Makerspace Jakarta: Create, Crafty & Connect

25-11-2015 02:11:00 By Tyas Pamungkas
img

Big Durian is never sleep! Mulai dari kegiatan di pusat perbelanjaan yang tiada henti, aktivitas di kawasan perkantoran yang sangat hidup, dan munculnya tempat untuk memunculkan dan menuntut kreativitas penduduknya bernama makers space. Ya, makers space menjadi hot spot untuk mengenali jenis-jenis kreativitas, membuat benda yang tadinya hanya ada di dalam wish list menjadi nyata dari tanganmu sendiri. Mengunjungi makers space bisa menjadi pilihan karena selain bertemu orang baru dengan kemampuan yang berbeda-beda, kamu juga bisa mempelajari kemampuan yang mereka miliki. Siapa tahu ada peluang baru terbuka dan menjadikannya sebagai kesempatan bisnis. Jadi, JakartaVenue merangkum beberapa makers space yang bisa kamu datangi.

Makedonia

“Pioneer of Makers & Innovators Movement in Indonesia” menjadi tagline yang dimiliki Makedonia. Tempat ini didirikan tahun 2013 berawal dari kegelisahan para co-partnernya terhadap sifat konsumtif yang dimiliki masyarakat. Jadilah Makedonia berdiri sebagai makers space sekaligus innovation hub yang menyediakan akses dan peralatan untuk pengembangan produk maupun jasa inovatif di Indonesia. Bidang yang mereka kembangkan adalah teknologi, teknik, seni, dan matematika. Makedonia memiliki beberapa fasilitas penunjang seperti 3D Printer Makerbot Replicator 2, LittleBits Electronic Edu Kit for Children and Adults, dan Art Craft Supplies. Location: DeLaris Resto, Jl. Pangeran Antasari No. 44, Jakarta Selatan

Crazy Hakers

Sexy geek alert! Berbeda dengan makers space lain yang biasanya punya kegiatan untuk membuat kerajinan tangan, Crazy Hackers cocok untuk kamu yang punya ketertarikan pada hal-hal yang berbau robotik, pengembangan software, website, atau aplikasi. Produk yang dihasilkan tentu tak jauh dari bidang teknologi seperti LED Interactive Entrance, mesin selfie yang bisa langsung mencetak hasil foto, hingga teknologi yang bisa mencetak foto melalui hashtag Instagram. Location: MD Place Tower 2, 5th Floor. Jl. Setiabudi Selatan No.7, Kuningan, Jakarta

Indoestri

Indoestri telah berkembang pesat dan menjadi tempat belajar para enterpreneur muda di bidang art dan craft. Berada di barat Jakarta, tempat ini memiliki beragam fasilitas untuk mendukung setiap kelas yang diadakan mulai dari wood working, metal working, 3D printing, laser work, jewelry, drawing, dan lain-lain. Selain makers space, Indoestri juga memiliki working space dan café. Location: Jl. Lingkar Luar Barat No. 36, Cengkareng, Jakarta Barat Selain space, ada juga beberapa situs yang menyediakan kelas-kelas kreatif yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa memilih jenis kegiatan yang kamu suka. Biasanya, kelas-kelas ini juga menyediakan alat dan bahan yang nantinya akan digunakan sepanjang proses belajar berlangsung bahkan akses menuju potensi bisnis yang bisa dihasilkan dari karyamu.

Bucketlist.co.id

Situs ini menyediakan berbagai kelas kreatif mulai dari watch strap making, making comic class, pizza making class, origami, hingga manual brewing coffee class. Kamu harus reservasi layaknya melakukan belanja online di situsnya, setelah itu kamu bisa mengikuti kelas yang sudah diatur sebelumnya oleh pihak Bucketlist.

Mau Belajar Apa

Walau terkesan serius, tapi situs maubelajarapa.com rupanya menyediakan informasi berbagai kelas lintas bidang yang bisa kamu ikuti. Mulai dari gardening workshop, making smoohie class, making bowtie class, hingga kelas seni merangkai bunga Ikebana.

Living Loving

Berawal dari sebuah blog yang menyediakan informasi mengenai hal-hal yang ada di sekeliling pemiliknya, Living Loving kini berubah menjadi sebuah komunitas. Mereka biasanya mengadakan offline meet up bertajuk Living Loving Afternoon Delight dan Living Loving Class dan belajar bersama membuat hand craft.

Lingkaran.co

Setelah kamu menguasai satu bidang art atau craft kemudian ingin membuatnya menjadi bisnis secara serius, kamu bisa mengikuti kelas-kelas yang diadakan Lingkaran.co. Kelas yang diadakan cukup lengkap mulai dari cara menumbuhkan keinginan berbisnis hingga mempelajari cara mengurus hak cipta suatu karya. Location: Conclave, Jalan Wijaya I No. 5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan