Cara Seru Mendukung Film Nasional

01-04-2016 03:04:46 By Tyas Pamungkas
img

Hari film nasional jatuh tanggal 30 Maret kemarin. Sejarah Hari Film Nasional dimulai saat Usmar Ismail memproduksi film Darah dan Doa bersama Perusahaan Film Nasional 30 Maret 1950. Hari itulah yang menjadi titik awal perkembangan film Indonesia. Ya, hingga kini, Indonesia ternyata masih bisa memproduksi film berkualitas seperti Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Arisan!, Babi Buta yang Ingin Terbang, About A Woman, Janji Joni, Siti, dan masih banyak yang lainnya. Keberadaan film-film menawan inilah yang dibutuhkan untuk memajukan negeri. Film, bukan hanya jadi sarana hiburan, bisa juga memajukan pola pikir, intelektualitas, dan kreativitas penontonnya. JakartaVenue akan membagikan cara yang bisa kamu lakukan untuk terus mendukung industri film Indonesia. Film Indonesia masih seru!

Maraton Film Berkualitas

Ini cara termudah dan termurah mengapresiasi film Indonesia. Coba beli beberapa DVD film lokal berkualitas seperti Janji Joni, The Raid, Ibunda, AADC, Kuldesak, Badai Pasti Berlalu, atau Jelangkung buat kamu yang suka film horor. Tonton, pahami proses produksinya, kemudian kamu akan tahu kenapa film-film di atas layak jadi film unggulan Indonesia. Cek juga film Indonesia berkualitas yang akan tayang di bioskop dan tonton saat masa pemutarannya. Semua pilihan itu ada di tanganmu, tapi kalau tidak dimulai sekarang, kapan lagi kamu bisa menemukan keindahan film lokal?

Mengapresiasi Film Indie

Selain film yang dibuat dengan budget mahal, aktor atau aktris unggulan, dan penayangannya di bioskop terkenal, ada juga film yang dibuat sekumpulan orang independen. Film indie ini biasanya menyajikan sudut pandang berbeda dari sebuah permasalahan. Isu yang diangkat sederhana, tapi punya cara pemaparan kisah yang berbeda dari film arus utama. Nah, film indie yang bisa kamu tonton misalnya Postcard From The Zoo, Belkibolang, What They Don’t Talk When They Talk About Love, Sebelah, atau Mata Tertutup. Jangan salah, beberapa dari film di atas bisa mendapat tempat di ajang internasional seperti Sundance loh!

Nonton Film di Bioskop Mini

Nonton film di bioskop besar sudah biasa. Tapi sudahkah kamu coba nonton di bioskop mini yang kini tersebar di berbagai tempat di Jakarta. Film yang mereka putar biasanya unik dan tak biasa. Selain nonton, kamu juga bisa diskusi dengan sesama penonton, bahkan pembuatnya langsung jika ada acara! Rekomendasi bioskop mini dari JakartaVenue adalah Kineforum, Erasmus Huis, Kinosaurus, dan Indies.

Rajin Menuliskan Pendapat Soal Film Indonesia

Nonton sudah, berkomentar sudah. Tapi pernahkah kamu menuliskan pendapatmu, entah di media sosial atau blog? Nah, ini ternyata hal yang penting untuk memajukan film Indonesia. Di era ini, kamu sebagai penonton bisa langsung berkomunikasi dengan pembuatnya dengan langsung mengajukan pujian dan kritik. Lebih baik jika kamu menuliskannya dalam sebuah tulisan dan share ke pembuatnya sehingga mereka tahu apa yang kamu rasakan setelah menonton karya yang mereka hasilkan!