Survival Kit untuk Memasuki Lingkungan Kerja Baru

16-05-2016 07:05:30 By Marcha Nurliana
img

Diterima di tempat kerja baru pasti menyenangkan bagi setiap orang. Pasti ada banyak ekspektasi yang diharapkan ketika memasuki kantor baru, entah itu pengalaman baru, penghasilan yang lebih mumpuni, hingga koneksi yang lebih luas. Namun terkadang, rasa senang tersebut akan pudar seiring dengan semakin dekatnya hari pertama masuk kerja. Bahkan, tak jarang ketakutan tersebut masih menghantui di hari-hari pertama masuk kerja. Hal ini bisa terjadi akibat stigma-stigma negatif yang kerap menerpa kita sebagai karyawan baru.  Memasuki lingkungan baru memang memiliki tantangan sekaligus keseruannya tersendiri. Beradaptasi juga tidak kalah pentingnya. Suka tidak suka, proses adaptasi harus dijalankan. Malah, semakin cepat kamu dapat beradaptasi dengan lingkungan baru di kantor, semakin baik pula kredibilitas dan penilaian yang bisa kamu dapatkan dari rekan-rekan kerjamh di kantor. Nah, JakartaVenue merangkum beberapa hal yang penting yang perlu diperhatikan jika kamu sedang dalam masa-masa adaptasi di lingkungan kantor baru:

First Impression is Everything!

Tentu saja kamu telah memberikan impresi pertama kamu terhadap bos atau HRD ketika melaksanakan interview. Nah, sekarang kamu juga perlu memberikan impresi yang baik terhadap sesama rekan kerjamu. Datang lah lebih pagi dari waktu yang ditentukan. Jangan lupa berpakaian rapih dan tebar senyuman untuk orang disekelilingmu agar mereka tidak segan jika ingin menyapamu.

Get to Know Everyone

Perkenalkan diri kamu dan cobalah untuk mengenal sama orang-orang yang akan bekerja bersamamu selama kamu berada di kantor baru. Kalau kantor kamu memiliki tim yang cukup besar, hari pertama bukanlah hari di mana kamu perlu berinteraksi dengan semua orang, hal tersebut bisa kamu lakukan di lain waktu. Namun yang perlu kamu perhatikan, masa awal kamu berada di lingkungan baru merupakan waktu yang tepat untuk berkenalan dengan orang baru sebanyak-banyaknya.

Keinginan Belajar yang Tinggi

Sebagai pegawai baru, tentu saja kamu belum mengetahui banyak hal terkait pola kerja dan budaya yang diterapkan di kantor. Di sini merupakan peluangmu untuk banyak bertanya dan menunjukkan rasa ingin tahu kepada kolega dan atasanmu mengenai segala hal. Tanyakan hal-hal terkait jobdesk kamu dan standar-standar lain yang diterapkan perusahaan terkait hal yang kamu kerjakan. Ingat, kamu boleh banyak bertanya kepada mereka, namun jangan sampai melontarkan pertanyaan yang tidak perlu kamu tanyakan sehingga kamu bisa terlihat bodoh!

Tunjukan Inisiatif Tinggi

Kalau kamu sudah bisa meraba-raba terkait pekerjaan kantor, ini saatnya kamu melakukan inisiatif sendiri. Tunjukan ke mereka kalau kamu bisa melakukan segalanya tanpa perlu disuruh-suruh. Jika kamu merasa ada sesuatu yang perlu diperbaiki, kamu pun bisa langsung melontarkan ide kreatif yang ada di kepalamu kepada rekan sekerja maupun langsung kepada bosmu.

Percaya diri

Jangan pernah merasa dirimu tidak memiliki kemampuan yang baik. Jangan minder! Karena jika kamu sudah memiliki energi negatif di dalam dirimu, bisa-bisa segala yang kamu lakukan malah berdampak negatif bagi lingkungan kantormu! Terapkan juga hal ini, jika kantormu sudah menerima kamu sebagai karyawan, maka kamu memang merupakan orang yang dibutuhkan perusahaan dengan kriteria yang sudah memenuhi di mata perusahaan.