Soundtracks for Jakarta’s Rainy Day

03-02-2016 10:02:21 By Tyas Pamungkas
img

Hujan menjadi momen terbaik untuk merenung dan mendengarkan musik. Apalagi hujan di Jakarta yang cenderung awet, mulai dari deras hingga rintik-rintik, sungguh mampu membangkitkan imajinasi dan kenangan. Mungkin kamu menyadari kalau musik yang tepat mampu membuat hujan terlihat indah. JakartaVenue merekomendasikan musik yang mungkin bisa dijadikan sebagai soundtrack musim hujan dan teman kala macet di kendaraan saat perjalanan pulang atau berada di tempat duduk samping jendela di sebuah kedai kopi, merenungi keputusan hidup. Hujan bisa dirayakan dengan cara yang elegan.

I Miss You – Blink 182

Banyak yang bilang kalau hujan bisa membangkitkan kenangan. I Miss You, lagu milik Blink 182 dari tahun 2004 ini bisa membuat pendengarnya memikirkan hal-hal yang telah dilakukan di masa lalu dan ingin kembali ke masa itu, entah untuk menikmatinya atau memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan. Lagu ini cocok didengarkan kala sendiri di kamar tidur sambil menatap hujan di balik jendela.

Bittersweet Symphony – The Verve

Lagu ini pas didengarkan ketika kamu berada di ruangan, ditemani secangkir minuman hangat sambil memandangi dunia yang terus bergerak di luar sana. The Verve adalah band rock alternatif asal Inggris beranggotakan Richard Ashcroft (vokalis), Nick McCabe (gitaris), Simon Jones (bassist),  dan Peter Salisbury (drummer). Bittersweet Symphony menjadi hits yang meledak di pasaran dan sempat menjadi nominasi Grammy Awards kategori Best Rock Song tahun 1999.

To Build a Home – Cinematic Orchestra

Melodi dan vokal di lagu ini begitu harmonis dan mampu menciptakan suasana sendu. Apalagi lirik yang dibawakan begitu puitis, mengisahkan seseorang yang terikat dengan orang yang disayang, hingga tak bisa meninggalkan, walaupun harus. To Build a Home bisa didengarkan di album Ma Fleur yang rilis di tahun 2012.

Sweet Disposition – The Temper Trap

Pernahkah kamu merefleksikan kejadian-kejadian yang dialami dalam hidup dan semuanya mendadak jelas ketika hujan di luar? Lagu ini ternyata cocok untuk menemani momen tersebut. Instrumennya yang tidak terlalu sendu ditambah liriknya yang mampu memotivasi mampu membuat seseorang memikirkan keputusan yang harus diambil.