5 Makanan Tradisional Untuk Vegetarian

18-05-2016 01:05:06 By Yehezkiel Sihombing
img

Banyak yang berpendapat bahwa sulit menjadi seorang vegetarian di Indonesia. Minimnya pilihan makanan sehat, apalagi makanan tanpa bahan baku hewani menjadi alasan yang sering dilontarkan. Namun sebenarnya banyak sekali pilihan makanan di Indonesia yang bisa dikonsumsi oleh kamu yang vegetarian. Apa lagi kalau mengacu pada pilihan makanan-makanan tradisional. Nah, ini dia makanan-makanan tradisional yang bisa dinikmati para vegetarian;

Gado-gado

Rebusan sayur mayor seperti kol, tauge, kacang panjang, dan lain-lain diaduk dengan bumbu kacang yang kental dan manis. Gado-gado akan jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin mengkonsumsi sesuatu yang segar dan mengenyangkan. Dengan lontong ataupun nasi, kenikmatan gado-gado memang tidak pernah terganti!

Nasi Tepeng

Makanan khas Bali yang mungkin bisa kamu nikmati saat berwisata ke sana. Bayngkan nikmatnya nasi yang panas dengan ragam sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, dan daun kelor dengan taburan kelapa parut. Yumm.. pasti akan terasa sangat nikmat. Yang membuat nasi tepeng lebih special adalah campuran rempah-rempah dan ladanya yang melahirkan sensasi pedas di mulut. Untuk kamu yang penasaran, kamu bisa temukan deretan penjual nasi tepeng di pasar Gianyar saat kamu sedang di Bali.

Gudeg

Makanan yang jadi favorit banyak orang. Makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang berbahan dasar buah nangka dan dimasak dalam waktu lama dengan santan. Menghasilkan cita rasa gurih dan manis yang memuaskan lidah. Untuk kamu para vegetarian yang ingin menikmati gudeg, jangan sampai memesan krecek ya! Karena krecek terbuat dari kulit sapi. Untuk pendamping gudegmu, mungkin bisa memilih tempe, tahu, atau sayur labu.

Semur Jengkol

Untuk sebagian orang, mendengar kata jengkol pasti langsung terbayang baunya yang kurang sedap. Tapi banyak juga loh yang sangat suka dengan jenis sayur satu ini. Apalagi kalau dihidangkan dengan kuah semur. Berasal dari bahasa Belanda “Smoor” yang artinya direbus dengan tomat dan bawang. Salah satu jenis semur yang bisa dinikmati oleh para vegetarian adalah semur jengkol yang merupakan makanan tradisional tanah Betawi.

Bubur Manado

Meski berasal dari utara Sulawesi, eksistensi bubur Manado sudah tersebar luas. Di Jakarta sendiri cukup mudah menemukan bubur Manado. Tak pelak, makanan tradisional yang satu ini banyak digemari. Bubur Manado adalah bubur beras dengan campuran sayur mayor seperti jagung, daun kemangi, bayam, kangkung, dan masih banyak lagi. Mau membuatnya lebih lezat? Berikan sentuhan pedas pada buburmu!