangka panjang di tubuh kita, termasuk berbagai jenis penyakit jantung. Salah satu cara untuk menetralkan sel radikal bebas adalah dengan menggunakan antioksidan. Namun seringkali tubuh manusia tidak menghasilkan antioksidan yang cukup untuk menetralkan radikal bebas. Nah, asupan buah-buah berry ternyata terbukti bisa membantu penetralan radikal bebas di tubuh karena berry memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Beberapa jenis buah berry yang bisa kamu konsumsi adalah blueberry, strawberry, cherry, cranberry, dan pomegranate.

Salmon

Asupan daging yang bisa kamu makan adalah ikan salmon yang baik untuk kesehatan jantung. Ikan salmon memiliki lemak baik di dalam kandungannya atau zat asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol di tubuh, menurunkan kadar trigliserida, dan menurunkan tekanan darah. Nah, ikan salmon dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat yang tentu saja baik untuk kesehatan jantung kamu. Selain itu, konsumsi salmon yang cukup dan teratur juga bisa memperkuat otot-otot jantung dan memperbaiki kerusakan jantung.

Kacang-kacangan

Kacang mengandung nutrisi yang tinggi yang bisa melindungi jantung kamu, seperti lemak tidak jenuh, serat, omega 3, vitamin E, kalium, dan pitosterol. Semua nutrisi tersebut bisa menurunkan resiko kolesterol dan menurunkan potensi serangan jantung mendadak. Selain itu, kacang juga bisa mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan jantung koroner dan serangan jantung. Beberapa kacang yang bisa kamu konsumsi secara rutin setiap harinya adalah hazelnut, almond, kacang pikan, kacang mede, dan kacang kenari.

Biji-bijian

Mengkonsumsi berbagai biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji labu, chia seeds, gandum, dan biji rami juga baik untuk kesehatan jantung karena biji-bijian kaya akan serat alami, vitamin E, zat besi,magnesium, dan antioksidan yang mampu menurunkan tekanan darah.

Cacao

Terakhir, kamu juga bisa mengonsumsi kakao atau coklat sebagai pilihan untuk menyehatkan jantung kamu. Selain kaya akan antioksidan, kakao juga mengandung catechin dan flavanol epicatechin yang bisa meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah sehingga menurunkan resiko penyakit jantung. Kalau masih penasaran dengan khasiat coklat bagi kesehatan, kamu bisa membaca informasi lebih lanjutnya di sini.