Guide to Styling Photos for Your Instagram

15-01-2016 03:01:37 By Tyas Pamungkas
img

Pernah tanpa sadar mengatur posisi cangkir, gula, dan sendok ketika sedang ngopi di kedai favorit atau mengatur warna gradasi buku saat akan difoto? Pasti pernah. Ya, styling adalah sesuatu yang pasti muncul ketika kamu akan melakukan foto, sesederhana apapun bentuknya. Kini, styling bukan hanya tentang meletakkan benda-benda bagus sesuai pada tempatnya saja, tapi juga melibatkan emosi dan pesan yang ingin disampaikan pada orang yang melihatnya. JakartaVenue memberikan beberapa guide yang mungkin bisa dilakukan untuk bisa menampilkan foto berkisah di akun Instagrammu. Tidak ada standar benar atau salah, kebanyakan dilakukan karena trial and error. Tapi mungkin beberapa petunjuk di bawah ini bisa berguna. Check this one out!

Using a Cohesive Color Palette for Your Photos

Cohesive color adalah kesesuaian warna yang digunakan. Penggunaan palet warna yang kompak ini membuat akun terlihat ramah di mata. Penggunaan warna yang sesuai juga bisa mengantarkan emosi dan perasaan yang tepat. Selain itu, warna yang tepat akan membuat kamu terlihat profesional dan menguatkan image. Ketika akan mengambil foto, usahakan pilih satu palet warna dan pertahankan itu di semua shoot. Misalnya ketika kamu akan mengambil foto cangkir kopi dan warna meja yang menjadi alas adalah hitam, maka pilih palet warna yang berdekatan dengan warna hitam sebagai properti seperti pulpen abu-abu, notes berwarna hitam pekat, dan sebagainya.

Choose One Hero Piece Around Which You Can Create Themes

Daripada menggunakan banyak benda, lebih baik gunakan satu benda yang berfungsi sebagai hero piece. Salah satu kunci untuk photo styling adalah menggunakan benda yangtidak bertabrakan satu sama lain untuk menjadi perhatian. Buat foto sesuai dengan tema yang ingin kamu gunakan, dan gunakan satu benda untuk mengikat semuanya. Misalnya kamu bisa menggunakan lilin sebagai poin utama dalam foto kue ulang tahun.

Using Attractive Backgrounds and Props

Backgrounds dan properti tentunya hal yang penting bagi orang yang ingin membuat fotonya terlihat enak dipandang. Untuk backgrounds, lebih baik gunakan yang kontras dengan objek utama yang akan difoto (maka itu banyak sekali foto bagus yang hanya menggunakan warna putih sebagai latarnya) karena membuat objek terlihat penting. Kini sudah banyak dijual beragam alas foto yang bisa kamu pilih dan gunakan. https://www.youtube.com/watch?v=GSfrjvF86aE

Adding Life and a Personal Touch

Foto yang memiliki kisah jauh lebih menarik daripada foto yang hampa. Ketika meletakkan foto di Instagram, ada karakter media sosial yang melekat, yaitu sentuhan personal dari si pemilik akun. Masukkan unsur kehidupan dalam foto yang kamu ambil, misalnya sedikit sneak peek benda yang essentials untukmu.

Maintaning Consistency with Lighting, Composition, and Editing

Ini adalah salah satu teknik yang penting bagi fotografer profesional untuk menjaga kualitas fotonya. Konsistensi pada cahaya, komposisi, dan teknik editing bisa meningkatkan tingkat kepedulian orang, sehingga orang menantikan posting berikutnya atau dengan senang hati membuka akun Instagram yang memiliki konsistensi tehadap hal tersebut. Gambar-gambar yang konsisten terasa ramah di mata, dan membuat sebuah akun terlihat profesional karena dikelola dengan baik.