Pemanfaatan Akun Pribadi Instagram

17-05-2016 10:05:52 By Marcha Nurliana
img

Instagram kini sudah tak asing di kehidupan masyarakat Jakarta. Hampir sebagian besar dari kita kini memiliki akun Instagram pribadi. Namun sayangnya, media sosial seringkali digunakan untuk ajang “pamer” dan digunakan sebagai alat untuk menaikan status sosial seseorang. Malah terkadang, media sosial digunakan sebagai aplikasi yang digunakan jika sedang dilanda kebosanan. Padahal, fungsi media sosial instagram tidak hanya sebatas alat “pamer” dan sebagai aplikasi untuk mengatasi kebosanan. Instagram memiliki fungsi lebih dari itu. Beberapa perusahaan pun bahkan kini memanfaatkan media sosial instagram sebagai strategi marketing perusahaan tersebut. Akan tetapi fenomenanya kini, banyak orang yang tak tahu potensi apa saja yang bisa dimanfaatkan melalui media sosial pribadinya. Daripada penggunaan media sosial membuat waktumu terbuang, yuk simak beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola media sosial kamu menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Be Informative!

Gunakan media sosialmu sebagai wadah informasi bagi publik. Informasi bisa kamu berikan melalui caption di instagram. Misalnya kamu memposting sebuah gambar makanan, pastikan viewers tahu makanan apa yang kamu unggah dan di mana mereka bisa mendapatkan makanan tersebut. Begitu juga tempat wisata atau tempat-tempat unik lainnya, kamu bisa memberikan sekilas informasi yang berisi 5W+1H (what, where, who, when, why, how) di caption tersebut.

Gunakan Hashtags

Ingin menambah likes di setiap foto yang kamu unggah? Gunakan berbagai hashtags populer dalam postingan kamu agar mudah dicari oleh user instagram lain. Namun ingat, hashtags yang kamu gunakan sebaiknya harus relevan dengan tema foto yang kamu posting. Misalnya, jangan tambahkan hashtag #foodies jika kamu mengunggah foto pemandangan alam.

Tambahkan Lokasi

Penambahan location pada setiap foto yang kamu posting juga bisa menambah value akun instagram kamu. Akan tetapi, tidak semua foto akan relevan jika ditambahkan lokasi. Penambahan location pada foto akan bermakna jika foto tersebut merupakan tempat-tempat travelling, restoran, museum, dan tempat-tempat unik lainnya. Dengan informasi lokasi di setiap foto yang kamu unggah, maka nilai informasi dari postingan mu juga akan lebih tinggi. Foto kamu pun juga bisa diakses lebih banyak orang yang melakukan klik pada lokasi yang kamu tambahkan.

Tag Akun Lain

Kamu merupakan salah satu orang yang gemar memposting foto Outfit of The Day (OOTD)? Kamu bisa menambahkan tags dalam setiap foto yang kamu unggah. Namun ingat, jangan sampai penambahan tags tersebut dijadikan ajang untuk pamer brand yang kamu gunakan sehari-hari. Ingatlah bahwa kamu ingin mengunggah foto yang informatif, bukan untuk dipamerkan.

Unggah Foto Menarik yang Beresolusi Tinggi

Hal yang diperlihatkan melalui media sosial instagram adalah foto. Jadi, tentu saja kualitas foto menjadi hal yang penting dalam hal ini. Usahakan untuk selalu mengunggah foto dengan resolusi yang cukup tinggi untuk meminimalisir noise atau bintik-bintik di gambar yang menyebabkan kualtas foto terlihat kurang baik. Explore juga angle-angle menarik agar kamu memiliki banyak pilihan foto paling menarik yang dapat kamu unggah. Tips untuk pengambilan angle menarik bisa kamu dapatkan di tautan ini. Terakhir, usahakan jangan terlalu "tebal" memberikan filter pada sebuah foto karena akan terkesan tidak alami.

Followers Vs Engagements

Hal lainnya yang tidak kalah penting dan perlu kamu perhatikan dalam mengelola media sosial adalah jumlah engagements yang kamu raih dalam setiap postingan kamu. Banyak orang yang hingga kini masih menganggap bahwa angka followers merupakan hal penting dalam media sosial. Namun, tahukah kamu bahwa banyaknya jumlah followers tidak menunjukan keberhasilan kamu dalam mengelola media sosial? Hal lain yang perlu kamu perhatikan dalam pengelolaan media sosial adalah jumlah engagements, yaitu jumlah interaksi kamu dengan pengguna lain di instagram. Misalnya saja jumlah likes dan comments yang ditinggalkan oleh para users lain di instagram dalam postingan kamu. Biasanya, semakin bermanfaat sebuah foto yang kamu unggah, semakin tinggi juga jumlah engagements yang akan kamu raih. Nah, semakin banyak jumlah engagements yang kamu raih, semakin tinggi pula kesempatan foto kamu bisa tersebar dan dieksplorasi oleh pengguna instagram lain.