5 Simple Tips for Better People Pictures

15-04-2016 10:04:30 By Tyas Pamungkas
img

Foto manusia, atau people picture adalah salah satu jenis foto yang paling disukai. People picture yang menarik pasti menyimpan atau merefleksikan emosi tertentu. Orang yang melihatnya bisa ikut tersenyum, tertawa, bahkan menangis. Tak hanya fotografer profesional, kamu juga bisa membuat people picture yang menarik. Fotografer Michael Arnoldy memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Angle

Michael mengatakan kalau angle adalah salah satu hal terpenting dalam proses pembuatan people portrait. Dalam fotografi, angle merupakan sudut pandang yang diambil oleh pengambil foto. Sudut pandang bisa dilihat dari dua hal, sudut pandang manusia dan sudut pandang kamera.

Lighting

Pencahayaan atau lighting penting karena bisa menentukan emosi yang keluar. Ekspresi gembira tak akan keluar jika pencahayaannya redup, ekpresi sedih tak akan keluar jika pencahayaan yang digunakan terlalu terang. Harus ada keseimbangan jika mengatur cahaya, dan itu semua bisa dipelajari.

Aksesoris

Aksesoris yang dimaksud adalah perangkat tambahan yang digunakan model. Detail kecil juga bisa membantu foto terlihat makin menarik. Aksesoris bisa menyesuaikan tema yang telah ditentukan sebelumnya atau sesuai keinginan model.

Pakaian

Ini merupakan faktor penting karena pakaian bisa menunjukkan citra berbeda pada tiap orang. Sama seperti aksesoris, pakaian juga hal yang bisa didiskusikan sebelumnya dengan model, image seperti apa yang diinginkan, tema apa yang ditentukan, atau foto seperti apa yang diharapkan jika menggunakan potongan baju tertentu.

Model

Model harus bisa mengeluarkan emosinya. “Kalo kita dapet model yang nggak bisa ekspresi, walau baju udah bagus banget, tetep aja mood-nya nggak ada. Semua harus bersinergi gitu,”jelasnya. Fotografer harus mengenali ekspresi dan membuat model mengeluarkan ekspresi terbaiknya. Kadang, fotografer juga harus bekerja keras membangun mood, membuat situasi lebih baik dan harmonis. Michael menambahkan, sebenarnya tidak ada ketentuan baku, karena fotografer merupakan seni. Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah ketika foto enak diliat dan merepresentasikan sesuatu.”Nggak valid, itu semua bergantung pada wajah model, angle fotografernya, itu bukan landasan bagusnya sebuah foto. Sekarang bahkan orang nunjukkin kaki di Instagram lucu-lucu aja,” kata Michael.