Antiques and Flea Markets in Jakarta

20-01-2016 03:01:17 By Tyas Pamungkas
img

Tak semua benda lama harus dibuang, kini orang-orang justru berebutan untuk mengumpulkannya sebagai koleksi. Jika benda antik tersebut memang berkualitas, nilainya justru bisa bertambah berkali-kali lipat. Tak ketinggalan, anak muda kini turut semangat berburu barang-barang klasik nan artistik ini. Jakarta, sebagai kota peninggalan Belanda memiliki banyak harta karun yang tersembunyi. Itulah yang membuat banyak benda antik seperti lampu, meja, kursi, bahkan kendaraan yang memiliki nilai seni tinggi di kota ini. JakartaVenue merekomendasikan beberapa tempat yang bisa kamu datangi sebagai lokasi perburuan berbagai barang lama, namun masih bisa dipakai atau dijadikan pajangan karena keunikan yang dimiliki. Selamat berburu!

Jalan Surabaya

Jalan ini sudah terkenal sebagai salah satu kawasan untuk mendapatkan barang-barang antik nan cantik. Berbagai kap lampu, guci, instrumen musik, koper dan tempat penyimpaan, hingga buku-buku langka dijual di Jalan Surabaya, Menteng ini. Sebelum berkunjung, usahakan kamu tahu apa yang dicari sehingga kamu bisa tahu nilai benda tersebut, karena rupanya proses tawar menawar di sini cukup ketat. Selain itu, jangan ragu untuk menanyakan spesifikasi barang yang kamu cari untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai tahun pembuatan hingga sejarah mengapa benda tersebut bisa ada di toko.

Basement Blok M Square

Ini adalah surga bagi pecinta buku! Di kawasan ini, kamu bisa menemukan pedagang  (dulunya pedagang kawasan Kwitang) yang berjejer menawarkan buku dengan harga beragam. Kamu bisa mendapatkan buku-buku klasik milik Pramoedya Ananta Toer seri lawas hingga Enid Blyton yang terkenal dengan Lima Sekawannya. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai kaset dan CD lawas yang langka. Tak usah khawatir mengenai jam buka karena mereka biasanya buka pukul 11.00 hingga 21.00.

Pasar Senen dan Metro Atom

Dua tempat  yang berlokasi di Jakarta Pusat ini bisa dikunjungi bagi kamu yang menyukai pakaian vintage. Tak semua pakaian vintage lusuh dan ketinggalan jaman. Di sini, kamu bisa menemukan banyak sekali model dan stok pakaian yang tak akan sama dengan orang lain. Pastikan kamu sudah makan agar kuat berjalan-jalan di dalam pasar dan beranikan diri untuk menawar. Usahakan jangan pergi sendirian juga agar kamu bisa memiliki partner diskusi. Di sini, kamu bisa menemukan beragam pakaian bermerek yang sudah tidak bisa ditemui lagi di toko dalam mall. Setelah mendapatkan pakaian yang diinginkan, rendam pakaian dengan air panas dan bersihkan dengan menggunakan antiseptik sebelum digunakan.

Pasar Taman Puring

Pasar Taman Puring yang terletak di kawasan Mayestik ini terkenal dengan kepadatannya. Daripada terkena macet, sempatkan untuk berjalan-jalan ke pasar yang ternyata menjual berbagai barang bekas yang jika dipilih secara baik, masih memiliki nilai untuk dipakai. Kebanyakan barang yang dijual adalah onderdil kendaraan, peralatan olahraga, dan sepatu. Sesuai dengan perkembangan, Pasar Taman Puring juga menjual berbagai barang baru. Tetap hati-hati memilih agar kamu bisa mendapatkan barang dengan kualitas baik. See Also - Nasib Pasar Antik Jalan Surabaya di tengah Modernisasi