5 Ways to Get More Exercise at Work

17-03-2016 12:03:08 By Tyas Pamungkas
img

Beberapa studi menunjukkan kalau duduk terlalu lama merugikan bagi kesehatan. Apalagi bagi kamu yang duduk lebih dari delapan jam ketika bekerja: obesitas, serangan jantung, diabetes, sakit tulang belakang, dan berbagai penyakit lainnya bisa sewaktu-waktu menyerang. Padahal, Jakarta memiliki banyak tempat untuk berolahraga, seperti jogging track, gym, studio yoga, atau pilates. Penyebab untuk mengabaikan semua itu biasanya muncul dari rasa malas atau kesibukan. So, do more exercise at work. Kamu bisa memulai kebiasaan baik di saat bekerja agar tubuh bisa bergerak lebih banyak dari biasanya. Misalnya dengan berjalan ke tempat makan siang daripada memesan makanan delivery atau berjalan ke kubikel teman daripada melakukan komunikasi lewat email. Nah, JakartaVenue memberikan beberapa cara agar kamu bisa lebih banyak bergerak saat bekerja sehingga risiko penyakit saat terlalu lama duduk bisa berkurang.

Start with Your Commute

Parkir kendaraan di tempat yang tidak terlalu dekat, tapi juga tidak terlalu jauh. Kalau kamu menggunakan parking garage, pakai strategi ini: parkir di level paling bawah, kemudian naik tangga untuk mencapai level yang lebih tinggi, baru ambil lift untuk sampai di ruanganmu. Kalau kamu menggunakan kendaraan umum, ambil satu pemberhentian paling dekat dengan tujuan, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Kuncinya, ambil jarak yang paling masuk akal. Kamu juga tak mau sampai kantor dengan baju basah berkeringat kan?

Take the Stairs

Cara ini juga harus dilakukan dengan masuk akal. Kalau ruanganmu berada di lantai 40, tentunya kamu perlu naik tangga dari lantai 1, bukan? Tapi, kebiasaan naik tangga ini rupanya baik untuk latihan kardio dan peredaran darah. Lagipula tak semua lift di kantor bisa mengantarkan kamu dengan cepat, kadang naik tangga bisa lebih menghemat waktu.

Stand More

Saya tahu salah satu editor majalah fashion yang memiliki standing desk di sudut ruangannya. Ia biasanya bekerja kurang lebih satu jam di depan laptop dengan berdiri. Alasannya, ia tak mau terkena serangan jantung di usia muda karena penumpukan lemak di jantung. Ya, gaya hidupnya sendiri memang sangat sehat dengan mengonsumsi makanan organik dan mengambil kelas yoga rutin. Tapi, kamu bisa mengadopsi satu kebiasaan uniknya yaitu bekerja sambil berdiri. Saat kamu berdiri, semua otot dalam tubuh ikut bekerja juga.

Drink More Water

Alasannya sederhana: jika kamu banyak minum, kamu akan berdiri dan berjalan ke kamar mandi lebih sering. Selain itu, minum banyak air putih juga mampu memperlancar peredaran darah dan suplai nutrisi dalam tubuh. Konsentrasi akan meningkat, kamu akan bisa bekerja dengan lebih baik.

Change Your Mindset

Semua hal di atas tak akan berguna kalau kamu masih menganggap aktivitas-aktivitas kecil itu merepotkan, tak berguna, atau membuang waktu. Jadi, yang kamu perlukan sekarang adalah perubahan mindset. Tak perlu bersepeda 30 menit untuk makan siang, atau membawa exercise mat. Percaya saja, kalau semua pergerakan kecil yang kamu lakukan saat bekerja bisa berguna untuk tubuh dan pikiran. Selain itu, kamu juga jadi bisa lebih banyak berkomunikasi dengan rekan di kantor untuk mengembangkan ide. Selamat bergerak! Siapa tahu kebiasaan kecil ini bisa membuat kamu bergerak lebih banyak di gym, jogging track, atau kelas yoga.