Pilihan Bioskop Alternatif di Jakarta

15-05-2016 06:05:07 By Yehezkiel Sihombing
img

Tidak heran kalau tembang “Nonton Bioskop” yang dilagukan oleh Bing Slamet selalu terdengar di telinga dari zaman ke zaman. Kegiatan menonton di ruang publik yang kita sebut bioskop / sinema selalu menjadi pilhan yang umum ketika sedang butuh hiburan. Tapi pernahkah kamu merasa bosan dengan suasana yang ditawarkan oleh sinema-sinema komersil? Atau mungkin kamu ingin menonton film-film yang tidak mainstream? Nah, JakartaVenue punya daftar beberapa bioskop alternatif yang di Jakarta yang mungkin bisa kamu kunjungi.

Kineforum

Terletak di dalam komplek Taman Ismail Marzuki, bioskop alternatif pertama di Jakarta ini diprakarsai oleh DKJ (Dewan Kesenian Jakarta). Bioskop mini dengan desain interior serupa bioskop XXI ini memiliki kapasitas 40 kursi. Setiap bulannya kineforum memiliki beragam program untuk kamu nikmati. Dimana akan diputar berbagai jenis film sesuai programnya. Film-film yang tidak umum ditayangkan di bioskop komersial, seperti karya dokumenter sampai experimental  bisa kamu nikmati di Kineforum.

Paviliun 28

Terletak di Jalan Petogogan, Jakarta Selatan, Paviliun 28 hadir ditengah-tengah publik dengan konsep culinary cinema. Dimana konsep ini mencoba menyatukan tempat kuliner/café dengan medium menonton film. Banyak sekali program-program menarik di Paviliun 28. Bahkan mereka menghelat program “Bioskop Bisik”, sebuah program pemutaran film untuk kaum tuna netra. Pasti kamu penasaran kan dengan program-program lainnya?

Kinosaurus

Pilihan bioskop alternatif yang masih terbilang baru. Terletak di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, tepatnya di belakang toko buku Aksara. Kinosaurus menghadirkan ruang menonton yang intim, dimana kamu bisa menikmati film dengan setting ruangan yang ditata seperti suasana rumah. Selain menonton, kamu juga bisa melihat beberapa alat dan dokumentasi pita film yang dikumpulkan komunitas Lab Laba-laba di salah satu sudut ruangannya. Ingin menonton di Kinosaurus? Kamu harus membayar 50 ribu rupiah untuk setiap kali pemutarannya.

At America

Dibangun sebagai pusat informasi seputar Amerika, spasi ini justru serng dijadikan tempat pertunjukan seni dan pemutaran film yang pelaku-pelaknya justru adalah orang Indonesia. Mengambil tempat didalam gedung Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, At America menyajikan tempat yang nyaman untuk menonton. Film-film yang diputar variatif. Dan yang lebih serunya lagi, sering diadakan program focus yang menyorot seorang sineas terkenal, serta memutar judul-judul filmnya. Pemutaran film di At America bersifat gratis.