5 Film Cult Yang Harus Kamu Tonton

08-05-2016 04:05:06 By Yehezkiel Sihombing
img

Pernah mendengar istilah cult movie? Konsep yang biasa dipakai sebagai status untuk film-film yang tidak terbilang baik dalam ukuran jumlah penonton, kualitas produksi, atau prestasinya dalam industri sinema, namun memiliki penggemar-penggemar sejati. Jalan cerita yang unik, potret sub-kultur yang autentik, dan penokohan yang berkarakter kuat, sering menjadi formula-formula yang membuat suatu film dapat terbilang cult. Namun bukan berarti film cult adalah suatu karya yang bisa sengaja dibuat. Karena pada umumnya, sineas dibalik film-film tersebut tidak pernah menyangka akan mendapatkan apresiasi yang besar dari para penontonnya. Konten-konten kontroversial juga sering hadir di film-film yang mendapat label cult. Tak jarang kekerasan, dan hal-hal yang aneh justru menjadi daya tariknya. Dan bukanlah hal yang langka jika kamu menemukan fans dari cult movies yang sampai hafal dialog-dialog dalam film tersebut. Untuk kamu yang penasaran, Berikut 5 rekomendasi cult movie dari JakartaVenue yang bisa kamu simak!

The Big Lebowski

Digarap oleh sineas bersaudara Joel dan Ethan Coen, The Big Lebowski dirilis pada tahun 1998. Bercerita mengenai kisah The Dude, panggilan untuk Jeff Lebowski yang mendadak harus mendapati dirinya dalam petualangan berbahaya, hanya karena memiliki nama yang sama dengan seorang milyuner, yaitu Lebowski. Dialog cerdas dan lucu menghiasi sepanjang film ini. Kehadiran John Goodman dan Steve Buscemi sebagai sahabat-sahabat The Dude juga akan membuatmu terpingkal-pingkal.

 A Clockwork Orange

Berbalut seragam putih dan fedora hitam, Alex DeLarge dan teman-temannya melakukan kekerasan di tengah malam. Hingga pada akhirnya tertangkap, Alex, yang diperankan Malcolm McDowell harus menjalani terapi dari The Ludovico Technique yang akan merubah dirinya. Disaksikan publik pertama kali pada tahun 1971, A Clockwork Orange adalah film yang terkenal kontroversial, mengingat intensitas tampilnya tindak kekerasan di dalamnya. Namun bagi para penggemar film ini, A Clockwork Orange merupakan permainan makna-makna tersembunyi hasil kreasi sang sutradara, Stanley Kubrick.

Dazed And Confused

Sebelum sukses dengan “Boyhood”, film dengan durasi produksi selama 12 tahun itu, Richard Linklater memproduksi karya yang satu ini. Menceritakan situasi hari terakhir periode belajar di sekolah, “Dazed and Confused” berhasil memotret kegirangan para siswa yang berlatar waktu di tahun 1976 itu. Film yang diperankan oleh Jason London, Matthew McConaughey, dan Mila Jovovich ini juga membesarkan namanya lewat larisnya album soundtrack yang mendapatkan double platinum.

Fantastic Planet

Rilis di tahun 1973, “Fantastic Planet” adalah karya animasi yang juga berstatus cult. Bercerita mengenai kehidupan planet aneh yang dihuni mahluk-mahluk berwarna biru berukuran besar yang menjadikan manusia sebagai peliharaannya. Aspek metafora yang terasa kuat dalam film ini divisualisasikan lewat karakter animasi yang orisinil. Dengan dialog yang minim, “Fantastic Planet” menyajikan adegan-adegan surealis yang membuat terkesan aneh namun juga indah. Menjadikannya film animasi yang mudah disukai dan mendapat status cult.

Enter The Void

Mewakili dekade terkini dari daftar film diatas, “Enter the Void” yang digarap oleh sutradara kebangsaan Argentina, Gaspar Noe, dirilis pada tahun 2009. Bercerita mengenai peliknya kehidupan kakak beradik Oscar (Nathaniel Brown), dan Linda (Paz De La Huerta) yang harus tinggal terpisah guna menhidupi dirinya masing-masing. Status psychedelic yang juga sering diberikan pada film ini merupakan salah satu alasan yang membuat “Enter The Void” masuk dalam daftar film cult. Teknik sinematografi unik yang dipakai pasti akan membawamu lebih mendalami situasi yang dipaparkan. So, itu tadi 5 film cult rekomendasi JakartaVenue, kalau kamu punya film favorite, yuk share trailer-nya via link YouTube ini.